Tips Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Macet

Kartu kredit saat ini sudah menjadi salah satu alat pembayaran yang mulai banyak digunakan masyarakat terlebih bagi mereka yang tinggal dikota-kota besar. Berbagai macam transaksi yang dapat dibayar menggunakan kartu kredit kini semakin beragam, dari mulai berbelanja di mall, makan di restoran hingga pembayaran belanja secara online.

Bahkan tidak sedikit gerai atau merchant yang menawarkan diskon khusus untuk para pelanggannya yang membayar menggunakan kartu kredit, hal tersebut tentunya semakin menarik masyarakat untuk memilikinya.

Apalagi lagi membayar dengan kartu kredit memang dirasa lebih praktis dibandingkan dengan membawa uang tunai, terlebih jika akan melakukan transaksi pembayaran yang cukup besar.

Namun begitu dalam menggunakan kartu kredit sebenarnya kita perlu melakukan beberapa perhitungan sebelumnya. Seperti mengatur pemakaian sesuai kemampuan membayarnya, karena bagaimana pun uang yang digunakan dengan kartu kredit adalah hutang.

Begitupun kita harus bijak saat menggunakannya, hendaknya jangan sampai menggunakan kartu kredit untuk pembayaran barang diluar kebutuhan. Pasalnya tidak sedikit juga saat ini para pemilik kartu kredit yang tidak mampu membayar tagihannya hingga hidupnya terlitit hutang berkepanjangan.

Jika sudah demikian mau tidak mau kita akan berhadapan dengan yang namanya penagih hutang dari pihak bank, bahkan lebih parahnya kita akan didatangi Debt Collector yang dikenal sering menagih dengan cara tidak ramah. Tentu saja kondisi tersebut sedikit banyak akan mengganggu rutinitas kegiatan sehari-hari.

Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Macet

Penyebab Tagihan Kartu Kredit Macet

Terdapat beberapa penyebab mengapa tagihan kartu kredit hingga tidak dapat diselesaikan pemiliknya.

Beberapa diantaranya ialah seringkali pengguna lalai menahan keinginannya untuk tidak melakukan gaya hidup konsumtif atau menghamburkan uangnya untuk keperluan yang tidak penting.

Selain itu seringkali limit kartu kredit juga jauh lebih besar dari kemampuan membayarnya dalam setiap bulan. Paling parahnya lagi ada juga mereka yang membuat kartu kredit dikarenakan untuk menutup masalah keuangan yang sudah dialami.

Beberapa faktor tersebut juga didukung dengan semakin maraknya pihak bank yang menawarkan produk kartu kreditnya secara mudah dengan di iming-imingi berbagai kelebihan seperti bebas biaya iuran kartu, limit kartu yang tinggi hingga tawaran bunga cicilan yang kecil.

Oleh karena itu sebaiknya lakukan banyak pertimbangan saat memutuskan akan membuat sebuah kartu kredit. Utamanya adalah menghitung kemampuan pendapatan kita yang akan dialokasikan untuk membayar tagihan kartu kredit setiap bulannya.

Sebagai gambaran, banyak disarankan besar pendapatan bulanan kita minimal dua atau tiga kali lebih besar dari tagihan kartu kredit setiap bulannya. Selanjutnya tidak kalah penting juga kita harus memilih bank penyedia kartu kredit yang menerapkan beban bunga pinjaman yang tidak memberatkan.


Baca Juga Tips Membuat Dan Menggunakan Kartu Kredit

Langkah Menyelesaikan Hutang Kartu Kredit

Jika saat ini anda telah terlanjur mengalami kondisi dimana tagihan kartu kredit tidak dapat terselesaikan. Beberapa tips cara melunasi hutang kartu kredit macet berikut ini mungkin saja dapat membantu meringankan masalah yang harus dihadapi.

  • Bicarakan Secara Baik-baik dengan Pihak Bank

Saat tunggakan tagihan telah terlewatkan beberapa bulan sudah pasti kita akan menerima berbagai peringatan dari bank perihal kapan pembayaran akan diselesaikan. Tak jarang mereka akan mendatangi rumah melakukan pertemuan secara langsung untuk membicarakan hal tersebut.

Kondisi tersebut bagaimanapun sebaiknya jangan kita hindari, karena hal tersebut bukannya akan menyelesaikan permasalahan sebaliknya malah akan menambah beban pikiran.

Upayakan untuk membicarakan secara baik-baik kondisi keuangan yang sedang kita hadapi. Umumnya merekapun akan mengerti jika kita menjelaskan permasalahan dengan cara ini.

Dari upaya tersebut harapan kita adalah pihak bank mau memberikan keringanan berupa penundaan atau pengurangan jumlah hutang serta opsi pembayaran yang disesuaikan dengan kemampuan.

  • Buat Rancangan Anggaran Untuk Pelunasan Hutang

Saat kesepakatan atau negosiasi dengan pihak bank telah dilakukan dan kita mendapatkan beberapa keringanan, sebaiknya mulailah untuk menghitung bagaimana caranya menyisihkan sejumlah uang dari pendapatan rutin yang didapat setiap bulan.

Mau tidak mau karena kondisi saat ini kita sedang mengalami krisis keuangan, upayakan untuk bisa lebih menghemat biaya kebutuhan lain agar dapat menyelesaikan komitmen penyelesaian hutang kartu kredit.

  • Mengeluarkan Uang Simpanan

Jika anda masih memiliki sejumlah dana cadangan berupa simpanan atau sejenisnya, mungkin saat ini adalah waktu yang tepat untuk menggunakannya. Meski sebetulnya uang simpanan anda tidak direncanakan untuk menyelesaikan tagihan hutang.

Pasalnya kondisi terjerat hutang seperti ini jika dibiarkan berlama-lama bukan tidak mungkin dapat memperburuk kondisi kehidupan anda.

Tidak hanya berupa uang, dana cadangan bisa saja didapatkan dengan cara menjual beberapa barang simpanan seperti kendaraan, properti barang investasi dan lain sebagainya.

  • Mencari Penghasilan Tambahan

Tentunya mengupayakan untuk mencari penghasilan tambahan bukanlah suatu perihal yang mudah. Disaat kondisi sedang tidak ada masalah pun sudah cukup sulit didapat apalagi saat kita mengalami masalah kondisi terlilit hutang.

Namun begitu langkah ini sebisa mungkin harus kita coba lakukan demi tersesaikannya kewajiban membayar hutang. Beberapa cara menghasilkan pemasukan tambahan misalnya dengan mencoba berbisnis online atau mencari kerja sampingan disaat tersedia waktu luang.

Baca Juga Beberapa Tips Sukses Cara Mengatasi Hutang

Itulah beberapa tips dari kami mengenai bagaimana melunasi hutang kartu kredit yang terlanjur macet, semoga dapat menjadi masukan yang bermanfaat.