Tips Dipercaya Konsumen Dalam Berjualan Online

Kepercayaan dalam berjualan secara online sangatlah memegang peranan penting, sebabnya dalam melakukan transaksi konsumen diwajibkan melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum barang bisa di kirim. Tentu saja yang menjadi pertanyaan konsumen apakah setelah di bayar barang nya di kirim atau tidak ?

Bukan hanya itu, konsumen yang berbelanja di toko online tentu saja hanya melihat kodisi fisik barang yang akan di beli melalui sebuah gambar atau foto. Mereka tidak dapat mengetahui secara langsung dan detail kualitas dari barang tersebut, apakah bahannya berkualitas, apakah ukuran sesuai, apakah barang yang dikirim sesuai dengan pesanan, dan lain-lainnya.

Mereka hanya mengandalkan informasi produk tersebut dari tulisan dan pembicaraan penjual saja. Maka dari itu untuk pembeli yang belum terbisa beberbelanja secara online akan sulit untuk melakukan transaksi seperti itu, Mereka akan berfikir berkali-kali untuk melakukannya.

Untuk itu jika anda berprofesi sebagai pebisnis toko online harus bisa membangun kepercayaan tersebut, agar bisa di percaya konsumen. Bagaiman caranya agar konsumen mau melakukan transaksi di toko online anda, berikut ada beberapa tips yang bisa membantu menumbuhkan kepercayaan calon konsumen dalam berbelanja :

Baca juga artikel Hal Yang Penting Diperhatikan Saat Akan Membuka Toko Online

Terapkan Layanan Toko Online Profesional

Banyak diantaranya contoh toko online ternama yang namanya tidak asing lagi di dunia internet, sebut saja Lazada, Zalora, Bhineka dan sebagainya. Tentu saja nama-nama tersebut sudah memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dari para calon konsumennya.

tips dipercaya konsumen dalam bisnis online

Kita bisa mencontoh pelayanan yang mereka berikan kepada calon konsumen seperti diantaranya :

  1. Website yang terlihat profesional
  2. Mudah untuk di hubungi
  3. Garansi produk yang di jual
  4. Informasi lengkap pada setiap produk
  5. Testimonial dari konsumen yang sudah berbelanja.

Dan masih banyak lagi yang lainnya, tapi secara garis besar jika kita menjalankan poin-poin diatas itu sudah cukup untuk menumbuhkan kepercayaan calon konsumen untuk berbelanja di toko online kita. Mari kita bahas satu persatu :

  • Tampilan Website Profesional

Kesan pertama konsumen dalam berbelanja secara online adalah tampilan toko online yang sedang di akses, website yang terlihat menarik, modern dengan penataan katalog produk yang rapih akan membuat konsumen merasa nyaman dalam berbelanja online.

Advertisement

Hindari membuat website dengan tampilan seadanya, asalkan katalog produk dapat terlihat saja, atau bahkan dengan hanya menggunakan website gratisan. Jangankan mendapatkan kepercayaan konsumen, pengunjung pun tidak akan betah berlama-lama mengakses toko online seperti ini.

  • Mudah Dihubungi Konsumen

Jika sudah mendapatkan produk yang di incarnya umumnya konsumen akan langsung mencari kontak yang bisa mereka hubungi. Untuk itu kita sebaiknya menyediakan line kontak yang lengkap serta merespon dengan cepat jika ada yang membutuhkan informasi sebuah produk.

Sekarang ini terdapat berbagai macam cara media untuk berkomunikasi seperti misalnya saja yang umum di gunakan adalah SMS, Email, BBM, Whatsapp, YM, Line, hingga melakukan telefon dan live chat langsung. Dengan menyediakan berbagai macam media tersebut akan memudahkan konsumen yang akan bertransaksi.

Tidak kalah penting juga respon dari oprator yang menerima pertanyaan, semakin cepat respon tersebut akan menunjukan bahwa toko online kita adalah profesional.

  • Garansi Produk

Untuk memberikan kepercayaan kepada konsumen dalam hal kualitas produk yang kita jual, sebaiknya kita menerapkan garansi pada setiap produk yang kita jual. Bahkan ada beberapa toko online yang berani memberikan garansi bukan hanya jika barang tersebut rusak karena kesalahan penjual atau tidak sesuai dengan informasi di website, produk tidak di sukai pun bisa di kembalikan atau di retur.

Hal ini tentu saja akan memberikan penilaian yang tinggi dalam faktor kepercayaan dan kepuasan konsumen, Membuat konsumen merasa aman dalam melakukan pembelian.

  • Informasi Produk Lengkap

Spesifikasi produk haruslah jelas dan lengkap di ketahui oleh konsumen, agar lebih mendorong mereka untuk melakukan transaksi pembelian. Seperti misalnya dalam produk pakaian, tidak hanya spesifikasi bahan yang di gunakan, informasi ukuran juga harus jelas dan akurat, sehingga konsumen yang memesan mendapatkan barang yang sesuai di kenakan.

  • Testimoni Pelanggan

Testimoni kepuasan konsumen yang sudah berbelanja di toko online kita, harus diperlihatkan kepada setiap pengunjung website. Baik itu berupa teks, foto atau pemberian rating pada setiap produk berdasarkan kepuasan konsumen.

Untuk mendapatkannya kita bisa meminta secara langsung kepada konsumen yang sudah order, mereka umumnya tidak akan berkeberatan jika produk yang di beli memang benar-benar memuaskan.

Baca juga artikel Produk Paling Laris Dijual Di Online Shop