Jajal Tempat Promosi Produk UKM Online Ini Agar Cepat Berkembang

Tempat promosi produk UKM online berikut ini kami sajikan bagi anda yang ingin segera berkembang, khususnya anda yang memilih kanal internet sebagai basis pemasaran dan juga branding.

Mungkin judul yang disajikan sudah cukup usang untuk dibahas, karena ada banyak sekali artikel yang membahas tentang itu. Tapi jika anda sampai saat ini masih belum betul-betul nyaman dengan tempat promosi online untuk produk UKM yang saat ini sedang anda pasarkan, beberapa tempat di bawah ini mungkin cukup membantu.

Terlebih dari itu, mungkin beberapa kanal di bawah ini juga bisa jadi rujukan baru dalam melakukan strategi marketing secara online.

Langsung saja berikut adalah daftarnya dan alasan kenapa anda harus mencoba tempat tersebut.

Ingat Kuncinya:

Pilih kanal online untuk media promosi hanya jika produk anda benar-benar potensial untuk konsumen online juga. Selebihnya, mungkin anda bisa memanfaatkan media online sebagai media promosi penunjang saja atau promosi yang anda lakukan adalah cuma-cuma.

Promosi Produk UKM Online

Website Listing Produk UKM

Dengan dipermudahnya permodalan di sektor UMKM di Indonesia, sontak menarik minat pelaku usaha untuk menciptakan produk-produk UKM.

Nah, menariknya di Indonesia sudah banyak website listing produk UKM (website yang hanya memuat/mendaftar/mengulas produk UKM) yang bisa anda manfaatkan sebagai spot promosi produk UKM online baik secara gratis maupun berbayar.

Website listing UKM raksasa yang penulis ketahui contohnya adalah BisnisUKM.com dan UKMIndonesia.id.

Ketika memilih website listing pastikan reputasinya sudah sangat bagus karena itu sangat berpengaruh terhadap nilai branding produk anda. Selain listing, pelajari juga fasilitas promosi premium yang disediakan oleh website tersebut.


Manfaatkan Pencarian Organik Dari Mesin Pencari

Bagi anda yang masih dalam tahap penjajakan terhadap minat konsumen tentang produk spesifik, anda bisa memanfaatkan pencarian organik mesin pencari seperti Google.

Nah, disini anda bisa berlangganan iklan dengan cara menarik perhatian audience (konsumen) berdasarkan kata kunci. Kata kunci yang anda pilih akan ditampilkan di hasil pencarian Google.

Platform raksasa miliki Google ini dulunya dikenal dengan nama AdWords dan kini sudah berubah menjadi Google Ads. Soal biaya promosinya anda bisa cek sendiri ya.

Kampanye Di Jaringan Afiliasi

Sementara ini bisnis afiliasi dikenal sebagai salah satu cara mendapatkan penghasilan online saja. Lebih dari itu pada dasarnya affiliate network bisa jadi partner setia untuk promosi online.

Bagi pemilik trafik (website, sosmed, dll) affiliate network memang ladang yang sangat menggiurkan untuk mendatangkan income. Sementara itu bagi pelaku bisnis (pemilik produk), jaringan afiliasi juga bisa dimanfaatkan sebagai strategi promosi yang jitu.

Ada beberapa model afiliasi yang bisa anda manfaatkan untuk promosi produk UKM online, salah satu yang paling populer adalah model Cost-per-action (CPA) dan juga Cost-per-sale (CPS). Di Indonesia sudah ada beberapa affiliate network terpercaya yang bisa dipilih contohnya adalah EcoMobi.

Jajal Fitur Premium di Marketplace

Khusus bagi anda yang selama ini sudah bergelut di marketplace (contoh: Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dll), fitur premium yang ditawarkan oleh marketplace memiliki banyak benefit yang bisa anda rasakan langsung. Dengan anda membayar biaya seller premium, win-win solution yang anda dapatkan salah satunya adalah spot promosi paling strategis.

Baca juga Manfaat Marketplace Internet Untuk Mengembangkan Usaha

Anda tidak perlu repot mengurus sendiri strategi promosi seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya. Terlebih lagi, biaya promosi dengan cara ini juga cenderung lebih murah karena mereka sudah menguasai ceruk pasar tertentu untuk produk anda sehingga lebih spesifik dan juga lebih efektif.