Tips Memilih Marketplace Untuk Jualan (Shopee, Tokped, BL, Dll)

Memilih marketplace untuk jualan adalah persoalan paling pelik bagi pemula. Banyak pemula merasakan hal tersebut karena masih belum adanya pengalaman atau sulitnya mencari referensi dari pelaku usaha yang sudah bertahun-tahun berkecimpung jualan di marketplace.

Shopee Vs Tokopedia Vs Bukalapak Vs Blibli Vs Lazada Vs Akulaku Vs Zalora dan masih banyak marketplace di Indonesia, pada dasarnya semua memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dan kekurangan tersebut bisa kita nilai dari kacamata kebutuhan penjual dan bisa juga dinilai dari sistem secara keseluruhan.

Nah, untuk poin terakhir tersebut bisa dikatakan sudah tidak perlu diperbincangkan lagi, karena hampir semua marketplace di Indonesia sekarang ini sudah memiliki sistem yang sangat profesional.

Berbeda halnya jika dilihat dari kacamata ‘kebutuhan penjual’, maka kelebihan di satu marketplace bisa tentu merupakan fitur yang anda butuhkan. Begitu juga dengan kekurangannya, belum tentu kekurangan itu berdampak negatif terhadap toko anda.

Oleh karena itu anda butuh yang namanya survey. Nah, disini ada poin-poin penting yang bisa anda jadikan referensi agar tidak salah memilih marketplace untuk jualan. Diantara poin-poin tersebut kami rangkum dalam sub poin di bawah ini.

Baca Juga Kelebihan Jualan Di Marketplace Bagi Pemula

Memahami Ceruk Pasar

Ceruk pasar adalah suatu tempat berkumpulnya konsumen dengan kebutuhan yang  sama. Dan kami yakin bahwa setiap marketplace besar di Indonesia seperti yang disebutkan di atas memiliki ceruk pasar sendiri-sendiri.

Untuk memahami mana ceruk pasar yang paling sesuai buat produk anda, caranya sangat mudah, yaitu dengan melihat persaingan terhadap kategori produk tersebut.

Semakin banyak persaingan artinya disitu adalah tempat berkumpulnya konsumen. Dan semakin banyak penjual dengan kategori produk yang sama, itu berarti ada banyak pilihan produk untuk konsumen.


Setelah anda menemukan ceruk pasar, maka langkah selanjutnya tinggal mengatur strategi agar produk yang anda jual terasa unik di mata pembeli. Semakin unik, semakin lebar pula kesempatan anda  memenangkan persaingan.

Pikirkan Juga Hal-Hal Teknisnya

  • Apa yang akan anda gunakan untuk mengoperasikan toko anda? Apakah itu komputer (PC), Laptop, Tablet, atau Smartphone. Perlu diingat bahwa beberapa aplikasi marketplace mensyaratkan spesifikasi hardware dan software tinggi / terbaru.
  • Apakah anda sudah siap online 24 jam 7 hari? Jika belum sebaiknya anda siapkan terlebih dahulu. Ini cukup penting disaat awal menjalankan toko online di marketplace.
  • Pilih marketplace yang secara teknis akan memudahkan anda dalam mengoperasikan toko online.

Pelajari Fitur yang Ditawarkan

Fitur marketplace yang perlu anda pelajari diantaranya adalah:

  • Fasilitas chat, diskusi, atau apapun itu yang secara teknis akan langsung menghubungkan anda dengan calon pembeli.
  • Alur transaksi
  • Cara mencairkan uang hasil penjualan
  • Mitra dompet digital
  • Penalti
  • Diskon, cashback, bonus, dan sejenisnya
  • Keanggotaan premium dan fasilitasnya
  • Sistem periklanan
  • Sistem reputasi

Sampai disini yang perlu anda lakukan adalah memilih dan memilah, mana fitur yang kemungkinan akan mendukung aktifitas jualan dan mana fitur yang bisa dikesampingkan atau tidak terlalu dibutuhkan. Setiap marketplace punya fitur unggulannya.

Fokus, Terus Pelajari dan Be Premium

Ketika anda sudah yakin dengan sebuah marketplace sebagai tempat jualan, maka anda harus fokus. Jangan gampang tergiur oleh kata ‘mereka’ yang itu belum tentu sejalan dengan misi anda.

Untuk sementara waktu silahkan fokus dan kembangkan toko hingga ke titik maksimal dan jangan membuka toko lagi di marketplace lain.

Tingkatkan status keanggotaan di satu marketplace dengan mengikuti layanan premiumnya. Ingat bahwa memiliki 1 toko yang ramai pengunjung itu pasti lebih baik dari pada memiliki 5 toko dengan jumlah pengunjung biasa-biasa aja. Fokuskan budget, energi dan waktu anda, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Salam sukses,