Tips Mencegah Dan Menghindari Kerugian Dalam Usaha

Setiap pelaku usaha tentu saja tidak ada yang mengharapkan mengalami kerugian dalam bisnisnya, meskipun kerugian ini adalah merupakan suatu resiko yang harus di tanggung setiap pelakunya. Tidak hanya bisa dialami oleh seorang pemula, seorang yang sudah berpengalaman malang melintang di dunia usaha selama bertahun-tahun saja kerap kali bisa lengah hingga mengalami yang namanya kerugian.

Maka meskipun itu tidak kita inginkan, namun tetap harus kita sadari bahwa kerugian ini pastinya bisa dialami oleh siapa saja dan dalam bidang usaha apa saja. Namun setidaknya kita harus lakukan berbagai langkah untuk mencegah dan menghindari resiko ini, paling utamanya agar terhidar dari kerugian yang fatal dan berdampak sangat buruk terhadap usaha.

Meski demikian, dibalik sisi negatifnya dari pada kerugian ini, terdapat hikmah yang bisa kita dapatkan yaitu sebagai sarana untuk memperkaya pengalaman kita dalam berbisnis, sehingga jika terlanjur kita telah mengalaminya ada baiknya kita jadikan pembelajaran untuk perjalanan kedepan.

Menghindari Kerugian dalam usaha

Baca juga resiko berbisnis yang harus siap di hadapi

Adapun beberapa cara untuk mencegah dan menghindari kerugian dalam usaha, yang bisa dilakukan diantaranya :

1. Menejemen Keuangan Yang Baik

Paling penting intinya dalam memenejemen keuangan adalah pembukuan keuangan harus jelas antara uang modal, operasional, keuntungan, dan lain sebagainya. Manfaatnya dalam mencegah kerugian adalah akan terdeteksi sedari dini jika akan ada potensi untuk mengalami kerugian sebelum semakin parah.

Dengan adanya menejemen yang jelas juga akan terlihat berapa besar keuntungan sebenarnya yang didapatkan, sehingga meminimalisir terpakianya uang modal untuk keperluan lain. Selain itu juga perlu adanya batasan yang jelas antara keuangan pribadi dan keuangan perusahaan, sehingga bisa dipergunakan untuk keperluan yang semestinya.

2. Menyiapkan Anggaran Tidak Terduga

Saat berjalan dengan baik seringkali seorang pengusaha tidak teringat jika kedepan bisa saja terjadi kendala yang akan membutuhkan sejumlah biaya untuk menghadapinya. Kebanyakan dari kita terlena dengan manisnya keuntungan besar yang didapatkan, sehingga melupakan tidak bersiap menyiapkan anggaran untuk mengantisipasi jikalau nanti terjadi sesuatu hal yang tidak dinginkan baik itu dalam perusahaan ataupun keperluan pribadi.

Untuk itu, saat moment usaha sedang berkondisi maksimal menguntungkan, sebaiknya kita siapkan anggaran untuk biaya yang tidak terduga nanti, sehingga jikalau pun kita di hadapkan dengan hal yang demikian, anggarannya sudah siap tersedia untuk di gunakan.

3. Kalkulasi Harga Jual Dengan Mendetail

Dalam menentukan harga jual baik itu untuk sebuah produk ataupun jasa, jangan sampai terlewatkan biaya sekecil apapun dalam kalkulasi penentuan harga untuk konsumen nantinya. Pasalnya seringkali kita menganggap biaya yang kecil tersebut tidak akan begitu berpengaruh besar, misalnya saja seperti biaya oprasional parkir, fotocopy, listrik, dan banyak lagi hal lainnya.

Padahal jika pada ahirnya nanti kita jumlahkan, biaya-biaya yang kecil tersebut menjadi cukup besar saat di satukan, sehingga berpotensi mengurangi keuntungan atau bahkan berbalik menjadi kerugian. Adakalnya bahkan karena tidak pernah di perhatikan usaha yang di jalankan dalam jangka waktu yang lama sepertinya menghasilkan keuntungan yang besar, padahal banyak biaya-biaya lainnya yang belum terbayarkan.

Baca juga artikel peluang usaha yang memiliki resiko kerugian kecil