Tips Membuat Dan Menggunakan Kartu Kredit

Pada zaman sekarang ini memang semuanya serba cepat dan juga mudah salah satunya kecanggihan yang ada dengan hadirnya kartu kredit. kartu kredit akan dapat memberikan kita kemudahan di saat berbelanja. Seiring dengan semakin bertambahnya penduduk, maka kebutuhan masyarakat kepada kartu kredit pun juga semakin meningkat.

Kartu Kredit kini sudah mulai menjadi kebutuhan, terutama untuk orang yang tidak suka ketika memegang uang tunai. Mengapa? Karena kartu ajaib tersebut akan dapat membuat anda bisa berbelanja tanpa harus mempunyai uang di rekening ataupun di dompet anda.

Namun perlu ada perhatian saat kita menggunakan kartu kredit tersebut, pasalnya tidak sedikit orang yang memakainya tanpa ada batasan hingga ahirnya merugikan bahkan terparahnya hingga kesulitan dalam pembayaranya, tentunya hal tersebut tidak akan kita inginkan.

tips menggunakan kartu kredit

Untuk itu berikut ini adalah hal yang harus anda perhatikan dalam penggunaan kartu kredit :

Mengerti dasar-dasar umum kartu kredit

Patut untuk Anda mengerti bahwa sebelum Anda mengajukan kartu ktredit maka keharusan Anda untuk mengerti berkaitan dengan dasar-dasar cara kerja dari kartu kredit. Dengan Anda menggunakan cara yang benar maka Anda akan dapat menikmati keuntungan pada saat Anda memiliki kartu kredit.

Menjalankan prosedur pembuatan kartu kredit

Jangan lupa Anda juga harus mengikuti prosedur dalam pembuatan kartu kredit dengan benar, seperti yang pertama ini yaitu anda datang ke bank yang bersangkutan, lalu Anda mengisi formulir resmi untuk pengajuan kartu kredit, selanjutnya lengkapi dokumen pribadi Anda, kemudian memverifikasi data-data Anda sebenar-benarnya selanjutnya setelah itu mengkonfirmasi saat kartu kredit sudah di terima.

Sesuaikan dengan kemampuan

Perlu di ketahui pulabahwa setiap kartu kredit ini memiliki plafon atau limit jumlah maksimal yang dapat di tagihkan ke dalam kartu kredit tersebut. Bank tidak akan pernah memberikan limit kartu kredit yang tinggi kepada pengguna kartu kredit yang baru, karena belum ada pembuktian kemampuan untuk membayar cicilannya. Akan tetapi, ini merupakan suatu hal baik untuk Anda dengan Plafon yang rendah akan menjaga Anda supaya tidak membebankan transaksi yang terlampau besar pada kartu kredit Anda.

Suku bunga rendah

Kartu kredit dengan bunga yang rendah tentunya akan dapat meringankan pada pembayaran untuk cicilan bulanan yang Anda miliki. Jika memang tersedia cobalah untuk memilih kartu kredit yang mempunyai banyak promo, diskon di gerai-gerai tertentu. Di gerai tersebut biasanya ada yang memberikan cicilan mulai dari 0% kalau Anda ingin berbelanja di gerai tersebut dengan kartu kredit.

Bebas biaya tahunan

Bank tertentu biasanya ada juga yang meniadakan biaya iuran tahunan, umumnya untuk kepemilikan di tahun pertama. Kesempatan ini patut untuk Anda ambil, karena ini akan dapat membuat ringan tagihan kartu kredit yang kita miliki.

Perlu di perhatikan juga agar bank tidak menuntut mengenakan biaya tertentu pada saat kita tidak memakai kartu kredit. Karena biasanya ada juga bank yang akan membebaskan iuran tahunan dengan syarat kartu harus di gunakan dengan minimal pembelanjaan tertentu.

Berikutnya perlu perhatian juga saat kartu kredit pertama kali sampai di tangan kita, perlu segera lakukan langkah sebagai berikut :

  1. Pastikan bahwa kartu kredit yang Anda terima ini berada di dalam amplop yang tertutup dan kemudian dikirim oleh bank atau lembaga keuangan dari penerbit kartu.
  2. Segera untuk menandatangani kartu kredit baru yang sudah Anda terima.
  3. Jika memungkinkan pilih kartu yang menyertakan foto diri, maka itu akan mempermudah pendeteksian jika ternyata ada orang lainnya yang memakai kartu anda.
  4. Jika kita sudah memperoleh PIN, maka segeralah ganti PIN tersebut dengan PIN yang mudah diingat.

Demikian hal yang harus di perhatikan dalam menggunakan kartu kredit, semoga bermanfaat untuk anda semuanya.

 Baca juga pertimbangan saat akan mengajukan kredit mobil