Tips Berhemat Pengeluaran Saat Liburan

Meski merupakan aktifitas bersenang-senang bukan berarti saat menjalankan liburan atau traveling kita bisa seenaknya menghabiskan uang.

Ingat selesai berlibur bagaimanapun kita akan kembali beraktifitas seperti sediakala, jangan sampai kondisi keuangan saat pulang liburan menjadi serba kekurangan.

Aktifitas berlibur bersama keluarga, rekan atau pun teman memang sesekali patut dilakukan, apalagi jika kegiatan kita sehari-hari terbilang padat.

Usai menjalaninya diharapkan pikiran kita menjadi lebih segar tidak penat sehingga lebih semangat untuk bekerja dengan lebih maksimal.

Berhemat saat liburan bukan tidak mungkin untuk dilakukan, intinya adalah jika bisa berhemat buat apa menghambur-hamburkan uang. Toh ukuran bersenang-senang bukan ditentukan dengan besarnya uang, meski dengan budget kecil jika hati kita sudah cukup senang maka tujuan berlibur sudah berhasil didapatkan.

Berikut dibawah ini adalah beberapa tips cara berhemat saat liburan.

Baca Juga artikel Cara Tepat Menghemat Uang Gaji yang Kecil

Tips Berhemat Saat Liburan

Hindari Berlibur Di Musim High Season

Memilih waktu keberangkatan menjadi hal yang paling penting jika kita sedang mengupayakan untuk berlibur dengan hemat.

Pada musim liburan kita mengenal istilah high season dan kebalikannya low season, high season sendiri adalah periode dimana permintaan untuk liburan sedang mengalami lonjakan yang pesat sedangkan low season berarti sebaliknya.

Tentu saja jika kita memilih waktu keberangkatan di periode high sesason harus siap-siap saja mengeluarkan biaya ekstra besar karena umumnya harga-harga kebutuhan di tempat wisata seperti hotel, akomodasi hingga kuliner akan dua kali lipat lebih tinggi.

Sesekali Memasak Untuk Kebutuhan Makan

Kebutuhan makan saat waktu liburan yang rata-rata setiap orangnya membutuhkan minimal tiga kali makan dapat kita selingi sesekali dengan membuat masakan sendiri.


Jangan jadikan kegiatan memasak sendiri sebagai beban saat liburan, karena biasanya saat berkumpul bersama memasak justru bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Misalnya saja mengadakan acara BBQ sederhana di malam hari, jika di hitung tentunya biaya memasak sendiri dengan membeli ke restoran tentu akan jauh lebih murah.

Memilih Penginapan Dengan Diskon

Di jaman serba digital seperti sekarang tidak terlalu sulit untuk menemukan hotel atau penginapan yang menawarkan harga diskon.

Media internet sekarang ini banyak dijadikan sebagai media pemasaran utama oleh industri perhotelan, tak jarang mereka mengadakan promo harga murah meriah untuk menjaring konsumennya.

Promo-promo tersebut dapat menjadi kesempatan kita untuk bisa menginap dan berlibur dengan lebih hemat.

Buat Anggaran Liburan

Sebelum berangkat berlibur ada baiknya jika kita persiapkan terlebih dahulu anggaran keuangan yang akan di keluarkan.

Dengan begitu nantinya kita dapat terhindar dari pengeluaran yang tidak perlu, dengan catatan sebelumnya kita membuat anggaran rincian biaya keperluan penting untuk liburan dan mematuhinya.

Beritahu juga semua rekan atau keluarga yang mengikuti acara liburan tersebut agar mematuhi anggaran biaya yang sudah kita buat.

Hindari Menggunakan Kartu Kredit

Sudah menjadi lumrah bagi kebanyakan orang mengeluarkan uang melalui kartu kredit dapat berpotensi menjadi lebih boros dibandingkan menggunakan uang tunai pribadi.

Seringkali saat berbelanja menggunakan kartu kredit pengeluaran menjadi tidak terkontrol, selama limit kartu masih tersisa cukup sulit menghentikan keinginan untuk berbelanja.

Padahal semua uang yang telah dikeluarkan melalui kartu kredit nantinya akan menjadi tanggung jawab sendiri untuk melunasi.

Baca Juga artikel Tips Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Macet

Atur Frekuensi Liburan

Bagaimana pun liburan merupakan kegiatan selingan agar kita tidak terlalu suntuk dalam menghadapi pekerjaan rutin setiap hari.

Oleh karena itu ada baiknya jika kita mengatur frekuensi liburan yang cukup jangan terlampau sering.

Misalnya saja dalam satu tahun bisa kita atur waktu liburan dua hingga tiga kali, atau diatur berdasarkan keuangan yang dimiliki.

Itulah beberapa tips menghemat disaat liburan semoga bisa menjadi masukan yang bermanfaat untuk pembaca semuanya.