Tips Membuat Kemasan Produk Yang Disukai Konsumen

Fungsi kemasan selain untuk menjaga produk di dalamnya juga dapat digunakan untuk menarik minat konsumen agar tertarik membelinya. Meski ada yang berfikiran yang penting kualitas barang di dalamnya, namun akan lebih baik jika produk yang kita jual berkualitas juga di kemas dengan baik dan menarik.

Tidak semua pelaku usaha menyadari hal ini, padahal kemasan produk cukup memberikan pengaruh besar terhadap angka penjualan. Terlebih untuk produk yang berjenis baru ada di pasaran, jika hanya di lengkapi dengan kemasan seadanya, maka untuk bisa di lirik konsumen saja akan sulit, apalagi hingga bisa terjadi penjualan.

Perlu di ingat, pada saat konsumen sedang memilih produk di pasaran, urutan pertama yang di lihat adalah kemasan, setelah itu baru di perhatikan isi dari kemasan tersebut. Jika pada kesan pertama ini produk kita sudah kehilangan minat yang di sebabkan kemasan kurang menarik, maka untuk di pilih pun menjadi kecil kemungkinannya.

Maka dari itu, sebaiknya para pelaku usaha jangan hanya fokus untuk membuat produk yang baik saja. Mulai sekarang berikan perhatian juga untuk kemasan produknya, agar hasil penjualan bisa maksimal. Lalu, apa saja yang harus di perhatikan agar dapat membuat kemasan produk yang disukai konsumen, berikut ini ada beberapa tips nya:

1. Buat Kemasan Yang Unik

Paling efektif agar kemasan produk anda di sukai konsumen adalah dengan membuatnya terlihat unik dan berbeda dengan produk yang lain. Sebagai contoh misalnya pada saat kita berdiri melihat deretan rak pajangan produk di minimarket, saat semua kemasan berderet berbentuk serupa misalnya kotak , satu saja terselip kemasan berbentuk bulat, maka mata kita secara otomatis akan mudah meliriknya.

Dengan begitu sangat penting untuk membuat kemasan yang berdesain unik dan berbeda dengan produk lainnya ini. Maka segera kita lakukan survey, dipasaran produk yang sejenis dengan kita kebanyakan kemasannya seperti apa, lalu kita bedakan dengan kemasan produk yang kita pasarkan, bisa dari segi bentuknya,ukurannya,warnanya,tulisannya dan sebagainya.

tips membuat kemasan produk

Baca juga artikel 7 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Kepada Pelanggan

2. Buat Dengan Berbagai Ukuran

Terkadang konsumen berbeda-beda keperluan jumlah produk yang di butuhkannya, misalnya ada yang memerlukan kemasan dengan isi yang banyak dan ada pula yang cukup dengan kemasan yang kecil. Maka sebaiknya produk yang kita jual juga beragam ukurannya, agar konsumen bisa menyesuaikan dengan kebutuhannya.

Yang di takutkan jika kita hanya memproduksi produk dengan satu ukuran adalah, konsumen mengurungkan niat membeli sebab isinya terlalu banyak atau sebaliknya. Yang terbaik adalah minimal kita menyiapkan dua ukuran kemasan produk, di bedakan dari jumlah isiannya.

3. Sesuaikan Dengan Target Konsumen

Hendaknya dalam mendesain kemasan produk kita perlu sesuaikan dengan terget konsumennya, misalnya produk untuk anak-anak, bisa kita sertakan gambar kartun favorit yang banyak di gemari, buat agar kemasan dapat di buka dengan mudah, atau bentuk kemasan yang menyerupai mainan agar di sukai mereka.

Bagitu pula untuk target konsumen yang lainnya, misalnya produk untuk pria,wanita,ibu rumah tangga,keluarga dan sebagainya, hendaknya di bedakan agar sesuai dengan karakter masing-masing konsumen. Dengan begitu produk beserta kemasannya betul-betul mewakili minat mereka.

Baca juga artikel Usaha Minuman Kemasan Raih Keuntungan Menggiurkan

4. Cantumkan Informasi Yang Lengkap

Terahir, setelah produk di lihat konsumen, selanjutnya mereka akan mencari berbagai informasi pada kemasan mengenai produk yang di jual. Seperti jenis produk,harga,komposisi,cara penggunaan, hingga tanggal kadaluarsa. Disaat seperti ini konsumen akan sangat membutuhkan informasi yang jelas dan lengkap mengenai spesifikasi produk yang kita jual.

Maka sangat penting untuk kita cantumkan informasi pada kemasan sejelas-jelasnya dengan bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan isi didalamnya.

Baca juga artikel Ide Usaha Makanan Kreatif Yang Unik Dan Menarik