Tips Mempersiapkan Keuangan Untuk Menghadapi Lebaran

Sudah menjadi tradisi bagi kebanyakan keluarga di Indonesia, menjelang hari raya lebaran kondisi keuangan harus dipersiapkan untuk menghadapi pengeluaran yang lebih besar dibanding bulan-bulan lainnya.

Hal ini terjadi karena di bulan tersebut atau sejak dimulainya bulan Ramadhan, keperluan belanja harian umumnya dibutuhkan lebih besar. Ditambah lagi, harga beberapa barang kebutuhan juga seringkali mengalami kenaikan.

Pengeluaran-pengeluaran seperti persiapan biaya untuk mudik lebaran, menyediakan aneka macam kue untuk berkumpul di hari raya hingga mempersiapkan aneka bingkisan untuk saling berbagi sesama, merupakan sebagian contoh dari jenis pengeluaran yang harus di hadapi menjelang lebaran.

Agar tidak terlampau terbebani saat menghadapi pengeluaran-pengeluaran tersebut, ada baiknya jika kita mempersiapkan rencana pengelolaan keuangan untuk menghadapinya, dan berikut ini adalah beberapa tipsnya.

Tips Mempersiapkan Keuangan Untuk Menghadapi Lebaran

Persiapkan Keuangan dari Bulan Sebelumnya

Pengeluaran yang membengkak di saat menjelang Lebaran tentunya sudah menjadi rutinitas tahuan yang sudah biasa dialami. Oleh karenanya untuk menghadapi lebaran kali ini hendaknya kita ambil pelajaran dari tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu caranya ialah, mempersiapkan keuangan sejak jauh-jauh hari atau dari beberapa bulan sebelumnya. Dengan menyisihkan sejumlah uang secara sedikit demi sedikit sejak beberapa bulan sebelumnya diharapkan nanti pada saat lebaran kondisi keuangan tidak terlalu terbebani.


Mencari Penghasilan Tambahan

Menjelang lebaran atau tepatnya di bulan puasa, tidak sedikit jenis usaha musiman yang sayang jika tidak kita manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Misalnya saja seperti berjualan aneka takjil untuk berbuka, menjual kue kering lebaran, dan lain sebagainya.

Keuntungan yang didapatkan pun bisa kita tambahkan untuk mempersiapkan keuangan menjelang lebaran nanti. Dengan begitu penghasilan utama menjadi tidak terlalu terbebani.

Mengutamakan Kebutuhan Penting

Seringkali pengeluaran besar saat lebaran di gunakan untuk beberapa keperluan yang bukan merupakan kebutuhan penting, sehingga jumlah biaya pengeluaran semakin membesar. Hal seperti ini umumnya sering dialami oleh karena tidak adanya menejemen kebutuhan mana yang menjadi prioritas penting dan mana yang tidak.

Oleh karena itu ada baiknya jika kita membuat daftar listing aneka kebutuhan-kebutuhan menjelang lebaran nanti. Lalu fokuskan terlebih dahulu pada kebutuhan yang paling penting.

Buat Pembukuan Khusus

Dengan membuat pembukuan berupa pengeluaran dan pemasukan khusus menjelang lebaran, dapat menjadi bahan evaluasi penting untuk mengetahui kondisi keuangan. Dengan adanya pembukuan tersebut, nantinya kita dapat dengan mudah mengetahui total pengeluaran yang sudah dikeluarkan serta berapa besar dana yang masih dimiliki.

Dengan begitu kita bisa memperkirakan berapa yang dibutuhkan untuk pengeluaran selanjutnya. Jika dirasa tidak akan terpenuhi pun sebelumnya kita dapat berusaha mencari cara untuk memenuhinya.

Baca Juga Peluang Usaha Yang Berpotensi Di Bulan Ramadhan

Itulah diantaranya sedikit tips dari kami untuk mempersiapkan kondisi keuangan menjelang hari raya idul fitri atau lebaran. Semoga memberikan manfaat.