Tips Langkah Awal Membuka Usaha Sendiri

Dewasa ini sangat sulit untuk mencari pekerjaan. Meskipun banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tetap saja jumlah pengangguran tidak sebanding dengan lowongan kerja.

Atas alasan inilah diperlukan pola pikir untuk membuka usaha sendiri. Membuka usaha mandiri memang tidak mudah. Diperlukan beberapa kiat khusus agar upaya anda tersebut tidak sia-sia. Memang perlu perencanaan yang matang agar semua yang ditargetkan dapat tercapai dengan baik.

Dan berikut ini adalah beberapa tips langkah awal membuka usaha sendiri.

1. Lakukan Analisa Jenis Usaha

Analisa adalah langkah awal yang sangat menentukan masa depan bisnis anda. Untuk membuka usaha dari nol yang perlu anda perhatikan adalah menganalisa jenis usaha yang sesuai dengan minat dan bakat anda. Bahkan, akan lebih baik lagi apabila usaha anda tersebut berdasarkan pengalaman dan keahlian khusus. Untuk melihat potensi usaha yang anda dirikan anda bisa melakukan penjajakan awal atau soft marketing. Dengan harapan anda dapat melihat minat pasar terhadap usaha anda tersebut.

langkah awal membuka usaha sendiri

Advertisement

2. Melakukan perencanaan atau konsep

Perencanaan adalah setengah perjalanan bisnis. Untuk membuka usaha sendiri anda perlu merencanakan segala hal yang dibutuhkan. Hingga konsep yang akan dikerjakan pun harus matang pada awal kali membuka. Hal ini bermanfaat untuk melihat dana yang akan anda perlukan. Hingga apa saja yang perlu dilakukan dan apa tujuan membuka usaha nantinya. Dan jika anda tidak ingin sibuk dengan perencanaan anda bisa memanfaatkan model usaha waralaba. Dengan menghubungi pengusaha waralaba maka anda akan lebih mudah untuk memulai usaha anda.

Baca artikel Jenis Usaha Waralaba Dengan Modal Kecil

3. Sediakan modal usaha

Untuk urusan modal sangat tergantung pada konsep usaha yang akan dibuka. Jika usaha tersebut merupakan usaha menengah ke atas tentu akan berbeda dananya dengan usaha yang kecil. Namun, untuk proses awal akan lebih baik apabila anda menyiapkan modal yang cukup. Jika anda yakin memiliki konsep usaha yang unik, anda bisa mengajukan dana ke bank. Atau anda juga bisa menghubungi rekan untuk bekerja sama dalam masalah pendanaan. Namun, jika tidak memungkinkan juga, anda bisa menghubungi keluarga anda untuk mewujudkan bisnis yang anda inginkan.