Tips Menggunakan Pinterest Untuk Mempromosikan Bisnis Anda

Keberadaan sosial media akhir-akhir ini memang semakin memberikan dampak yang luar biasa saja. Tidak hanya untuk kehidupan pribadi, bisnis atau usaha juga ternyata mendapatkan dampak yang tidak sedikit oleh adanya sosial media ini. Banyak orang yang pada akhirnya menjadikan sosial media sebagai salah satu patokan utama mereka dalam menemukan sebuah produk yang di butuhkannya.

Salah satu sosial media yang sangat berguna untuk menjalankan bisnis ialah Pintrest. Berbeda dengan sosial media pada umumya, pinteres biasanya memberikan informasi sekaligus tautan link langsung pada sebuah produk ataupun bisnis yang ingin diperkenalkan. Bagi anda seorang pebisnis, berikut beberapa tips menggunakan Pinterest sebagai tempat promosi produk anda.

Memperhatikan Presentase

Anda pengguna aktif Pinterest tentu tidak asing dengan fitur “Create  Board”, dimana fitur ini berguna seperti papan yang juga bisa memuat apa saja yang anda ingin tampilkan pada akun Pinterest anda.

Ketika membuat board ini, perhatikan komposisi alias presentasenya. Presentase konten yang paling baik ialah 40% pin yang berisi desain atau gambar yang isinya inspirasi atau motivasi, 40% lainnya berisi gambar atau desain yang berisi edukasi atau instruksi, sedangkan sisanya barulah berupa promosi akan produk yang anda miliki.

Penempatan Pin

Tips kedua yang harus anda lakukan dan perhatikan setiap harinya ialah penempatan pin anda. Pastikan penempatan foto atau desain anda berdekatan dengan baris pertama atau setidaknya baris kedua dari Board milik anda.

Hal ini di karenakan menurut survey yang telah dilakukan, pin yang berada pada baris tersebut mendapatkan lebih banyak perhatian dari para pengguna Pinterest, dan membuat mereka betah untuk berlama-lama pada halaman Pinteres milik anda.

Menggunakan Trik Promosi Silang

Jika anda bisa melakukan promosi pada lebih dari satu wadah, mengapa anda hanya melakukannya pada satu wadah saja ? Yap, mulai sekarang jangan malas untuk menghubungkan Pinteres anda dengan blog atau sosial media lainnya yang anda miliki.

Contohnya, anda bisa membuat Tab Pinterest pada akun Facebook anda, atau anda juga bisa meng-embed PIN pada blog atau twitter anda. Persilangan antar akun ini akan membuat siapa saja lebih mudah untuk menemukan anda. Namun, pastikan juga bahwa anda tidak membuat konten yang membosankan pada setiap wadah tersebut.

Baca juga toko online sepi pembeli promosi solusinya

Meningkatkan SEO Pada Brand Atau Produk Milik Anda

Untuk urusan promosi melalui internet, tentu saja anda tidak boleh melupakan salah satu kunci utamanya, yakni SEO alias Search Engine Optimization, yang membuat brand atau produk milik anda akan lebih mudah untuk ditemukan mesin pencari.

Untuk melakukannya, anda bisa menggunakan beberapa cara, yakni dengan menemukan kata kunci atau kata penting yang memiliki tingkatan SEO tinggi, menggunakan tanda “hashtag” seperti yang selama ini dilakukan pengguna sosial media, dan banyak cara lainnya.

Memberikan Promo Atau Produk Gratis

Pengguna sosial media atau situs apapun tentu saja tertarik dengan promosi potongan harga apalagi produk gratis. Untuk membuat orang-orang tertarik dengan produk dari bisnis anda, sesekali berikanlah produk gratisan.

Tentu saja tidak semua orang bisa mendapatkan produk gratis ini, anda bisa memilihya melalui kuis, give away, memberikan tantangan dan masih banyak lagi yang lainnya. Mereka yang mengetahui program pemberian produk gratis ini biasanya juga tidak ragu untuk membagikannya dengan teman, sehingga akan semakin banyak saja orang yang mengetahui produk anda.

Selain dari kelima tips diatas, tentu saja masih ada beberapa tips lainnya yang bisa anda gunakan, bahkan anda bisa menemukan tips untuk diri anda sendiri. itu sebabnya, jangan malas untuk menemukan hal baru dan terus menjadi kreatif.

Baca juga artikel 5 kata-kata promosi paling menjual yang disukai pelanggan