Tidak Mau Rugi Dalam Bisnis Kos-kosan, Hindari Hal ini

Memiliki bisnis kos kosan yang menguntungkan tentunya menjadi dambaan banyak orang. Bagaimana tidak, uang bisa datang dengan sendirinya tanpa harus melakukan upaya yang keras.

Cukup dengan melakukan sedikit perawatan rutin pada kos kosan keuntungan pun dapat mengalir dengan lancar.

Hanya saja untuk membangun bisnis kos kosan di tahap awal tentunya kita akan membutuhkan perjuangan, terlebih pada ketersediaan modal yang harus dipersiapkan.

Meski begitu, ternyata ada juga beberapa pelaku bisnis kos kosan yang telah susah-susah membangun dari awal namun pada ahirnya bisnis mengalami kerugian.

Mengapa bisa demikian ? Berikut ini adalah beberapa diantaranya penyebab kerugian dalam bisnis kos kosan.

Tidak Mau Rugi Dalam Bisnis Kos-kosan, Hindari Hal ini

Lokasi Tidak Strategis

Paling awal yang harus di pikirkan saat akan membangun kon kosan tiada lain yang lebih penting lagi selain memastikan lokasi yang harus strategis.

Lokasi strategis untuk tempat kos kosan mencakup tempat yang harus mudah di jangkau, dekat dengan tempat belanja kebutuhan, lokasi aman dan nyaman untuk tempat tinggal dan lain sebagainya.

Meski kos kosan anda berada di wilayah potensial seperti misalnya di daerah universitas, jika beberapa faktor strategis lainnya tidak terpenuhi tetap saja kemungkinan kos kosan sepi pelanggan bisa terjadi.

Menejemen Bisnis Kurang Baik

Selain tempat yang berlokasi harus strategis jangan lupa juga prihal menejemen kos kosan harus tepat.

Misalnya bagaimana menerapkan harga sewa kamar, tentu saja jika harganya tidak mampu bersaing dengan kosan lain bisa-bisa pelanggan yang didapat pun tidak maksimal.

Tak kalah penting juga bagaimana fasilitas kosan yang ditawarkan haruslah sesuai dengan target konsumen yang di sasar.


Jangan sampai fasilitas serta gedung kelewat mewah dan lengkap sehingga harga sewa menjadi tinggi sedangkan pelanggan kebanyakan kalangan menengah kebawah.

Perawatan Rutin Kos kosan tidak Berjalan

Meski setelah berjalan bisnis kos kosan tidak begitu memerlukan penanganan yang merepotkan, namun tetap ada beberapa hal yang harus di lakukan diantaranya yaitu perawatan atau maintanance kosan.

Misalnya saja seperti menjaga kebersihan dan keamanan, menjaga bangunan tetap layak di huni, menangani berbagai macam tagihan bulanan dan lain sebagainya.

Melewatkan hal ini bukan tidak mungkin para penghuni bisa tidak betah sehingga berpaling ke kosan lain.

Tidak Berpromosi

Promosi berguna untuk menarik pelanggan agar mau menyewa tempat tinggal di kosan kita, jika tidak melakukannya bisa jadi kosan pun sepi pelanggan sehingga keuntungan tidak akan maksimal.

Bagaimana pun berpromosi bagi sebuah bisnis haruslah dilakukan, terlebih di jaman sekarang telah banyak media promosi yang efektif serta berbiaya rendah seperti misalnya dengan menggunakan media internet.

Baca Juga Mau Bisnis Kos Kosan, Berikut Ini Beberapa Tipsnya

Tidak Membuat Perjanjian Resmi dengan Penyewa

Sering kali di lewatkan karena menyepelekan tidak akan terjadi masalah kedepannya, perjanjian sewa dengan pelanggan hanya dilakukan secara alakadarnya tidak membuat surat perjanjian resmi tertulis dan disepakati kedua belah pihak.

Padahal dalam jangka panjang proses sewa menyewa bisa saja menyisakan berbagai masalah yang sulit diselesaikan tanpa adanya surat perjanjian tertulis. Ujung-ujungnya bisa saja posisi kita yang dirugikan.

Misalnya saja, bagaimana tanggung jawab penyewa jika unit yang di sewa mengalami kerusakan, bagaimana ketentuan menjaga fasilitas bersama didalam gedung kos kosan, hingga bagaimana ketentuan cara pembayaran sewa, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa masalah penyebab kerugian yang mungkin bisa di alami dalam menjalankan bisnis kos kosan, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk bisnis anda…