Tips Membuka Tempat Usaha Dengan Modal Kecil

Membuka tempat usaha baik itu berupa toko, workshop ataupun kantor, manjadi salah satu syarat yang harus dimiliki saat akan memulai usaha. Meski bisa saja memanfaatkan ruang yang sudah ada misalnya rumah, namun dengan memiliki tempat usaha khusus akan dapat meningkatkan kepercayaan dari konsumen dengan signifikan.

Namun begitu, bagi para calon pelaku usaha yang terkendala memiliki modal pas-pasan hal tersebut tentunya bisa memberatkan. Karena untuk merintis bisnisnya saja sudah akan membutuhkan biaya modal yang besar, belum lagi promosi dan lain sebagainya.

Beberapa tips berikut ini mungkin saja bisa dilakukan untuk mengupayakan memiliki tempat usaha dengan modal yang kecil dan murah.

Tips Membuka Tempat Usaha Dengan Modal Kecil

Bergabung Dengan Pelaku Usaha Lain

Sebuah tempat usaha misalnya toko yang berada di lokasi strategis seperti pusat kota, mall dan sejenisnya tentu akan bernilai sangat mahal. Dengan menyewanya saja sudah dapat dipastikan akan berbandrol sangat tinggi.

Namun dirasa berat tersebut jika kita harus menanggungnya sendirian, akan terasa lebih ringan jika dapat membaginya dengan beberapa orang.

Tidak ada salahnya jika mencoba mengajak pelaku usaha lain untuk bergabung menyewa tempat di lokasi yang strategis. Terpenting perlu di upayakan agar bisnis yang lain tersebut masih berhubungan atau setidaknya memiliki target konsumen yang serupa.

Misalnya saja, kita akan membuka sebuah toko baju seperti distro atau butik, maka usaha lain seperti cafe, tempat makan dan sejenisnya cocok didirikan bersebelahan.

Keuntungan lain diluar menjadi lebih ringannya modal pengadaan tempat ialah lokasi usaha pun akan terlihat semakin ramai sehingga dapat memancing calon konsumen untuk mendatanginya.

Kerja Sama Dengan Pemilik Tempat

Cara lain yang juga tidak kalah efektif untuk memangkas biaya modal pengadaan tempat adalah dengan mencoba mengajak bekerja sama dengan pemilik tempat.Dengan cara ini bahkan mungkin saja kita dapat mendapatkan tempat tanpa biaya atau ongkos sewa sama sekali jika pemilik berminat melakukan sistim bagi hasil sehingga sama-sama menguntungkan.

Mencari Tempat Di Lokasi Non Strategis

Khusus jika memiliki langkah ini, hendaknya pastikan terlebih dahulu bahwa bisnis kita tidak membutuhkan target konsumen yang harus melakukan transaksi di tempat. Misalnya saja untuk keperluan kantor, worshop atau tempat produksi.

Lokasi yang tidak populer untuk menjalankan usaha, ongkos sewa ataupun harga propertinya akan cukup terpaut jauh dibanding dengan lokasi strategis untuk berdagang, hal ini akan bisa menghemat rupiah dalam jumlah besar.

Meski begitu dengan kemajuan teknologi saat ini, beberapa usaha yang dibangun di tempat yang sepi pun, tidak ayal bisa kebanjiran pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan media internet yang diandalkan sebagai sarana promosi atau mencari pelanggan.

Selain itu, saat suatu brand sudah dikenal secara luas, maka lokasi tempat berjualan pun menjadi tidak begitu memegang peranan. Berada diluar jangkauan pun akan di kejar pelanggannya.

Baca juga artikel :

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk dapat membuka tempat usaha dengan modal yang kecil. Semoga bisa menjadi solusi untuk anda yang sedang akan memulainya.