Tips Memanjakan dan Memenangkan Hati Konsumen Toko Online

Jika anda sempat belajar tentang ilmu pemasaran, pasti sudah pernah mendengar istilah psikologi marketing, dimana fokusnya adalah bagaimana cara mempengaruhi emosi serta tindakan konsumen dalam memandang produk yang anda jual, semua bisnis melakukan trik ini.

Untuk memenangkan hati konsumen toko online yang saat ini anda kelola, caranya kurang lebih sama yaitu dengan memakai strategi yang tercakup dalam psikologi marketing.

Berikut adalah beberapa tips praktisnya.

Memenangkan Hati Konsumen Toko Online

Respon Penjual Adalah Segalanya

Prinsipnya sama dengan ketika anda bertanya tentang suatu produk kepada penjual secara langsung. Cara memenangkan hati konsumen toko online, beri respon dalam waktu kurang dari 5 menit. Semakin cepat semakin baik.

Konsekuensi 24 Sehari dan 7 Hari Seminggu Itu Serius!

Sesuai dengan challenge bisnis era digital itu sendiri, harapan konsumen bisa belanja kapan saja, dimana saja dan dari mana saja. Oleh karena itu, jika anda sudah berdedikasi untuk bisnis online tingkatkan terus waktu pelayanan bisnis atau toko online anda hingga benar-benar mampu memberikan pelayanan 24 sehari dan 7 hari seminggu.

Kemasan Menarik

Anda bisa mempercantik produk dengan menambah kemasan menarik selain kemasan luar (packing). Contohnya adalah kemasan ramah lingkungan (eco-friendly packaging) seperti bungkus yang terbuat dari anyaman bambu, bio-foam ataupun karton.

Sebuah Sticker Kecil Untuk Sentuhan Personal

Meski harga benda ini sejatinya sangat murah, anda bisa menyulapnya menjadi sebuah sentuhan personal dengan desain dan kata-kata menarik. Jangan lupa untuk lebih mengenalkan citra toko online anda atau brand awareness pada sticker tersebut agar konsumen bisa mengingat dengan mudah.


Beri Konsumen Sebuah Urgensi

Beri konsumen sebuah alasan bahwa berbelanja di toko online anda itu memang benar berbeda dari toko online lain. Selain kecepatan respon, kenyamanan, komunikasi, dan kualitas produk anda bisa memberi mereka sebuah jaminan. Misalnya, “jika barang yang diterima rusak, tidak sesuai deskripsi, anda bisa retur gratis” Pastikan anda konsekuen dengan urgensi yang anda tawarkan, apa saja bentuknya.

Tetap Komunikatif Disaat Ada Komplain

Meski kesalahan bisa diminimalisir hingga 99%, manusia tetap manusia dan dalam strategi bisnis kendala-kendala tersebut seharusnya sudah anda antisipasi dengan yang namanya pengelolaan resiko. Di saat ada komplain dari konsumen, sebagai seller profesional anda harus tetap tenang dan mencari solusi terbaik.

Baca Juga Artikel :

Tips Khusus Buat Anda yang Pakai Website

Memiliki website untuk mengelola toko online bagi sebagian orang adalah sebuah impian serta kebanggaan. Performa website sangat fleksibel dan bisa diatur sesuai keinginan pemiliknya.

Nah dalam kaitannya dengan psikologi marketing, jika anda mengelola website untuk toko online sebaiknya perhatikan poin-poin berikut ini:

  • Semua yang anda tampilkan dalam website (terutama dalam deskripsi produk) adalah cerminan dari kualitas produk yang anda jual. Jelaskan dengan sangat detail dan hindari kata-kata ambigu atau bias. Hal ini sangat penting karena hampir semua konsumen online memiliki sifat mandiri, yakni mereka lebih memilih untuk mempelajari terlebih dahulu sampai yakin dan mengambil keputusan untuk beli.
  • Hindari fitur yang kelihatannya menarik tapi tidak fungsional
  • Hadirkan juga website anda dalam sebuah aplikasi smartphone. Contonya anda bisa mengembangkan aplikasi android berbasis WebView.
  • Pastikan sistem pembayaran (checkout) tidak berbelit-belit
  • Pertimbangkan juga sistem penghargaan kepada konsumen loyal. Anda bisa memulainya dengan cara yang sangat sederhana, contohnya adalah memberikan harga spesial untuk konsumen yang bersedia mendaftar sebagai member. Anda juga bisa memperluas arti member (keanggotaan) dengan sistem hirarki (silver, gold, diamond, dan sebagainya).

Demikian sedikit hal tentang cara praktis memenangkan hati konsumen toko online yang bisa anda terapkan mulai sekarang juga.

Semoga bermanfaat.