Tips Mencari Supplier Untuk Toko Online

Toko online merupakan tren perdagangan saat ini. Untuk itu, tidak heran jika semakin banyak toko-toko online yang menjaring pembeli melalui internet. Jika anda mampu memproduksi produk secara mandiri tentu tidak begitu banyak kendala. Masalahnya, ketika anda ingin menjual produk dengan toko online, akan tetapi anda tidak memiliki produk sendiri. Hal ini hanya dapat dipecahkan melalui cara mencari suplier produk yang anda minati.

Untuk mendapatkan suplier suatu produk memang mudah-mudah susah. Dikatakan mudah jika anda mengetahui tipsnya. Namun, ini juga bisa sulit karena tidak semua suplier bisa dipercaya dalam menjaga kualitas produknya. Dan berikut adalah tips mencari supplier untuk bisnis toko online anda.

Bekerjasama dengan Supplier Langsung

Untuk menemukan supplier sebenarnya sangat mudah. Sebab, pada dasarnya supplier barang butuh yang namanya pembeli yang akan menjual ulang barangnya. Nah, kesempatan ini dapat anda gunakan. Yaitu dengan cara mencari produk yang berkualitas kemudian menghubungi secara langsung produsen tangan pertama dan mengajukan kontrak kerjasama. Dengan cara ini anda akan mendapatkan harga yang sangat murah. Sehingga keuntungan barang yang anda jual pun akan berlipat.

memilih supplier toko online

Mencari Supplier di Google

Untuk mengetahui keberadaan supplier di setiap daerah kini sangatlah mudah. Selama anda bisa memanfaatkan Google maka ribuan data supplier produk yang anda minati akan mudah dilacak. Cara mencarinya pun cukup sederhana. Anda bisa melakukan tips berikut ini:

Ketikkan di search engine Google keywords berikut:

Advertisement
  • Distributor dan nama produk (misalnya: distributor baju bola)
  • Supplier dan nama produk (supplier baju batik)
  • Produsen dan nama produk (produsen sepatu olah raga)
  • Dropship dan nama produk (dropship mukena)

Dengan menerapkan cara sederhana di atas anda akan menemukan banyak supplier yang siap anda jual kembali di toko online anda.

Perhatikan Pelayanan Supplier

Kita juga harus memperhatikan pelayanan supplier kita, tidak jarang penjual yang kurang memerhatikan pelanggannya, seperti misalnya saat kita menanyakan stok barang respon jawaban dari supplier lambat, atau misalnya lagi ketersediaan stok barang yang tidak menentu.

Itu membuat usaha kita tidak akan berjalan baik, karena kita menggantungkan supplai produk jualan ke suplier tersebut. Untuk mengatasinya kita bisa mempersiapkan supplier cadangan yang menjual produk sejenis, agar jika tidak tersedia di salah satu suplier kita bisa melakukan order ke tempat lain.

Bergabung di Komunitas Supplier

Komunitas saat ini juga merupakan solusi yang tepat bagi para supplier produk. Nah, dengan bergabung bersama para supplier tentu anda akan mendapatkan banyak sekali informasi. Sehingga anda bisa mengembangkan bahkan menjalin kerjasama secara langsung dengan para supplier tersebut melalui komunitas.

Utamakan Suplier Satu Daerah

Lokasi tempat supplier jika mudah dijangkau tentunya akan memberikan beberapa kemudahan, saat pembelian stok misalnya, kita bisa tidak terlalu banyak menyediakan stok dirumah karena bisa dengan mudah mengambil stok ke supplier kita. Dengan lokasi yang dekat juga kita bisa lebih memastikan bahwa supplier tersebut memang tangan pertama.

Akan tetapi ini tidak menjadi syarat utama, biarpun lokasi supplier kita berjauhan dan kita tidak pernah mengetahui tempatnya karena membeli dengan sistim online, itu pun tidak menjadi masalah. Hanya jika ada lebih baik utamakan yang satu daerah.

Baca juga artikel Analisa Usaha Di Internet Yang Sukses Tahun 2015