Tips Memilih Kendaraan Untuk Usaha Rental Mobil

Modal terpenting untuk menjalankan usaha rental mobil tentu saja kendaraan yang akan disewakan, dalam memlih kendaraan untuk usaha ini tentunya berbeda pertimbangan nya dengan kendaraan untuk pribadi terutama di sisi fungsi dan perawatannya. Sebelumnya sudah kami jelaskan langkah menjalankan usaha ini di artikel Langkah Menjalankan Peluang Usaha Rental Mobil

berikut ini tips memilih kendaraan untuk usaha rental :

Jenis Kendaraan Yang Cocok

Pertama yang kita harus diperhatikan dalam memilih kendaraan untuk usaha rental mobil adalah kemudahan perawatan, karena dalam usaha ini mobil akan di pergunakan setiap hari dengan jarak tempuh yang jauh, maka perawatan akan menjadi penting untuk menjaga agar kendaraan kita awet dan selalu dalam kondisi yang baik. Termasuk juga ketersediaan onderdil yang harus mudah didapatkan dan berharga murah, karena di pasaran terdapat kendaraan yang ketersedian onderdil nya susuh didapat dan harganya mahal. Lalu konsumsi BBM juga harus di pertimbangkan, karena konsumen akan merasa keberatan jika penggunaan bahan bakar nya boros. Bahkan ada pelaku usaha rental mobil ini yang menyiasati kendaraan yang di sewakannya agar irit bahan bakar maka di tambahkan dengan alat khusus, ini sah-sah saja asalkan kita harus perhatikan alat yang digunakan dalam hal keamanannya.

Untuk jenis kendaraannya kita bisa sesuaikan dengan kebutuhan usaha, misalnya sediakan jenis mobil MPV untuk permintaan konsumen yang menginginkan daya tampung luas contohnya seperti Avanza,Inova, APV, Luxio dan lain-lain. Untuk menyediakan permintaan kosumen yang menginginkan mobil simple dan praktis kita bisa sediakan mini MPV atau sedan contohnya seperti Jazz, Soluna, Yaris dan lain-lain.

Advertisement

memilih kendaraan usaha rental mobil

Perlu anda ketahui juga salah satu indikator mobil yang mudah dalam hal perawatannya seperti yang sudah di jabarkan di atas adalah kita bisa melihat di pasaran, biasanya mobil yang banyak digunakan di jalan atau sering ditemui, itu akan mudah dalam perawatan karena akan banyak toko onderdil yang menyediakan spere part nya, dan juga akan selalu tersedia juga montir yang bisa menangani kerusakannya.

Keamanan Kendaraan

Ada resiko yang harus di hadapi oleh pelaku usaha rental mobil ini, salah satunya adalah keamanan kendaraan yang di sewakan. Sekarang ini banyak di dapati di berita-berita bahwa kendaraan dari usaha rental ini menjadi target para pencuri, bahkan telah banyak korbannya. Namun dalam usaha pastinya dalam setiap bidang terdapat resiko-resiko yang harus di hadapi, yang penting kita harus bisa mencegah agar resiko itu tidak terjadi. Dalam usaha ini salahsatu caranya dengan memasang di kendaraan alat khusus untuk melacak keberadaan mobil, sering di sebut GPS. Dengan adanya alat ini maka kita bisa setiap saat mengetahui ada dimana mobil kita, dengan begitu resiko kehilangan mobil bisa di minimalisir.

Selain itu juga dalam memberikan kendaraan kepada konsumen kita juga harus slektif, wajibkan kepada penyewa untuk menyertakan KTP sebagai identitas adalah salah satu cara yang bisa di jalankan, dan bisa juga dengan selalu menggunakan sopir yang anda kenal baik untuk membawa kendaraan tersebut, berikan akses menyewa mobil tanpa sopir hanya jika sistem pengamanan kita sudah memupuni.