Tips Membangun Brand Awareness Untuk Bisnis Anda

Membangun brand awareness merupakan hal wajib jika memang ingin produk atau usaha yang anda jalankan dapat benar-benar digandrungi dan selalu dicari oleh konsumen.

Brand awareness terbukti mampu menjaring konsumen baru ataupun mendapatkan pelanggan setia. Nah, skala apapun bisnis yang anda jalankan, brand awareness sifatnya sangat penting dan untuk membuat brand awareness tidak harus mahal, ada banyak jalan yang bisa ditempuh.

Harus di ingat, bahwa disini kita tidak membahas tentang kualitas produk, karena untuk melangkah ke brand awareness sudah harus dipastikan bahwa produk yang kita kenalkan ke konsumen haruslah benar-benar berkualitas sehingga ketika nanti dirasakan oleh konsumen sudah harus memuaskan.

Membangun Brand Awareness

Tujuan Membangun Brand Awareness?

Brand awareness sering diartikan sebagai kesadaran seseorang (konsumen) terhadap suatu merek. Pelaku usaha atau perusahaan selalu membuat brand awareness agar merek (nama) yang mereka jual dapat di ingat oleh konsumen.

Lebih dari itu, hakikatnya perusahaan membuat brand awareness agar mereka bisa menjadi ‘referensi’ belanja untuk setiap kategori produk tertentu.

Agar lebih mudah memahami apa itu brand awareness anda bisa bertanya kepada diri anda sendiri sebagai konsumen. Di setiap kategori produk pasti ada merek-merek tertentu yang anda yakini itu adalah yang terbaik, mulai dari merek air minum kemasan, merek mesin, merek semen, merek komputer dan masih banyak lainnya.

Semakin tinggi tingkat brand awareness akan suatu produk, maka itulah yang kemungkinan besar paling laris di pasaran (menjadi pilihan).

Kiat Praktis Membangun Brand Awareness

Kalau melihat pandangan dari para ahli, ada banyak sekali jalan yang bisa ditempuh untuk membangun sebuah brand awareness.

Tergantung dimana posisi anda saat ini berdiri dan sejauh mana produk anda sudah dikenal oleh masyarakat. Mungkin anda juga perlu melakukan survey agar lebih yakin dimana posisi produk anda sekarang ini.


Berikut adalah beberapa kiat yang bisa anda lakukan untuk membangun ataupun memupuk brand awareness.

Berusahalah Terus Berkomunikasi dengan Konsumen

Inti komunikasi dalam ilmu pemasaran bisa dimaknai sebagai promosi. Mengenai jalurnya anda bisa memilih satu atau dua atau bahkan semua media promosi yang ada.

Contohnya anda bisa membangun brand awareness melalui media sosial dan website. Jika anda memilih jalur online, pastikan untuk menanggapi semua respon dari konsumen atau calon konsumen. Jangan sampai ada satupun yang terlewat, apalagi jika respon tersebut sifatnya adalah publik (bisa dibaca oleh konsumen lain).

Jika memungkinkan, mintalah izin kepada konsumen untuk menerima update informasi menarik seperti diskon atau harga promo seputar produk yang anda jual dengan mereka sepakat menjadi subscriber.

Baca Juga Jajal Tempat Promosi Produk UKM Online Ini Agar Cepat Berkembang

Bangun Keterikatan Emosional

Membangun keterikatan emosi dengan pelanggan sangat penting, apalagi jika brand anda masih tergolong baru. Anda bisa berbagi informasi, tips, dan trik seputar produk yang anda jual.

Anda juga bisa memberikan merchandise untuk setiap produk yang anda jual. Banyak yang mempraktikkan ini dan terbukti berhasil.

Contohnya adalah mainan anak-anak yang disertakan dalam pembelian sepatu anak. Meskipun ketika membeli sepatu tersebut orang tua tidak mau tahu tentang merek sepatu tersebut, pada akhirnya orang tua pasti akan mencari tahu karena anaknya senang dengan merchandise yang didapatkan.

Baca Juga Definisi Branding dan Langkah Untuk Menjalankannya

Pilih Konten Promosi yang Masuk Akal

Sepeti yang telah disinggung diatas, untuk berkomunikasi dengan konsumen juga harus masuk akal. Jangan sampai terlalu over dan mengada-ada. Pilihkan kalimat yang sifatnya memberikan informasi kepada calon konsumen agar mereka tertarik. Jika memang diperlukan anda harus mencari seorang influencer yang mampu mewakili keunikan produk yang anda tawarkan.