Tips Dan Cara Sukses Mewaralabakan Usaha

Salah satu cara yang dapat di tempuh untuk mengembangkan sebuah usaha adalah dengan cara mewaralabakannya atau memfranchisekan kepada pihak lain, Ini merupakan salah satu langkah yang tercepat untuk memperbesar usaha kita. Dengan banyaknya para pencari peluang usaha tentunya tidak akan sulit untuk mendapatkan pihak yang ingin menjadi mitra, dengan syarat usaha waralaba yang kita tawarkan benar-benar telah teruji dan menguntungkan.

Bisnis waralaba banyak di pilih dikarenakan kepraktisannya untuk di jalankan oleh siapa saja, dari kelas pemula hingga pebisnis berpengalaman. Tingginya resiko untuk membuka usaha baru sendiri akan bisa sedikit dikurangi dengan memilih usaha sistim waralaba atau franchise ini.

Maka pebisnis yang akan mewaralabakan usahanya akan sangat di cari masyarakat, buktinya sudah banyak bisnis waralaba yang berhasil mendulang keuntungan yang besar, bahkan hingga ratusan gerai berhasil di buka dengan sistim mewaralabakan usahanya, untuk itu perlu kita pikirkan langkah untuk sukses dengan cara ini.

Dan berikut ini ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk dapat mewaralabakan usaha kita :

1. Usaha Harus Berpotensi

Dapat kita perhatikan sekarang ini, usaha yang paling berpotensi untuk di waralabakan adalah jenis usaha makanan dan minuman, meski ada beberapa bidang usaha lainnya yang sukses juga, namun yang paling banyak tetap usaha bidang kuliner.

Dan itupun tidak semua jenis makanan dan minuman bisa di waralabakan, untuk sekarang trend nya sedang kepada jenis makanan dan minuman ringan yang paling cepat berkembang, sebut saja waralaba kebab, minuman buble, teh dan kopi, burger dan lain sebagainya.

Meski begitu tidak menutup kemungkinan untuk produk lain jika ingin menempuh langkah ini, asalkan memungkinkan dalam hal pendistribusian berbagai bahan untuk pihak pembeli waralaba, serta pelayanan lainnya. Usahakan usaha yang kita tawarkan memiliki nilai unik dan baru agar dapat meraih konsumen.

 Cara Mewaralabakan Usaha

Advertisement

Baca juga Peluang Usaha Minuman Es Cappucino Cincau dan Randol Radja Cendol Kreasi Minuman Terbaru

2. Usaha Sudah Berjalan Dan Menguntungakan

Konsumen tidak akan begitu tertarik membeli bisnis waralaba jika usahanya belum jelas atau brand belum di kenal. Karena yang mereka cari adalah kepastian bahwa bisnisnya bisa laku di pasaran. Maka dari itu kita harus bangun terlebih dahulu usaha yang kita jalankan hingga benar-benar menghasilkan kuntungan dengan stabil setiap waktu.

3. Mudah Dijalankan

Penting juga untuk menseting agar usaha dapat dijalankan dengan mudah, karena akan menjadi nilai tambah bagi pembeli kemitraan. Atur agar pelaksanaan usaha sepraktis mungkin, juga jalur pendistribusian barang-barang pelengkap seperti bahan baku yang selalu tersedia dan mudah di dapat, serta jika di perlukan program pelatihan keterampilan atau training yang dapat diajarkan dengan mudah. Itu akan sangat menjadi pertimbangan pihak terwaralaba untuk memilih usaha kita.

4. Berikan Dukungan

Menjalankan bisnis dengan sistim waralaba berarti harus selalu tersedia dukungan dari pihak yang mewaralabakan hingga jangka panjang. Maka kita harus bisa meyakinkan bahwa dukungan tersebut akan selalu tersedia bagi mereka.

Caranya kita harus bertahap mencari konsumen, misalnya dengan menawarkan usaha waralaba kita kepada konsumen yang berada sewilayah dengan kita terlebih dahulu. Bangun dengan baik hubungan dengan mereka, jika sudah berjalan dengan baik bisa kita jadikan bukti kepada konsumen lainnya.

5. Buat Izin Waralaba

Akan lebih baik jika usaha yang kita waralabakan telah memiliki izin resmi dari pemerintahan, agar lebih memudahkan dalam hal pemasaran. Untuk menempuh langkah ini pun tidak terlalu sulit karena banyak pihak ketiga yang menawarkan jasa kepengurusan surat tersebut.

Baca juga artikel Jenis Usaha Waralaba Dengan Modal Kecil