Tingkatkan Motivasi Karyawan Anda Dengan Cara Ini

Sebagai pimpinan suatu bisnis kita harus sadar betul mengenai pentingnya keberadaan karyawan ditempat usaha. Berbagai kegiatan pekerjaan akan terasa lebih ringan dengan keberadaan dan dukungannya, sehingga kontribusi mereka cukup besar terhadap kesuksesan bisnis yang kita bangun.

Pimpinan yang baik adalah seorang yang bisa memotivasi karyawannya untuk dapat meningkatkan kinerja secara optimal, semakin bagus performa seorang karyawan maka semakin besar juga peluang suatu bisnis untuk dapat meraih kesuksesan nantinya.

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk memotivasi karyawan, berikut ini beberapa diantaranya yang bisa kita terapkan :

1. Bangun Suasana Kekeluargaan

Cara paling baik adalah dengan menciptakan suasana bekerja secara kekeluargaan, dengan terciptanya suasana seperti ini, karyawan akan ikut merasakan kepemilikan perusahaan. Sehingga loyalitas untuk membesarkan bisnis akan semakin meningkat.

Perintahkan mereka dengan cara yang akrab seperti seorang keluarga, akan membuat karyawan merasa nyaman dalam menjalankan pekerjaannya, dengan tidak ada beban yang berat meraka akan termotivasi untuk bisa membereskan tugas-tugasnya dengan baik.

Adakan juga acara-acara pertemuan secara rutin yang bisa mengakrabkan antar karyawan lainnya, agar terbangun suasana tersebut secara merata pada seluruh lingkungan kerja.

2. Berikan Penghargaan

cara memotivasi karyawan

Penghargaan yang paling sederhana untuk karyawan adalah dengan mengucapkan “terima kasih” kepada mereka di saat selesai mengerjakan pekerjaannya. Meski sangat sederhana, perkataan tersebut cukup bisa membuat mereka merasa di hargai.

Advertisement

Lebih lanjut, kita bisa berikan penghargaan yang lebih bernilai kepada mereka, seperti dengan memberikan bonus, intensif, atau hadiah kecil atas prestasi yang mereka kerjakan. Jika berupa ucapan saja sudah cukup membuat seseorang merasa di hargai, apalagi dengan memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk mereka.

Tujuan kita, tentu saja dengan membuat mereka merasa di hargai oleh pimpinannya, akan dapat memotivasi untuk bekerja lebih baik lagi. Seperti pada poin diatas, Mereka akan bisa merasakan kepemilikan perusahaan, jika sudah begitu maka apapun akan di lakukan demi berkembangnya bisnis yang sedang di jalankan.

Baca juga artikel Etika Dalam Berbisnis, Ini Wajib Anda Miliki

3. Evaluasi Kinerja Karyawan

Sebagai pimpinan, kita harus menevaluasi kelebihan dan kekurangan pada tiap-tiap karyawan. Mana yang memiliki prestasi kerja yang baik, dan mana karyawan yang membutuhkan dukungan. Berikan pendekatan dan motivasi lebih kepada karyawan yang kita nilai kinerjanya kurang, agar dapat mengikuti keberhasilan rekan-rekannya.

Kita bisa tanyakan secara langsung kepada mereka faktor apa yang menjadi kesulitannya, lalu berikan dukungan berupa pelatihan untuk meningkatkan keterampilan kerja, sehingga mereka termotivasi kembali untuk berkinerja lebih baik.

4. Berikan Contoh Yang baik

Setiap karyawan akan meniru bagaimana tingkah laku pemimpinnya, maka berikan selalu contoh yang positif pada saat bekerja. Terlebih jika poin-poin yang di sebutkan di atas telah terbangun di setiap diri karyawan, mereka akan menjadikan pemimpin sebagai panutan bagaimana cara bekerja yang baik dan benar.

Baca juga artikel Cara Tepat Memilih Calon Karyawan