Tidak Mudah! Ini Tantangan Membuka Website Toko Online

Di tengah-tengah kondisi yang serba dilematis dengan adanya pandemi Covid-19, seakan mengharuskan usaha yang kita jalankan agar secepatnya go online supaya bisa bertahan dan terus berkembang.

Salah satu alternatif yang mungkin menjadi pertimbangan dalam memasarkan produk adalah dengan membuka website toko online.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan membuka website toko online sendiri, salah satunya adalah kebebasan dalam mengelola bisnis. Beberapa pondasinya bisa anda baca dalam artikel berikut ini.

Nah, disamping itu semua, ternyata ada banyak tantangan membuka website toko online, seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Tantangan Membuka Website Toko Online

Tantangan Membuka Website Toko Online dan Gambaran Solusinya

Ilustrasi tantangan bisnis offline go online:

Bang Abdul saat ini memiliki sebuah toko mainan di salah pasar grosir di kota Surabaya. Toko tersebut sudah berjalan lima tahun dan memiliki banyak pelanggan.

Karena ada pandemi, toko Bang Abdul sekarang sedang lesu karena orang enggan belanja ke pasar. Nah, saat ini Bang Abdul ingin memasarkan dagangannya secara online agar bisnis tidak kolaps.

Diantara banyak pilihan, Bang Abdul memilih platform toko online berbasis website agar beliau bisa bebas mengembangkan usahanya tanpa terikat aturan yang rumit.

Nah, kira-kira hal apa saja yang harus dipersiapkan oleh Bang Abdul?

Pendek kata, Bang Abdul tenyata harus merintis usaha online tersebut dari Nol, mirip ketika ia membuka tokonya untuk pertama kali. Bedanya, Bang Abdul bisa melangkah lebih cepat di pasar online karena sudah memiliki stock.


Selanjutnya Bang Abdul tinggal memikirkan hal-hal berikut ini agar toko online yang beliau rintis cepat berkembang:

Sewa Jasa Pembuatan Website Profesional

Untuk kalkulasi anda akan lebih hemat waktu, biaya dan tenaga jika pembuatan toko online langsung diserahkan kepada ahlinya.

Biaya pembuatan toko online bervariasi, tergantung fasilitas yang diinginkan. Di saat awal karena belum banyak pengunjung anda tidak perlu muluk-muluk dalam memilih fasilitas seperti kapasitas bandwidth dan penyimpanan hosting. Yang paling penting, pilih jasa yang sudah terpercaya.

Mengikuti Kampanye Iklan Supaya Cepat Dikenal

Kampanye iklan mutlak ketika anda sedang merintis website toko online, karena itu terkait dengan bagaimana pengunjung bisa menemukan toko anda.

Semakin cepat toko anda terindeks oleh mesin pencari, maka semakin cepat pula calon pengunjung dapat menemukan toko anda.

Ada banyak layanan kampanye iklan yang bisa dipilih, salah satunya adalah Google Ads. Kalau mau yang lokal ada namanya Viralmu.id yang kini sedang trending juga.

Menentukan Metode Transaksi yang Tepat

Ini menyangkut kenyamanan konsumen mulai dari bagaimana mereka memilih atau membandingkan barang, melakukan checkout, hingga melakukan pembayaran.

Disini minimal ada dua hal wajib yang harus anda perhatikan. Pertama adalah layout atau tampilan website dan kedua adalah mekanisme checkout, pembayaran dan konfirmasi pembayaran.

Khusus untuk metode pembayaran, anda bisa memanfaatkan yang namanya payment gateway atau billing toko online yang memungkinkan konsumen mendapatkan rasa aman dan nyaman ketika bertransaksi di toko anda.

Biarlah mekanisme pembayaran terjadi otomatis dengan cara menyewa pihak ketiga atau agregator dan anda tinggal memantau perkembangannya.

Ada banyak payment aggregator yang bisa dipilih, mulai dari yang murah meriah seperti Domosquare hingga kelas profesional seperti Doku, Midtrans, iPaymu dan lain sebagainya.

Membentuk Tim Kerja

Tim kerja dibutuhkan untuk menangani masalah online marketing, copywriting, desain gambar produk, costumer service dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan.

Pada prinsipnya tidak ada batasan soal jumlah anggota tim, bisa satu orang merangkap berbagai kerjaan sekaligus atau bisa juga lebih dari satu orang untuk menangani bagiannya masing-masing.

Demikianlah sekilas gambaran mengenai tantangan membuka website toko online yang harus anda pahami.

Semoga bermanfaat.