Tips Membuka Usaha Kursus Bahasa Inggris

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional. Dengan menguasai bahasa inggris maka kesempatan untuk bekerja, studi, dan berbisnis skala internasional menjadi sangat memungkinkan. Oleh sebab itulah banyak orang saat ini yang mengejar belajar bahasa Inggris baik untuk anak ataupun dewasa. Bahkan tidak jarang sekolah-sekolah dasar pun mensyaratkan kemampuan berbahasa inggris dalam materi ajarnya.

Bahkan, untuk melamar suatu pekerjaan atau studi tingkat tinggi pun menjadikan bahasa Inggris sebagai salah satu syarat utama. Akan tetapi, kebutuhan akan bahasa inggris tersebut ternyata belum diimbangi dengan fasilitas pengembangan bahasa inggris. Oleh karena itu banyak yang mencari-cari tempat kursus bahasa Inggris dan rela mengeluarkan biaya berapapun demi mendapatkan sertifikat lulus standar bahasa Inggris.

Nah, kesempatan tersebut tentu bisa menjadi peluang bisnis yang besar bagi anda yang pakar di bidang bahasa Inggris. Bagi anda yang telah menguasai bahasa Inggris anda memiliki kesempatan emas untuk membuka usaha kursus bahasa Inggris.

Dan untuk menjalankan usaha ini tidak selalu harus membangun sebuah lembaga pembelajaran dengan skala besar, dengan membuka kursus di rumah pun bisa anda jalankan, atau bahkan dengan melayani kursus secara private, anda tidak memerlukan tempat khusus untuk berbisnis, sehingga penggunaan modal dapat di tekan.

Dan berikut ini adalah beberapa tips untuk membuka usaha kursus bahasa Inggris.

Join dengan Pakar

Sebagai pemula dalam bisnis kursus bahasa Inggris tentu sikap yang paling tepat adalah belajar dengan pakar bisnis sebelumnya. Sebab, kursus bahasa inggris ini terbilang unik. Sebab, usaha kursus ini melibatkan aspek pendidikan yang seharusnya mampu menghasilkan income.

usaha kursus bahasa inggris

Oleh karena itu, jika anda belum memiliki pengalaman dalam hal pengajaran tentu belajar dengan perusahaan ternama sebelumnya juga menjadi penting. Anda bisa bekerjasama secara kontrak atau bisa juga hanya belajar manajemen pengadaan kursus tersebut.

Advertisement

Akan tetapi jika anda berniat membuka kursus bahasa dengan skala kecil atau dalam tahap percobaan, bisa saja melewati tahap ini. Dengan syarat anda mahir benar berbahasa inggris, bisa saja anda membuka kursus dengan cara private secara perorangan.

Pelajari Model Kursus Terkenal

Mengikuti konsep sebelumnya tidak selamanya buruk, Dengan mempelajari metode lembaga kursus terkenal maka anda akan mendapatkan suplemen ilmu. Khususnya tentang ilmu manajemen kursus bahasa Inggris. Langkah awal yang hendaknya anda lakukan adalah mengamati model kursus yang ada. Kemudian anda bisa mengambil beberapa hal yang bisa anda kembangkan. Setelah anda mengembangkan sistem yang mirip dengan hal itu.

Mencari Segmen Tertentu

Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah fokus pada segmen pasar. Untuk hal ini anda bisa membidik pelajar, pekerja, atau professional. Nah, untuk fokus di pasar ini anda bisa mempelajari kebutuhan setiap segmen tersebut.

Misalnya saja anda menentukan segmen kursus bahasa inggris untuk anak, maka metode pembelajaran pun harus di sesuaikan dengan siswa anda, seperti cara menyampaikan materi harus ringan dan menyenangkan, suasana tempat belajar yang disukai anak-anak, dan lain sebagainya.

Akan berbeda jika menyasar segmen pelajar dewasa atau profesional, anda akan membutuhkan materi pembelajaran yang lebih lengkap dari dasar berbahasa hingga tingkat mahir.

Promosikan Kursus Anda

Promosi selalu menjadi bagian terpenting dalam menjalankan bisnis anda, dalam bisnis kursus bahasa inggris ini salah satu promosi yang bisa anda terapkan adalah dengan bekerja sama bersama lembaga pendidikan seperti sekolahan, baik itu tingkatan sekolah dasar hingga sekolah menengah keatas.

Di luar itu bisa juga anda maksimalkan tahapan promosi dengan memasang iklan di media massa seperti iklan baris di koran lokal yang terkenal di kota anda. Selain itu pertimbangkan juga untuk memanfaatkan sarana media online sebagai promosi usaha anda, seperti dengan membuat website agar terlihat lebih profesional.