Tas Pesta Peluang Usaha Berprospek Cerah

Tas merupakan salah satu kebutuhan fashion yang fungsi nya tidak hanya untuk menyimpan barang, namun juga sebagai penunjang penampilan, bahkan menunjukan kelas sosial. Seiring berkembang nya dunia fashion, tas menjadi bagian dari gaya hidup yang juga mengikuti tren. Salah satu jenis tas yang saat ini banyak di buru adalah tas pesta (clutch), yang biasa di gunakan dalam even pesta atau undangan. Dengan berbagai inovasi tas pesta mampu menarik perhatian pasar dalam negri hingga pasar ekspor.

Gaya hidup masyarakat yang selalu ingin mengikuti mode membuat bisnis fashion tidak akan pernah mati. Salah satu produk fashion yang sudah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari adalah tas. Berbagai model dan bahan tas terus bermunculan, bahkan tidak jarang tas diklasifikasikan menjadi beberapa jenis disesuaikan dengan kebutuhan dan kegiatan yang akan di kerjakan. Seperti tas untuk kerja, tas untuk kuliah memiliki desain yang berbeda. begitu pula tas untuk pesta dengan tas yang di gunakan untuk hangout juga tidak sama.

Untuk kebutuhan acara pesta, baik dengan konsep formal maupun santai, biasa nya perempuan menggunakan tas pesta (clutch). Tas ini bentuk nya seperti dompet dengan bentuk persegi panjang kecil yang dapat dengan mudah di buka tutup menggunakan jari. Tas ini umum nya di genggam atau di kepit. Ide dasar nya sederhan yaitu untuk memudahkan membawa barang, Tas pesta di maksudkan untuk memudahkan membawa barang penting seperti uang tunai, kosmetik, kartu kredit, ponsel dan barang-barang kecil lainnya. Efektif nya fungsi tas pesta ini serta desain nya terkesan elegan namun simple, membuat tas jenis ini kerap disukai wanita untuk menghadiri acara pesta atau undangan, ini membuat permintaan tas pesta semakin banyak dan tentu menjadi peluang usaha yang akan menguntungkan.

Ciptakan inovasi agar desain tas tidak membosankan konsumen, Pelaku usaha harus gencar mengeluarkan ide-ide baru, baik dari bahan maupun motif tas yang di buatnya. Ide tersebut bisa berasal dari internet, mengunjungi pameran, atau toko-toko tas. Dalam menciptakan kreasi desain tas sebaik nya memperhatikan segmen pasar yang di tuju. misalnya, Tas pesta untuk kalangan bawah, lebih mengutamakan harga jual dan tampilan produknya. mengenai bahan baku menjadi nomor dua. berbeda dengan konsumen kelas atas, yang memiliki selera tinggi dan lebih menyukai produk yang tidak terlalu banyak aplikasi. Tidak jarang konsumen kelas ini menginginkan produk eksklusif dengan bahan baku yang berkualitas.

Pada umumnya tas pesta menggunakan bahan baku kain hingga bahan kilit sintetis. dulu medel tas pesta di kenal dengan model glamour dengan nuansa bling-bling dari manik-manik atau payet yang di aplikasi kan pada tas tersebut. Namun seiring berkembang nya selera pasar, kini konsumen banyak beralih pada desain yang simple namun tetap memberikan kesan mewah dan elegan. Saat ini banyak desain tas pesta dengaan kreasi unik dan inovatif. contohnya salah satu pelaku usaha pembuat tas pesta berhasil membuat dengan bahan akrilik sebagi bahan utamanya, pembuatan produk tas pestanya memiliki berbagai desain mulai dari kotak hingga persegi panjang, bentuk love hingga bentuk kapsul. produknya menjadi terkesan transparan karena menggunakan bahan akrilik, dan produk tas pesta ini sudah menembus pasar internasional dipasarkan di 10 negara.

tas pesta akrilik

Advertisement

 

 

Contoh inovasi kreatif lain nya adalah tas pesta menggunakan bahan kulit ular asli, pembelian bahan baku kulit ular didapat dari pembudidaya ular piton sehingga bahan kulit nya legal, dalam mempercantik tas pesta buatan nya ini di tambahkan juga batu-batuan bali sehingga terlihat lebih mewah, produk nya pun sudah masuk ke pasar internasional. Berbeda bahan dengan kedua tas tadi ada juga yang menggunakan bahan kulit sintetis impor sebagai bahan utamanya kelebihannya yakni lebih awet dalam keelastisan dan warna. Selain itu bahan sintetis memiliki varian yang beragam sehingga tidak akan kehabisan ide dalam berinovasi dengan produk tas pestanya.

 

tas pesta kulit ular

 

tas pesta kulit sintetis

 

 

Agar produk tas pesta dapat di pasarkan dengan baik anda yang berminan mejalankan peluang usaha ini harus bisa meriset selera pasar, selain itu bila memulai produksi produk pertama untuk desain baru, sebaiknya membuat produk dengan jumlah sedikit dulu setelah dirasa mendapatkan respon positif dari konsumen maka bisa memproduksi lagi dengan jumlah yang banyak. namun tetap harus memperhatikan sisi ekslusifitas, agar konsumen tidak mudah bosan. Harga pasaran dari produk tas pesta ini berbeda-beda tergantung desain dan bahan bakunya, namun secara garis besar harga tas pesta ini berkisar antara 200 ribu hingga 60 ribu per pcs nya.

Melihat banyak nya peminat tas pesta ini dapat di pastikan peluang usaha ini memiliki pasar yang besar dan cerah. seperti pengakuan salah seorang pelaku usaha pembuatan tas pesta yang sudah berjalan mampu meraup omset hingga 120 juta setiap bulannya, keuntungan nya pun sangat menjanjikan yakni sebesar 50%. Dan ada juga pelaku usaha yang produk nya sudah berhasil di ekspor, ia mampu meraup omset di atas 200 juta tiap bulannya.

Dalam memulai usaha ini modal yang harus di keluarkan utuk tahap pertama tidaklah terlalu besar, mulai dengan modal 10 juta bisa di gunakan untuk membeli bahan baku, peralatan produksi serta gaji karyawan. Namun bagi anda yang tidak memiliki skill dalam membuat tas pesta ini bisa di tempuh dengan cara menggunakan jasa makloon ke pengrajin tas. Jasa makloon tas sekarang ini mudah di jumpai di berbagai tempat. Sebaiknya kita yang membeli sendiri untuk bahan bakunya, sedangkan pembuatan dan perlengkapan nya diserahkan kepada pihak makloon sehingga biaya bisa lebih murah. Selain itu sebaiknya gunakan jasa makloon di daerah sentra tas sehingga mereka bisa lebih berpengalaman dalam membuat produknya.