Tips Dan Strategi Jitu Jualan Laris Di Tokopedia

Untuk menjalankan bisnis di internet saat ini cukup banyak cara yang bisa di lakukan, seperti dalam bidang berjualan online, salah satunya adalah dengan berdagang di pusat jual beli online atau istilahnya marketplace yang populer di dunia maya. Sebelumnya bagi yang belum mengenal apa itu marketplace, secara singkat dapat di artikan sebuah tempat berkumpulnya para pedagang yang menjajakan berbagai macam produk di internet. Jadi dapat di umpamakan juga layaknya mall pada dunia nyata, sehingga berjualan di tempat seperti sangat potensial untuk menghasilkan keuntungan yang besar.

Tokopedia sendiri menjadi salah satu marketplace yang populer di Indonesia, tidak terhitung banyaknya produk-produk yang di tawarkan di sana, begitupun jumlah penjualnya, sehingga sampai saat ini tokopedia menjadi salah satu tempat yang di rekomendasikan untuk menjalankan jualan secara online.

Namun begitu sesuai hukum pasar, jika salah satu pusat pembelanjaan telah populer di pilih konsumen maka para penjualnya pun seiring waktu akan terus bertambah. Dan tentu saja secara otomatis persaingan pun akan terjadi semakin ketat. Tidak sedikit juga satu jenis produk di tawarkan sekaligus oleh beberapa pedagang yang sama, jika sudah begitu maka akan di perlukan strategi-strategi khusus agar mendapatkan perhatian dari pelanggan, jika tidak tentu produk kita akan sulit laku terjual.

Untuk itu jika anda berniat atau telah menjadi penjual di tokopedia dan sedang mencari tips atau strategi jitu berjualan agar produknya laris di sana, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Tampilkan Toko Agar Meyakinkan Pelanggan

Tips Jualan Laris Di Tokopedia

Khusus di tokopedia kita akan di fasilitasi sebuah toko layaknya lapak berjualan di dunia nyata. Toko tersebutlah yang akan menjadi identitas utama kita berjualan, maka tampilan toko ini tidak boleh di buat sembarangan. Sebisa mungkin tampilan kita buat agar bisa meyakinkan dan menarik calon konsumen untuk berbelanja di toko kita.

Salah satu caranya adalah dengan menampilkan konsep toko yang sesuai dengan target pelanggan, kita bisa berkreasi dengan memasang banner, logo yang memiliki ciri khas tersendiri. Serta penting juga untuk menyertakan slogan, deskripsi, kontak, serta berbagai informasi atau catatan yang meyakinkan. Dari sinilah awal mula pembeli akan menilai bagaimana reputasi toko yang akan di pilihnya.

Tatanan toko juga akan bisa memudahkan calon pembeli untuk mencari produk yang di butuhkan, ya.. karena di tokopedia penjual pun di lengkapi dengan fitur etalase layaknya di sebuah toko nyata untuk memajang produknya. Di sini serapih mungkin kita bisa tata produk agar jelas dan memudahkan konsumen.

Manfaatkan Berbagai Promosi Yang Di Sediakan

goldmer

Selanjutnya strategi penting yang harus di lakukan untuk berjualan di tokopedia agar produk cepat laku terjual adalah dengan rajin berpromosi pada fitur yang di sediakan. Seperti pada bidang bisnis apa saja, saat kita tidak melakukan langkah promosi tentunya akan sulit mendapatkan pembeli, terlebih jika persaingan begitu ketat di dalamnya.

Di tokopedia sendiri sebetulnya cukup lengkap langkah promosi yang bisa ditempuh penjual. Dari yang gratisan, hingga berbayar. Tentunya kita bisa memperkirakan bukan, promosi berbayar pastilah akan lebih efektif dan menguntungkan. Seperti misalnya program Gold Merchant yang di sediakan pengelola tokopedia, dengan menggunakan fitur ini toko kita akan mendapat berbagai kelebihan. Diantaranya mendapatkan stempel khusus yang hanya di miliki pengguna gold merchant yang bisa menjadi poin lebih untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Juga mendapatkan fasilitas lebih lengkap untuk kemudahan menganalisa statistik pekembangan, penjualan, dan analisa pasar di tokopedia.

Dan yang lebih penting lagi dengan bergabungnya kita dalam gold merchant adalah adanya fitur TopAds yang sangat berguna agar produk kita mudah di temukan calon pelanggan. Dengan fitur ini produk kita pilih bisa tampil secara langsung di halaman paling depan saat konsumen mencari barang yang di butuhkannya, sehingga sampai saat ini fitur TopAds menjadi yang paling efektif untuk bisa menghasilkan penjualan.

Namun begitu, aneka sistim promosi lainnya yang disediakan juga akan dapat membantu membuat jualan kita semakin laris di tokopedia. Seperti misalnya fitur promo/Dink it, bagikan produk di media sosial, dapat kita tempuh agar menjaring lebih banyak pelanggan.

Interaksi Dan Respon Cepat Kepada Calon Pembeli

ulas

Jika di toko nyata interaksi dan respon kepada pembeli ini tentunya akan terjadi secara langsung karena saling bertatapan, sangat berbeda jika kita berjualan secara online yang interaksi ini hanya bisa di lakukan melalui media perpesanan yang di sediakan. Maka respon yang cepat kepada calon pembeli harus mutlak di lakukan, jika tidak pastinya mereka akan berpaling ke penjual lainnya.

Di Tokopedia sebagai media kita berinteraksi kepada pelanggan dapat di lakukan dengan berbagai cara, seperti adanya fitur diskusi produk, ulasan dan pesan inbox. Selain itu kita pun bisa mencantumkan info nomer kontak yang bisa di hubungi pelanggan. Dari berbagai media interaksi tersebut, sebagai penjual yang baik wajib kita jawab berbagai pertanyaan dengan cepat dan jelas agar tidak kehilangan pelanggan.

Dan yang penting lagi karena pada setiap produk yang kita jajakan terdapat kolom ulasan dari pembeli yang pernah memesan, maka reputasi kita sebagai penjual juga tercermin dari sini. Ulasan positif dari pelanggan tentunya bisa menarik secara efektif calon pembeli lainnya, sebaliknya ulasan negatif dapat berdampak buruk terhadap reputasi kita sebagai penjual.

Baca juga artikel :

Itulah beberapa informasi mengenai tips jualan di tokopedia dan juga strategi agar produk laris terjual disana. Semoga bermanfaat dan sukses untuk kita semua…