Tips Bekerja di Rumah Agar Tetap Produktif

Bisa bekerja dari dalam rumah setiap hari mungkin saja menjadi dambaan bagi banyak orang. Tidak perlu capek pergi berangkat kerja, dapat berkumpul bersama keluarga hingga tidak dibatasi berbagai aturan, menjadi beberapa alasan yang dianggap bekerja di rumah sangat menyenangkan.

Namun apakah bekerja di rumah akan sama produktifnya dengan dibandingkan bekerja ditempat yang semestinya ?

Pasalnya rumah sendiri tentu saja diciptakan dan didesain bukan sebagai tempat melakukan perkerjaan, melainkan tempat dimana kita dapat beristirahat dan berkumpul bersama keluarga.

Maka dari itu bekerja dari dalam rumah seringkali membuat seseorang merasa “keenakan” yang berlanjut kepada bermalas-malasan, tidak disiplin, kurang bersemangat hingga ahirnya kualitas kerja tidak maksimal.

Bagaimana menghidarinya, berikut beberapa tips agar kita tetap produktif bekerja meski dari dalam rumah.

Tips Bekerja di Rumah

Buat Jadwal Layaknya di Tempat Kerja

Godaan berat saat kita menjatuhkan pilihan untuk bekerja di rumah salah satunya ialah tersedianya banyak waktu luang untuk melakukan berbagai hal, termasuk aktifitas yang bukan merupakan tuntutan pekerjaan. Dan kesemuanya itu dapat dilakukan tanpa ada pengawasan dari orang lain, misalnya saja atasan.

Hal tersebutlah yang pada ahirnya dapat membuat kita menunda-nunda pekerjaan, semakin dibiarkan lama kelamaan akan semakin malas untuk menyelesaikannya. Ahirnya waktu yang banyak pun dapat terbuang secara percuma.

Untuk mengatasinya, meski tidak ada aturannya sebaiknya kita sendiri yang membuat jadwal bekerja seperti layaknya di tempat kerja. Misalnya mulai bekerja jam 8 pagi, istirahat beberapa menit di siang hari, kemudian bekerja kembali hingga sore atau malam hari.

Advertisement

Buat Tempat Khusus Untuk Bekerja

Melakukan pekerjaan di ruang nonton tv, di kamar, atau di tempat lain yang digabung dengan aktivitas rumahan lainnya, pastinya pekerjaan kita akan terhambat atau bahkan tidak akan selesai sama sekali. Karena pikiran kita tidak mungkin dapat fokus menyelesaikan apa yang sedang dikerjakan.

Mengatasi hal ini kita dapat berupaya membuat ruang khusus yang dipersiapkan hanya sebagai tempat kita bekerja. Misalnya menyisakan sebuah kamar atau sudut ruangan yang disulap dan di desain layaknya dalam sebuah kantor.

Buat Target Untuk Meyelesaikan Pekerjaan

Membuat daftar target pekerjaan yang harus terselesaikan dalam rentang waktu tertentu dapat membuat kita lebih teratur dan dapat memotivasi sehingga tidak terlalu sering bermalas-malasan saat bekerja di dalam rumah. Seperti misalnya membuat tenggat waktu untuk tugas harian, mingguan, bulanan dan seterusnya. Buat catatan kecil yang memuat berbagai tugas pekerjaan dan tempatkan di meja kerja agar mudah dilihat sehingga tidak lupa.

Baca Juga :

Sediakan Waktu Khusus Untuk Beristirahat

Jika bekerja didalam rumah dapat membuat kita tergoda untuk bermalas-malasan, ada juga yang sebaliknya. Justru bekerja di rumah membuatnya tidak ada waktu untuk beristirahat alias kelewatan dalam bekerja. Sangat mungkin terjadi karena sekali lagi bekerja dirumah berarti tidak ada batasan waktu, kita bebas bekerja mulai pagi hari hingga larut malam.

Tentu saja hal tersebut juga tidak baik untuk dilakukan, pasalnya memang lebih pekerjaan banyak yang dapat terselesaikan karena jam kerja yang panjang, namun bagaimana di hari selanjutnya ? Tubuh yang di paksakan untuk bekerja tentu ada batasan, hari ini kita dapat bekerja hingga larut malam, namun esok hari pastinya tubuh mau tidak mau harus beristirahat karena kelelahan.

Maka dari itu sangat lebih baik jika kita bekerja sesuai porsinya, tetap sediakan waktu untuk beristirahat dengan cukup sehingga tubuh tetap fit di hari-hari selanjutnya.