Tips Menentukan Harga Jual Produk di Marketplace Etsy

Jaman sekarang memang jual beli online jauh lebih berpotensi dibandingkan bisnis jual beli konvensional. Anda bisa menjual produk secara langsung di berbagai marketplace. Menariknya lagi, anda bahkan bisa menjual produk-produk buatan tangan anda sendiri sampai keluar negeri.

Ada banyak sekali kelebihan yang bisa anda dapatkan dengan menjual produk buatan sendiri di Etsy. Anda bisa membaca lebih lanjut apa saja kelebihan menjual produk buatan anda sendiri di Etsy lebih lanjut melalui artikel berjudul Ini Kelebihan Jualan di Etsy Untuk Mengembangkan Usaha Kerajinan Tangan Anda.

Namun sayangnya, tidak banyak orang Indonesia yang berani menjual produk di Etsy. Salah satu sebabnya kebanyakan orang masih belum berani menjual karena belum mengetahui bagaimana cara menentukan harga jual produk yang pantas.

Apakah anda juga masih kebingungan menentukan berapa harga jual produk yang anda buat sendiri? Jika anda masih belum mengetahui bagaimana cara menghitung harga yang layak, khususnya yang akan anda jual di Etsy, anda bisa mempelajari caranya lebih lanjut di artikel ini.

Harga Jual Produk di Etsy

5 Hal Penting yang Anda Butuhkan Untuk Menghitung Harga Jual Produk

Untuk bisa menghitung harga jual produk kerajinan yang anda buat sendiri, anda membutuhkan beberapa hal penting. Berikut ini adalah beberapa hal yang anda butuhkan untuk menghitungnya :

1. Gaji per jam

Bagi anda yang ingin menjual berbagai macam produk yang anda buat sendiri, pertama-tama anda harus menentukan terlebih dahulu berapa besarnya gaji anda per jam. Banyak orang yang masih belum paham mengenai bagaimana menentukan gaji per jam. Sebenarnya hal tersebut tidaklah sulit.

Cara menentukan gaji per jam yang paling mudah adalah dengan mengikuti UMR di tempat anda tinggal. Misalkan UMR di tempat anda tinggal adalah Rp 3.000.000 per bulan, maka gaji per jamnya kurang lebih adalah Rp 14.000 (dengan hitungan setiap hari Minggu libur).

2. Harga bahan yang anda butuhkan untuk membuat satu produk

Selain gaji per jam, anda juga perlu menghitung berapa harga bahan yang anda butuhkan untuk membuat satu produk. Misalkan anda berencana untuk menjual gelang handmade di Etsy, maka anda harus menghitung berapa banyak modal yang anda butuhkan untuk membuat satu gelang tersebut. Harga semua bahan yang anda butuhkan untuk membuat satu produk tersebut juga nantinya sangat dibutuhkan untuk menentukan.

3. Investasi dan penyusutan alat yang anda gunakan

Setelah mengetahui berapa gaji per jam dan juga berapa banyak modal yang anda butuhkan untuk membuat satu produk, anda juga perlu menghitung berapa banyak investasi dan juga penyusutan alat yang anda gunakan untuk membuat satu produk.

Kenapa investasi dan penyusutan alat juga dibutuhkan untuk menghitung harga jual produk ? Hal tersebut dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas anda di kemudian hari. Jadi jika nantinya produk yang anda jual cukup laris dipasaran, anda bisa meningkatkan kecepatan produksinya tanpa harus mengorbankan kualitas produknya.

4. Biaya listing, komisi, dan juga potongan Paypal

Banyak penjual yang berhasil menjual banyak barang di Etsy namun tidak mendapatkan keuntungan yang cukup besar karena mereka lupa memasukkan hitungan biaya listing, komisi dan juga potongan Paypal dalam menentukan harga jual.

Biaya listing, komisi, dan juga potongan Paypal itu memang tidak terlalu besar, namun jika tidak anda ikut sertakan dalam perhitungan, maka anda dapat dipastikan justru mengalami kerugian meskipun produk yang anda jual cukup laku di pasaran.


5. Subsidi biaya kirim

Jika anda ingin menjual barang buatan anda sendiri secara online di Etsy, maka untuk menentukan harga jual produk tersebut juga perlu mengikutsertakan perhitungan subsidi biaya kirim.

