Tips Memilih Mesin Fotocopy Untuk Usaha

Untuk menentukan mesin fotocopy yang akan di pilih untuk dipakai usaha haruslah melaluli beberapa pertimbangan yang hati-hati. Karena nantinya akan menentukan kelancaran usaha anda, dengan memiliki mesin yang baik maka usaha pun bisa berjalan dengan lancar.

Banyak kedapatan tempat fotocopy yang pada saat melayani konsumennya mesin fotocopynya tidak berjalan dengan lancar, jika hal ini terjadi maka tentu saja konsumen akan dirugikan karena waktu akan terbuang, hal ini akan berimbas kepada usaha anda yang ahirnya tidak di percaya oleh konsumen.

Padahal usaha fotocopy merupakan usaha yang sudah lama hadir dan bisa memberikan keuntungan bagi pelakunya, pemilihan lokasi usaha yang strategis dan pelayanan kepada konsumen dengan baik, akan dapat menjadikan usaha anda menghasilkan keuntungan yang banyak. Salah satu faktor penting agar dapat memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen adalah dengan memiliki mesin fotocopy yang bisa bekerja dengan baik.

Baca juga artikel mengenai Analisa Modal Usaha Fotocopy Dan Alat Tulis

Untuk pemilihan mesin fotocopy berikut ini ada tips yang bisa anda terapkan, dengan harapan dapat menjadi masukan untuk anda yang pemula dalam menjalankan usaha :

  • Perhatikan ketersediaan tempat service dan suku cadang

Mesin fotocopy yang berkualitas umumnya banyak tempat usaha yang menggunakannya karena sudah di kenal, dengan banyak yang menggunakannya maka pihak distributor pun akan memeperhatikan ketersedian suku cadang dan juga jaringan service center nya. Dengan terjaminnya jaringan tersebut maka bisa memudahkan anda jika sewaktu-waktu mesin anda mengalami kerusakan atau pun membutuhkan perawatan rutin.

tips memilih mesin fotocopy

  • Sesuaikan dengan kebutuhan

Tersedia banyak jenis mesin fotocopy dari berbagi macam merk di pasaran, kita sebelumnya harus memperkirakan jenis mesin seperti apa yang akan diperlukan. Jika hanya akan melayani fotocopy saja cukup menggunkan mesin analog, namun jika anda akan menambahkan jasa seperti scanning,email dan lain-lain bisa menggunakan mesin fotocopy digital yang lebih lengkap fiturnya.

Yang penting sebaiknya di tempat usaha anda setidaknya memiliki dua unit mesin fotocopy, selain bisa mempercepat pelayanan kepada konsumen, anda juga akan memiliki cadangan jika salah satu mesin anda rusak. Akan tetapi hal ini bergantung juga kepada ketersedian modal yang di miliki, anda bisa mempertimbangkan opsi menyewa mesin fotocopy jika dana modal anda terbatas.

  • Pilih distributor yang berkualitas

Mesin fotocopy yang beredar umumnya masuk ke indonesia melalui distributor, sehingga kita harus jeli dalam memilih distributor yang benar-benar berkualitas. Distributor yang baik akan memberikan penerangan yang jelas dan sesuai dengan produk yang di jual nya, apakah berkondisi benar-benar baru, atau produk rekondisi, ataupun mesin dengan kondisi bekas.

Jika kita salah memilih distributor bukan tidak mungkin kita akan di berikan barang yang tidak berkualitas dengan harga yang tinggi. Sebaiknya jika pengalaman anda masih kurang ada baiknya membawa rekan yang lebih berpengalaman dalam memilih mesin.

  • Pastikan disertakan garansi

Meski anda sudah memilih mesin fotocopy yang benar-benar berkualitas dan berharga mahal, tetap saja yang namanya mesin buatan manusia akan terdapat kekurangan, dalam hal ini lah kita memerlukan garansi dari pihak penjual. Agar jika ada kerusakan yang sifatnya kesalahan dari perakit mesin, kita bisa mengajukan penggantian ataupun pebaikan secara gratis. Jika distributor memang menjual produk yang berkualitas umumnya mereka berani memberikan garansi sebagai bukti bahwa mesin yang di jual benar-benar handal.