Tips Cerdik Menawar Harga Barang Agar Dapat Lebih Murah

Menawar harga barang saat berbelanja sudah lumrah dilakukan siapa saja, selama tempat berbelanjanya memungkinkan untuk proses tawar menawar pastinya tidak akan dilewatkan setiap pembeli demi mendapatkan harga barang yang lebih murah.

Meski begitu menawar harga barang kepada penjual bisa dikatakan untung-untungan, tidak selalu bisa kita dapatkan potongan harga yang di inginkan.

Namun tidak ada salahnya untuk dicoba bukan ?

Jika berhasil selisih harga yang kita dapatkan bisa digunakan untuk berbelanja barang lain atau mungkin untuk menambah tabungan.

Agar memperbesar kemungkinan untuk memenangkan proses tawar menawar dengan penjual, beberapa tips menawar barang di bawah ini mungkin bisa membantu.

Tips Menawar Harga Barang

Cek Harga Barang di Beberapa Penjual

Sebelum melakukan pembelian kepada salah satu barang ada baiknya kita cek harga terlebih dahulu di beberapa penjual. Maksudnya agar kita dapat memperkirakan berapa harga pasaran harga barang yang di incar dan juga menentukan penjual mana yang sekiranya mudah memberikan potongan harga.

Bersikap Baik Kepada Penjual

Meski pembeli sudah di daulat sebagai raja pada proses jual beli barang, namun bukan berarti kita bisa seenaknya bersikap kepada penjual jika ingin mendapatkan potongan harga ekstra.

Mulailah dengan memperlihatkan senyuman dan mencoba bersikap ramah, selanjutnya bisa kita ucapkan salam dengan sopan. Saat berkomunikasi tunjukan sikap menghargai penjelasan penjual mengenai barang yang akan kita beli.

Jangan Tunjukan Sikap Terlalu Membutuhkan

Kebanyakan penjual pastinya telah berpengalaman menghadapi berbagai sikap para pembeli-pembelinya. Mereka dapat dengan mudah mengetahui jika ada calon pembeli yang benar-benar membutuhkan suatu barang dagangannya.

Jika sudah demikian jangan harap kita akan sukses pada tahap tawar menawar. Sebisa mungkin kita tunjukan sikap alakadarnya meski sebenarnya kita sangat membutuhkan barang tersebut.

Tawar Dengan Harga Yang Wajar

Meski kita mendambakan harga barang yang murah namun sepatutnya kita pun harus pengertian terhadap harga yang ditawarkan penjual.

Hidari menawar harga sekaligus dengan jumlah yang sangat besar karena bisa jadi penjual tersinggung dengan sikap kita, jika sudah begitu akan semakin sulit nantinya untuk mendapatkan harga termurah.

Iming-imingi dengan Menjadi Pelanggan Tetap

Salah satu yang sangat diharapkan oleh penjual agar bisnisnya bisa laris terus diantaranya adalah keberadaan pelanggan tetap yang secara rutin berbelanja barang di tokonya.

Oleh karena itu biasanya penjual akan melakukan upaya yang keras agar pembeli baru menjadi pelanggan yang loyal agar setiap berbelanja mereka tidak berpaling ke penjual lain.

Kita dapat manfaatkan harapan penjual tersebut untuk mendapatkan harga barang yang lebih murah. Saat menawar harga cobalah untuk mengiming-imingi penjual kedepannya kita akan menjadi pelanggan tetap tokonya.

Acuhkan dan Pergi Ke Penjual Lain

Langkah terahir jika penjual sudah sangat sulit untuk menurunkan harga kita bisa tunjukan sikap acuh atau tak butuh dan di ikuti dengan beranjak menuju penjual lain.

Umumnya bagi para penjual jika harga masih memungkinkan untuk di berikan mereka akan segera memanggil kita kembali. Lakukan trik ini hanya jika kita benar-benar yakin ada penjual lain yang menjual barang serupa dengan harga yang lebih murah.

Baca Juga Tips Cerdas Berbelanja Di Supermarket

Proses tawar menawar harga dengan penjual bagi sebagian orang merupakan kegiatan yang menyenangkan saat berbelanja, sehingga tidak sedikit orang yang lebih memilih berbelanja di tempat yang masih menerapkan proses ini dibandingkan dengan berbelanja di toko-toko modern.