Kenapa harus menghitung subsidi biaya kirim? Karena nantinya harga anda bisa lebih murah dari biaya kirim. Jika anda tidak menyiasati hal tersebut, kemungkinan besar tidak banyak orang yang tertarik untuk membeli produk anda karena harga produk anda jauh lebih murah dibandingkan biaya kirimnya.

Rumus Menghitung Harga Jual Produk yang Bisa Bersaing di Marketplace Etsy

Sebenarnya kenapa anda harus repot-repot menghitung harga jual sebelum mulai menjual produk di Etsy? Mayoritas calon pembeli di Etsy itu tidak seperti di marketplace lokal. Mayoritas calon pembeli di Etsy itu tidak memprioritaskan harga produk yang murah. Mereka yang datang ke situs Etsy memang sudah siap membayar lebih mahal untuk mendapatkan produk yang benar-benar berkualitas hasil buatan tangan.

Namun meskipun calon pembeli siap membeli produk dengan harga mahal, bukan berarti mereka mau membeli produk yang dijual dengan harga yang terlalu mahal. Jadi bisa dikatakan bahwa calon pembeli di Etsy itu jauh lebih selektif.

Oleh sebab itulah, sebelum anda mulai menjual barang di Etsy, anda disarankan untuk menghitung terlebih dahulu harga anda secara cermat. Jika anda sudah mempersiapkan 5 hal yang dibutuhkan untuk menghitung harga diatas, maka anda perlu memasukkan angka-angkanya di rumus berikut ini:

  • Rumus menghitung pengeluaran produksi

Untuk menemukan berapa banyak modal yang anda butuhkan untuk membuat satu produk, maka rumusnya adalah:

Berapa lama waktu yang anda butuhkan ditambah dengan berapa modal bahan yang anda butuhkan.

Misalkan anda membutuhkan waktu sekitar 3 jam dan modal bahan sebesar Rp 50.000 untuk membuat sebuah gelang handmade, maka pengeluaran produksi satu gelang handmade tersebut adalah 3 x Rp 14.000 (gaji per jam) + dengan Rp 50.000.

Jadi pengeluaran produksi satu gelang anda adalah Rp 92.000.

  • Rumus menghitung harga grosir

Jika anda ingin menjual produk anda dalam jumlah banyak, maka anda bisa menghitungnya dengan menggunakan rumus berikut ini:

Pengeluaran produksi dikali dengan 2

Jadi untuk satu produk gelang yang anda jual, harga grosirnya adalah Rp 184.000. Harga jual produk tersebut sebaiknya hanya diberikan kepada mereka yang mau membeli produk anda dalam jumlah banyak, misalnya membeli 10 gelang sekaligus.

  • Rumus menghitung harga retail

Bagi anda yang lebih tertarik menjual produk buatan anda sendiri dalam jumlah satuan, anda bisa menggunakan rumus berikut ini untuk menentukan harga nya:

Harga grosir produk dikali dengan 2

Jika anda ingin menjual gelang handmade buatan anda sendiri dalam jumlah satuan, maka harga jual produk normalnya adalah Rp 368.000.

Harga jual produk tersebut sebenarnya masih bisa ditambahkan lagi dengan biaya investasi dan penyusutan alat yang anda gunakan. Umumnya, investasi dan juga penyusutan alat dihitung 10% dari harga retail. Jadi jika sudah ditambahkan dengan biaya investasi dan penyusutan alat, harga jual produk retailnya menjadi Rp 404.800.

Setelah melihat perhitungan harga produk tersebut, mungkin sebagian dari anda merasa harga produknya menjadi sangat mahal sekali. Jangan khawatir, anda tidak menjual produk buatan tangan anda sendiri di marketplace lokal.

Jadi harga satu produk sebesar Rp 404.800 tetap terasa murah ketika dijual di marketplace seperti Etsy. Apalagi jika memang produk yang anda jual benar-benar unik dan berkualitas.

Bagaimana? Cukup besar bukan keuntungan menjual produk buatan tangan anda sendiri di marketplace luar negeri seperti Etsy? Segera hitung harga jual produk anda sekarang juga supaya anda bisa secepatnya mulai berjualan di Etsy.