Tips Cerdas Agar Terhindar dari Krisis Keuangan

Tidak sedikit orang yang pernah mengalami kondisi krisis keuangan dalam hidupnya, kondisi tersebut bisa terjadi oleh karena berbagai sebab. Dari mulai karena kehilangan penghasilan pokoknya, terjerat hutang, ataupun tertimpa musibah. Kondisi tersebut tentunya akan sangat mempengaruhi stabilitas keuangan, bahkan tak jarang hingga ada yang mengalami kebangkrutan.

Situasi diatas tentunya sangat tidak inginkan untuk dialami, oleh karena itulah sebaiknya disaat kondisi keuangan sedang sehat-sehatnya ada baiknya kita melakukan langkah antisipasi untuk mengatasi situasi genting.

Beberapa cara berikut ini mungkin saja dapat kita terapkan untuk membantu terhindar dari krisis keuangan.

Tips Cerdas Agar Terhindar dari Krisis Keuangan

Selalu Perhatikan Pemasukan Dan Pengeluaran

Bisa dengan membuat sebuah catatan kecil yang memuat berapa jumlah pemasukan penghasilan dan berapa juga jumlah pengeluaran setiap bulannya. Hal ini penting untuk selalu diketahui, sehingga kita bisa selalu mengawasi jika terdapat pengeluaran yang membesar ataupun jika kita terlalu boros.

Pasalnya salah satu penyebab terjadinya krisis keuangan ialah karena tidak pandai dalam menyisihkan penghasilan dan juga karena pengeluaran yang tidak terkontrol, bukan karena besar kecilnya penghasilan yang didapatkan.

Buat Anggaran Pengeluaran Rutin Setiap Bulan

Menyiapkan anggaran untuk pengeluaran rutin seperti biaya listrik dan air, biasa telepon, biaya kebutuhan rumah tangga dan lain sebagainya. Dengan adanya anggaran tersebut kita akan dapat memperkirakan kebutuhan keuangan bulanan sejak dini. Dan selanjutnya tentu saja kita harus disiplin dalam menjalankan rencana anggaran tersebut.


Menyisihkan Pendapatan dengan Teratur

Menyisihkan pendapatan untuk di tabung dengan teratur setiap bulannya merupakan suatu langkah yang sangat efektif untuk menghindari krisis keuangan. Jika belum terbiasa, melakukannya akan terasa cukup sulit. Namun bagaimanapun sulitnya harus tetap dilakukan, bahkan di saat kita memiliki kewajiban melunasi pinjaman.

Baca Juga Kiat Merencanakan Tabungan Keuangan Untuk Masa Depan

Berinvestasi Pada Barang yang Mudah di Uangkan

Untuk mempermudah disaat nanti kita membutuhkan dana mendadak, ada baiknya jika ingin berinvestasi pilihlah pada barang yang mudah di uangkan. Misalnya saja seperti membeli emas batangan, tabungan deposito dan lain sebagainya.

Selain itu kita perlu waspada jika ingin berinvestasi pada produk yang memiliki resiko kerugian seperti saham dan sejenisnya. Sebaiknya jika belum memiliki pengalaman yang cukup, perlu adanya seorang pendamping yang paham seluk beluknya.

Baca Juga Aplikasi Android Pengelola Keuangan yang Mudah di Gunakan

Biasakan Jalankan Gaya Hidup Hemat

Pada umumnya kita menjalankan hidup hemat disaat kondisi keuangan sudah mulai terlihat tidak sehat, hal ini lazim terjadi pada banyak orang. Padahal justru sebaiknya berhemat yang benar adalah disaat keuangan kita sedang normal, sehingga kondisi krisis keuangan dapat dihindari.

Untuk memulai membiasakannya dapat dilakukan kepada hal-hal kecil terlebih dahulu, seperti misalnya menghemat penggunaan listrik, air, telepon dan lain sebagainya. Meski kecil nilainya, namun jika dilakukan secara rutin nilai uang yang dapat dihemat dalam waktu lama akan besar jumlahnya.