Tips Mendapatkan Pelanggan Setia Untuk Toko Online

Mendapati toko online yang kita kembangkan ramai dikunjungi orang merupakan prestasi yang luar biasa. Pun demikian, ternyata kita tidak bisa diam begitu saja meski toko online yang kita jalankan sudah ramai dikunjungi pembeli. Setiap penjualan harus kita konversikan terhadap pengembangan dan inovasi agar toko online kita bisa semakin besar.

Salah satu tantangan terbesar selanjutnya untuk mengembangkan toko online adalah mendapatkan pelanggan setia. Cara mendapatkan pelanggan setia untuk toko online tidak sama dengan toko offline.

Kalau di toko offline kita hanya perlu menyiapkan hadiah, bonus atau diskon, maka di toko online itu semua tidak cukup, karena sistem penjualan melalui toko online menyangkut berbagai hal seperti cara packing, branding kemasan, dan lain sebagainya dimana semua itu akan menentukan citra toko anda kepada konsumen (tentunya selain kualitas barang).

Berikut adalah tips mendapatkan pelanggan setia untuk toko online baik itu di marketplace (seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, JD.id, dan sebagainya), website toko online, facebook marketplace, instagram, forum jual-beli dan lainnya.

Pelanggan Setia Untuk Toko Online

Tingkatkan Kecepatan Pemenuhan Pesanan

Ini adalah tantangan terbesar bisnis e-commerce ! Untuk mempersiapkan semuanya agar barang bisa dikirim on-time anda butuh strategi dan tim khusus.

Persiapkan semuanya dengan matang dan jangan sampai telat kirim. Kecepatan anda akan sangat dihargai oleh konsumen dan feedback positif mereka adalah promosi viral gratis anda sepanjang masa.


Packing, Packing and Packing

Kualitas packing sangat menentukan citra toko online anda. Packing harus bisa melindungi barang yang ada di dalamnya. Selain itu packing juga harus rapi karena itu adalah cerminan anda dalam memperlakukan barang tersebut. Percayalah bahwa packing yang bagus pasti akan di ingat oleh pembeli dan mereka pasti kembali berbelanja.

Baca Juga Tips Cara Mengirim Barang Dengan Aman Lewat JNE

Pilih Kurir Pengiriman Sesuai Permintaan Buyer

Soal pemilihan kurir, rata-rata dari mereka sudah berpengalaman. Jangan anda sok tahu dengan mengganti kurir pilihan buyer seenaknya saja. Kalau memang tidak bisa menjangkau kurir yang di inginkan buyer, buat penawaran atau kesepakatan di awal.

Utamakan Kualitas Barang Bukan Bonus

Bonus memang perlu, tapi kualitas barang adalah hal utama. Buyer hanya bisa menggambarkan kualitas barang yang anda jual melalui gambar atau foto dan deskripsi produk.

Pastikan kualitas barang yang anda jual benar-benar sesuai dengan apa yang anda foto gambarkan dan deskripsikan. Semua kembalikan pada prinsip “ada harga ada rupa” .

Jika anda mampu mengkolaborasikan antara kualitas dan harga, meskipun toko sebelah punya kualitas barang lebih bagus, yakin konsumen akan setia belanja di toko anda.

Kenali Keunggulan dan Kelemahan dan Fitur Produkmu

Jangan asal jualan produk tapi juga dalami fitur, keunggulan dan kelemahannya. Sampaikan kepada konsumen apa adanya. Jika mereka tahu kelemahan produkmu, maka utarakan juga keunggulanya. Itu akan membantu buyer untuk mengambil keputusan yang tepat.

Be Communicative!

Jadilah seller toko online yang super komunikatif karena banyak sekali konsumen yang sebenarnya tidak tahu mengenai fitur produk yang akan mereka beli. Berikan mereka arahan, panduan dan layanan terbaik. Keramahan kepada konsumen dipastikan mampu jadi teknik andalan untuk mendapatkan pelanggan setia untuk toko online anda.

Baca Juga Etika Berjualan Online Agar Dipercaya Pelanggan

Bangun Brand Awareness

Selain semua yang telah disebutkan di atas, satu lagi yang wajib anda bangun sejak dini, yaitu brand awareness. Jika konsumen sudah merasa nyaman dan mendapatkan pelayanan yang bagus, langkah selanjutnya anda bisa ‘menghipnotis’ mereka dengan satu atau dua buah pesan yang sulit dilupakan.

Anda bisa lebih mengenalkan citra toko online anda melalui berbagai bentuk media seperti print logo toko online pada kemasan packing, menulis alamat toko dengan jelas, menyertakan kartu nama dan lain sebagainya.