Tips Berinvestasi Untuk Pasangan Keluarga Muda

Pernikahan sama artinya dengan mengawali babak baru dalam kehidupan berkeluarga. Karena itu, segala sesuatunya harus ditata ulang secara bersama oleh kedua pasangan, termasuk dalam membangun ekonomi keluarga.

Kesadaran untuk menyisihkan sebagian penghasilan dengan ditabung di bank, selama ini sudah menjadi pemikiran umum bagi pasangan keluarga muda. Hal tersebut memang baik untuk dilakukan, namun harus ditingkatkan dari hanya sekedar menabung menjadi berinvetasi. Sebab dengan melakukan investasi, ekonomi keluarga di masa depan tidak hanya dapat lebih tertata, tapi juga lebih meningkat.

Kekhawatiran akan datangnya musibah yang tidak disangka-sangka, seperti di-PHK, sakit atau kecelakaan, juga masa depan pendidikan anak-anak dapat diminalisir, karena ada sumber lain yang bisa dijadikan sandaran, terlepas dari penghasilan rutin yang diterima setiap bulan.

tips investasi pasangan keluarga muda

Berikut beberapa tips investasi bagi pasangan keluarga muda yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi:

Sadari Pentingnya Berinverstasi

Agar semangat dalam berinvestasi dengan mengalihkan sebagian dari kebutuhan belanja dan pengeluaran sehari-hari untuk disimpan dan selanjutnya dipakai sebagai modal, maka kesadaran berinvestasi harus benar-benar tertanam kuat di dalam hati.

Untuk menumbuhkan kesadaran tersebut maka harus dibangun sebuah visi kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang dari sisi ekonomi. Kondisi perekonomian yang lebih baik di masa depan tidak mungkin dapat dicapai jika hanya mengandalkan penghasilan yang diperoleh pada saat sekarang, karena peningkatan penghasilan seringkali dibarengi dengan tingginya tingkat inflasi dan kenaikan harga barang-barang.

Tabungan di bank pun juga tidak dapat diharapkan untuk memberikan tambahan pemasukan, karena bunga yang diberikan oleh bank rata-rata prosentasenya sangat rendah. Belum lagi harus dipotong dengan berbagai macam kebutuhan administrasi. Sehingga praktis tabungan di bank hanya mampu untuk mencukupi kebutuhan yang datangnya tidak disangka-sangka, seperti untuk berobat, untuk kebutuhan pendidikan anak, serta yang lain. Dengan memahami itu semua, maka akan tumbuh kesadaran pada diri pasangan muda untuk memulai berinvestasi.

Baca juga keuntungan berlipat dari investasi emas batangan

Tujuan Investasi

Bicarakan bersama tujuan investasi dengan pasangan. Hal ini dimaksudkan selain untuk memicu semangat berinvestasi, juga untuk membangun pengertian diantara pasangan suami istri tentang langkah-langkah investasi yang akan dilakukan. Mulai dari besarnya modal yang dibutuhkan berikut berapa persen dari penghasilan yang harus disisihkan, apa yang bisa diperoleh dari jenis investasi yang dipilih, sampai dengan risiko apa saja yang bakal dihadapi.

Sehingga dengan begitu dapat dikatakan bahwa investasi bagi pasangan keluarga muda, tidak hanya sekedar menyatukan persepsi dalam membangun perekonomian keluarga, tapi juga menyatukan hati dan pikiran mereka dalam membangun kehidupan berumah tangga yang lebih baik kedepannya.

Jenis Investasi Yang Beragam

Jangan hanya berinvestasi di satu jenis, tapi cobalah untuk melakukan investasi di berbagai macam aset. Sebab, di usia yang masih muda dengan mobilitas yang tinggi, tenaga dan pikiran harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengembangkan modal yang dimiliki.

Dengan berinvestasi di berbagai macam asset, keuntungan pertama adalah merosotnya salah satu aset akan dapat ditutupi atau diback up oleh aset yang lain. Keuntungan yang kedua bisa belajar dari berbagai jenis investasi yang diikuti, namun begitu belajar bukan berarti harus rugi, tapi harus siap untuk rugi, karena risiko rugi adalah bagian yang tidak terpisahkan dari investasi.

Demikian beberapa tips investasi bagi pasangan muda yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk menata kehidupan perekonomian keluarga yang lebih baik di masa depan. Semoga menginspirasi…

Baca juga artikel tips investasi bagi ibu rumah tangga