Tips Cerdas Berbelanja Di Supermarket

Menjamurnya tempat perbelanjaan seperti supermarket dan minimarket sekarang ini, bisa memberikan nilai kelebihan serta kekurangan pada kita sebagai masyarakat yang sering berbelanja di sana. Kelebihannya tentu saja kegiatan berbelanja sekarang semakin mudah dan cepat, tidak lagi harus meminta kepada pedagang beli ini beli itu, sekarang ini kita hanya tinggal ambil sendiri pada rak yang tersedia, berbagai macam kebutuhan sudah tersedia lengkap.

Namun di balik kemudahan itu semua, ada beberapa kekurangan yang bisa terjadi saat kita berbelanja di pusat perbelanjaan tersebut. Seperti misalnya saja, harga barang yang dipatok sudah pas alias tidak bisa di tawar seperti di pasar tradisional. Selain itu juga jika kita tidak bisa mengontrol pembelanjaan dengan baik, malah sering terjadi biaya untuk kegiatan belanja menjadi semakin boros.

Untuk mengatasi kekurangan kedua yang di sebutkan di atas, kita perlu mengatur strategi berbelanja agar terhindar dari pemborosan. Caranya sebagai berikut tips cerdas berbelanja di supermarket :

1. Fokus Kepada Barang Yang Di Perlukan

cerdas berbelanja di supermarket

Penyebab utamanya kita menjadi lebih boros akibat berbelanja di supermarket adalah terlalu mudahnya kita mengambil barang sehingga tidak terasa barang yang tidak di perlukan ikut terambil juga. Tentunya siapapun orangnya akan terlena melihat barang yang di jajakan di pusat-pusat perbelanjaan seperti itu, sehingga sering kali secara spontan kita mengambil barang yang sebelumnya tidak pernah di rencanakan untuk di beli.

Maka penting sebelum pergi berbelanja ke supermarket kita buat daftar belanja barang yang di perlukan terlebih dahulu. Dan di tempat belanja sebisa mungkin kita ikuti rencana pembelian barang yang sudah tertulis, jangan tergoda dengan melihat-lihat barang yang tidak ada dalam daftar belanja.

Advertisement

2. Atur Frekuensi Berbelanja

Tips selanjutnya adalah, mengatur waktu berbelanja ke supermarket atau minimarket. Karena sekarang ini saking banyaknya tersedia tempat berbelanja modern ini, hingga setiap daerah tidak ada yang terlewati dengan keberadaannya. Seringkali kita menjadi terlena karena jarak supermarket yang dekat, bolak-balik setiap hari mendatanginya seolah sudah biasa.

Padahal dengan seringnya hal itu dilakukan, potensi untuk tergoda membeli barang di luar daftar belanjaan seperti di bahas pada poin pertama, menjadi semakin besar.

Maka jika memungkinkan, akan lebih baik jika melakukan belanja ke supermarket dengan sistim sekaligus untuk kebutuhan jangka agak panjang. Misalnya saja sekaligus berbelanja kebutuhan untuk beberapa minggu ataupun bulan. Dengan begitu, setidaknya kita bisa mengurangi frekuensi mendatangi tempat pembelanjaan. Dan potensi mengambil barang yang tidak di perlukan menjadi lebih kecil.

Baca juga kiat merencanakan tabungan keuangan untuk masa depan

3. Bijak Memilih Produk Diskon

Produk diskon di supermarket sengaja di buat untuk menarik pengunjung untuk mendatanginya, kita pun akan sangat terbantu jika kebetulan barang yang di butuhkan sedang ada dalam program diskon tersebut, karena biaya belanja bisa sedikit berkurang.

Namun apa jadinya jika barang yang di diskon itu, belum begitu kita butuhkan, Misalnya saja sebab masih tersedianya stok di rumah. Apakah lantas kita harus membelinya juga. Dalam hal inilah kita harus bisa bijak menentukan, apakah tidak ada keperluan untuk barang lain jika uangnya kita belikan produk diskon tersebut, Sehingga nantinya pengeluaran anda menjadi semakin membengkak.

Baca juga artikel cara bijak berhemat pengeluaran bulanan