Tips Membuat Proposal Usaha Secara Profesional

Sudah menjadi tuntutan bagi seorang pengusaha harus pandai menjalin kerja sama dengan berbagai pihak terkait pengembangan usahanya agar menjadi lebih besar.

Bisa berbentuk pengajuan kerja sama dengan klien, pengajuan tambahan modal, mengikuti sebuah tender proyek dan lain sebagainya.

Dalam jalinan kerja sama tersebut umumnya proposal menjadi salah satu syarat yang akan diminta oleh para pihak yang akan diajak bekerja sama.

Oleh sebab itu anda sebagai pengusaha hendaknya mempelajari bagaimana caranya membuat proposal yang benar serta terlihat profesional agar langkah kerja sama yang bisa saling menguntungan dapat segera di jalankan.

Proposal yang baik bisa menggambarkan bagaimana usaha anda berjalan selama ini dan menerangkan apa saja kelebihan usaha yang kita miliki sehingga pihak yang akan di ajak bekerja sama tertarik untuk membuat kesepakatan yang saling menguntungkan.

Apa itu proposal, selengkapnya dapat dibaca pada artikel Pengertian Proposal dan Jenis-jenisnya

Sebagai panduan setidaknya ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk dapat membuat proposal usaha yang benar serta profesional, berikut adalah beberapa diantaranya.

Tips Membuat Proposal Usaha

Mulai Dengan Perkenalkan Profil Usaha Anda

Mengenalkan profil usaha anda sangat penting untuk di sertakan pada awal pendahuluan proposal.

Dengan memberikan perkenalan di awal kita dapat menjelaskan bagaimana usaha kita berjalan dan memaparkan berbagai kelebihan yang tidak di miliki kompetitor bisnis anda.

Terangkan juga profil secara lengkap dari mulai nama perusahaan, alamat lengkap hingga cabang usaha jika memilikinya.


Berbagai pencapaian yang pernah di raih juga dapat kita sertakan agar lebih terlihat terpercaya.

Terangkan Strategi Bisnis yang Di Jalankan

Agar target penerima proposal mendapat gambaran yang jelas dengan siapa mereka akan bekerja sama paparkan juga strategi bisnis yang akan dijalankan, bagaimana cara kita dalam hal pemasaran, proses produksi, menejemen karyawan dan lain sebagainya.

Dengan menjelaskannya diharapkan mereka dapat mempertimbangkan bagaimana potensi usaha kita kedepan, jika dianggap menjanjikan tentunya jalinan kerja sama kemungkinan besar dapat segera direalisasikan.

Buat Proposal Dengan Jujur dan Tidak Melebih-lebihkan

Meski kita sangat berharap melalui proposal kerja sama usaha dapat disepakati, namun bukan berarti kita boleh menyampaikan pemaparan yang melebih-lebihkan apalagi jika tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Pasalnya hal tesebut malah bisa merugikan kita sendiri kedepannya di saat kerja sama sudah berjalan.

Selain itu pihak yang akan di ajak bekerja sama juga tidak akan serta merta menyetujuai apa yang kita harapkan dalam proposal, tentu saja mereka pun akan mencari tahu terlebih dahulu kebenaran pemaparan yang kita tulis dalam proposal.

Hindari Mencomot Langsung Contoh Proposal Milik Perusahaan Lain

Menuliskan pemaparan yang sama atau pun mirip dengan proposal milik orang lain justru akan membuat proposal kita menjadi tidak profesional di mata klien.

Pasalnya sebagai perusahaan profesional tentunya harus memiliki tulisan yang berkualitas serta dapat menjelaskan dengan baik melalui sebuah proposal.

Hindari juga kesalahan-kesalahan spele seperti kesalahan dalam penulisan kata, penulisan nama dan gelar, hingga penempatan tanda baca.

Dengan membuat proposal yang baik dan benar serta tulisan yang mudah dimengerti akan menciptakan image perusahaan kita adalah profesional pada bidang yang dijalaninya.

Buat Proposal Dengan Singkat Namun Jelas

Dalam membuat proposal yang baik dan profesional kita di tuntut untuk bisa menjelaskan maksud dan tujuan dengan jelas namun juga harus di jelaskan dengan singkat.

Karena proposal yang dibuat dengan tulisan begitu panjang hingga banyak halaman justru dapat membuat pembaca malas membacanya.

Gunakan penjelasan yang langsung ditujukan kepada pokok utama pembahasan tanpa bertele-tele dengan penjelasan yang tidak begitu penting.

Itulah sedikit tips dari kami mengenai bagaimana cara membuat proposal yang baik dan benar serta terlihat profesional di mata pembacanya, semoga dapat membantu anda semuanya.