Tips Cara Membangkitkan Bisnis Dari Keterpurukan

Segala macam permasalahan sering terjadi di dalam perjalanan berbisnis, tidak jarang hingga mengalami keterpurukan yang sulit untuk bisa bangkit kembali. Sebetulnya itu satu hal yang umum terjadi di setiap bidang usaha, namun sebagian pelaku usaha biasanya akan mengalalami kecemasan, hingga stress yang cukup berat.

Banyak hal yang membuat usaha mengalami masalah hingga ekonomi ikut terpuruk ini, bisa saja dari kesalahan yang dibuat sendiri ataupun akibat dari luar atau orang lain. Masalah yang di akibatkan dari diri sendiri seperti contohnya terlalu besar pengeluaran hingga mengakibatkan habisnya modal usaha, terlilit hutang, lengah hingga menejemen perusahaan tidak terkontrol, tidak fokus menjalankan usaha, dan lain sebagainya.

Sedangkan akibat dari luar seperti misalnya saja kalah dalam persaingan bisnis, akibat penipuan dari oknum yang tidak bertanggung jawab, hingga akibat dari force majeure atau hal yang diluar kendali kita seperti gempa bumi, banjir, gunung meletus dan sebagainya.

Apapun itu kita sebagai pebisnis harus mempunyai mental yang kuat untuk menghadapi berbagai masalah di atas, dan harus bisa bangkit dari keterpurukan yang disebabkannya. Disamping dengan melakukan berbagai macam cara untuk mengatasinya, sebagai orang muslim yang beragama islam kita juga perlu berserah diri kepada allah swt yang berkuasa atas segala macam perkara dan meminta pertolongan darinya.

Adapun hal lainnya yang bisa di lakukan untuk mengatasi keterpurukan agar bisnis kita bisa kembali bangkit adalah sebagai berikut :

Selalu Berpikir Positif

bangkit dari keterpurukan bisnis

Jangan terlalu memiliki fikiran bahwa masalah yang kita hadapi adalah yang terberat, mesti selalu diingat bahwa ada banyak pebisnis yang memiliki masalah lebih berat lagi selain dari kita. Dengan begitu pikiran kita tidak akan terlalu terbebani, dengan harapan kita bisa melihat secara jernih masalah yang di hadapi.

Dengan memiliki pikiran yang jernih, kita bisa lebih baik untuk menentukan langkah selanjutnya. Hal ini akan sangat terbantu jika kita banyak berdoa meminta petunjuk dari allah swt, efek ketenangan dalam batin akan terbentuk dengan sendirinya.

Manfaatkan Apa Yang Dimiliki

Untuk mampu bangkit kembali dari keterpurukan, sebuah bisnis pastilah membutuhkan modal kembali agar proses penjualan dapat terjadi kembali. Disini kita harus teliti mengambil keputusan agar tidak salah melangkah. Jika kita masih memiliki uang simpanan atau aset yang bisa di jual, itu merupakan cara terbaik untuk mendapatkan kembali modal.

Advertisement

Meskipun akan terasa berat untuk menjual beberapa aset yang dimiliki akan tetapi itu lebih baik dari pada modal yang kita dapatkan dari hasil pinjaman. Terlebih jika pinjaman itu jenisnya terikat seperti dari bank yang sudah pasti membutuhkan jaminan, atau pinjaman dari seseorang yang terikat kontrak pengembalian dalam waktu dekat.

Yang di khawatirkan jika menggunakan pinjaman yang terikat, kita akan kesulitan dalam pengembalian sebabnya kondisi bisnis yang sedang terpuruk keutungan yang di hasilkan pun belum bisa stabil.

Pilihan lain jika tidak memiliki aset lagi adalah sebisa mungkin menggunakan modal dari hasil pinjamaan yang pengembaliannya tidak terlalu ketat, misalnya saja dari pinjaman sesama rekan atau saudara.

Baca juga artikel Cara Mencari Modal Usaha Kecil Tanpa Jaminan

Cari Partner Untuk Berbisnis

Cara ini di lakukan jika kita mentok untuk mencari modal keuangan. Dengan mencari partner atau mitra usaha yang memiliki modal dan bekerja sama bagi hasil, cara ini bisa menguntungkan karena usaha kita bisa berjalan kembali, meski hasil yang didapatkan kini harus di bagi.

Selain itu dengan adanya mitra bersama menjalankan usaha, beban usaha pun bisa di bagi dan kita terbantu dengan pemikiran-pemikiran lain dari mitra kita.

Terpenting kita harus slektif memilih partner bisnis, pilih yang benar-benar serius untuk menjalankan usaha bukan yang memiliki niat lain.

Jangan Tergoda Bisnis Bidang Lain

Sering kali saat terpuruk kita mencari cara dengan mengganti bidang usaha lain, ini sebisa mungkin harus di hindari. Sebabnya sebuah bisnis yang terpuruk berarti dengan kata lain sedang mengalami ujian, jika kita menyerah dengan berpaling ke bisnis lain, maka ujian pun bisa di bilang telah gagal dijalankan.

Dengan menjalankan bisnis lain tentu saja kita akan memulai lagi dari nol, ini berarti kita telah menyia-nyiakan waktu mempelajari bisnis sebelumnya. Dan bisnis baru itu pun sewaktu-waktu akan dihadapkan kembali dengan berbagai masalah lainnya.

Maka dari itu sebaiknya kita tetap fokus mengatasi masalah yang membuat terpuruknya bisnis yang kita jalani.

Evaluasi Kesalahan

Dengan menyadari kesalahan yang telah dilakukan sebelumnya sehingga usaha sampai ke kondisi terpuruk adalah sangat penting untuk perjalanan usaha kedepannya. Dengan mengevaluasi kembali kita bisa memperbaiki kesalahan yang terjadi, dan itu menjadi pengalaman yang tidak ternilai harganya.

Baca juga artikel Kenali Penyebab Kegagalan Bisnis Anda