Tips Memilih Usaha Waralaba

Saat ini banyak sekali usaha waralaba yang bisa kita pilih, Namun kita harus melakukan banyak pertimbangan untuk menentukan waralaba apa yang akan kita pilih. Jika kita salah memilih bukan tidak mungkin usaha kita akan berhenti setengah jalan. Banyak faktor yang berpengaruh dalam hal ini, bagi anda yang berniat akan memulai usaha waralaba hendaknya mencari informasi yang lengkap terlebih dahulu mengenai usahanya, jangan sampai terburu-buru, karena dalam usaha kita harus pertimbangkan masak-masak perjalanannya hingga jangka panjang.

Berikut ini ada beberapa tips yang kami rangkum, agar bisa menjadi bahan pertimbangan anda dalam menentukan usaha waralaba mana yang akan di pilih.

  • Tentukan jenis usaha yang paling diminati

Untuk dapat berjalan dengan baik sebuah usaha harus lah cocok dengan minat kita sebagai pelaku usaha, begitu juga memilih usaha waralaba. Kita harus tentukan minat kita menjalankan usaha di bidang apa, misalnya kita berminat dalam bidang kuliner, maka cari beberapa usaha kuliner yang di waralabakan untuk bahan perbandingan. Setelah terdapat beberapa pilihan maka selanjutnya kita bisa mencari informasi secara lengkap mengenai usaha tersebut.

  • Jangan berpatokan pada harga waralaba yang murah

Meski faktor ini tergantung dari ketersedian modal yang anda miliki, akan tetapi jangan tertarik kepada salah satu usaha waralaba hanya karena harga yang di tawarkan. Sekarang ini banyak pihak penjual waralaba yang menjadikan harga sebagi daya tarik untuk menjaring target konsumennya. Akan tetapi ujung-ujungnya akan membuat konsumennya dirugikan, seperti misalnya meberlakukan biaya frenchise fee atau royalti yang besar, atau menjual bahan baku utama kepada pembeli waralaba dengan harga tinggi, dan lain sebaginya.

Baca juga artikel Jenis Usaha Waralaba Dengan Modal Kecil

Advertisement
  • Kunjungi usaha waralaba yang sudah berjalan

tips memilih usaha waralaba

Dari daftar usaha waralaba yang sudah kita pilih, selain mendatangi pihak penjual waralabanya, kita boleh saja mendatangi usaha waralaba orang lain yang sudah berjalan terlebih dahulu, untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai jalan usahanya. Dengan bertanya secara langsung kepada pelaku usahanya kita bisa mendapatkan informasi lebih jelas mengenai kelebihan serta kekurangannya. Kita juga bisa melihat tren suatu bisnis waralaba di wilayah anda berada, seperti misalnya usaha waralaba yang sering anda lihat, atau anda juga bisa perhatikan usaha waralaba yang gagal.

  • Pelajari dukungan usaha dari pihak penjual waralaba

Salah satu tujuan utama kita memilih usaha waralaba adalah keperaktisan dalam menjalankan usaha, sehingga kita akan lebih mudah dalam memulai suatu usaha. Untuk itu kita harus perhatikan dukungan dari pihak menjual waralaba, fasilitas apa saja yang mereka berikan. Penjual waralaba yang bereputasi baik tentunya akan menyediakan segala macam yang kita perlukan dari mulai langkah awal membuka usaha, hingga nantinya bagaimana usaha tersebut bisa menguntungkan. Seperti peralatan pendukung usaha, ketersedian bahan baku, pelatihan sumberdaya, promosi produk dan lain-lain.

Secara umum bisa kita lihat reputasi penjual waralaba dari banyaknya pembeli yang menjalankan usaha waralabanya tersebut di waliyah kita. Atau bisa juga kita artikan pilihlah usaha waralaba yang sudah terkenal, karena biasanya sebuah usaha waralaba yang menguntungkan akan banyak peminatnya. Hanya kita harus pastikan jangan sampai kita membuka usaha waralaba di wilayah yang sudah terdapat usaha sejenis, karena nantinya akan terjadi persaingan yang tidak menguntungkan.

Baca juga artikel Tips Menjalankan Waralaba Makanan Dan Minuman