Syarat Dan Prosedur Pendirian PT (Perseroan Terbatas)

Dengan di bentuknya sebuah perusahaan menjadi sebuah PT, terdapat beberapa manfaat yang bisa di dapatkan. Sebagian di antaranya seperti kemudahan mendapatkan modal bahkan dalam jumlah yang besar karena lebih di percaya. Juga cakupan bisnis bisa menjadi lebih luas dan dapat mengikuti berbagai tender yang di adakan pemerintah ataupun pihak swasta, dan tentu saja image perusahaan akan lebih terlihat profesional dan berkelas.

Bagi pembaca yang ingin mengenal lebih jauh mengenai pengertian PT serta beberapa bahasan mengenai jenis-jenisnya yang ada sekarang ini, bisa kunjungi artikel pengertian PT dan berbagai macam jenisnya

Dan selanjutnya untuk anda yang bermaksud ingin mendirikan PT perusahaan namun bingung syarat apa saja yang harus dipersiapkan dan bagaimana prosedur pembuatannya. Jangan ragu dan jangan bimbang, pada artikel kali ini anda bisa menyimak informasi mengenai cara dan syarat mendirikan PT beserta prosedurnya pembuatannya.

Syarat Dan Prosedur Pendirian PT (Perseroan Terbatas)

Berikut informasi mengenai syarat pendirian PT dan beberapa dokumen yang harus dipersiapkan.

  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) Minimal dua orang yaitu KTP dari pengurus dan para pemegang saham maupun obligasi.
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga). Fotokopi KK ini dari direktur perusahaan maupun dari penanggung jawab perusahaan.
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). NPWP yang digunakan adalah milik dari penanggung jawab perusahaan.
  • Pas foto berwarna 3×4 (2 lembar). Pas foto yang diserahkan adalah milik penanggung jawab perusahaan.
  • Fotokopi PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) tahun terakhir sesuai dengan lokasi atau domisili dari perusahaan.
  • Fotokopi surat sewa atau kontrak kantor, atau bisa diganti dengan bukti kepemilikan kantor.
  • Tanda bukti domisili dari gedung perkantoran, jika kantor akan didirikan pada sebuah gedung. Perlu di ketahui juga kantor tidak di perkenankan didirikan di wilayah pemukiman

Setelah mengetahui syarat pendirian PT, berikutnya ketahui juga beberapa informasi mengenai prosedur pendiriannya berikut ini.

  • Datang ke kantor notaris untuk membuat akta pendirian PT.
  • Bawa akta pendirian PT beserta surat pengantar dari notaris yang bersangkutan kepada Menteri Kehakiman untuk dimintai pengesahan.
  • Setelah mendapat pengesahan, bawa dokumen tersebut ke kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri sesuai dengan domisili PT untuk didaftarkan.
  • Bawa akta pendirian PT beserta kedua surat keputusan pengesahan tersebut ke Kantor Percetakan Negara. Dengan begitu PT Anda telah sah dimata hukum.

Agar mendapat ijin dari kementerian harus di perhatikan juga beberapa syarat seperti, PT tidak bertentangan dengan hukum, Akta pendirian sesuai dengan syarat yang berlaku dan modal yang ditempatkan atau disetor minimal 25% dari modal dasar.

Baca juga cara mendirikan cv perusahaan serta syarat pembuatannya

Dengan telah di bentuknya perusahaan menjadi berbentuk PT, kini nama dan juga merk dagang yang di gunakan telah mendapatkan perlindungan oleh undang-undang sehingga tidak bisa lagi di gunakan oleh pihak lain. Itulah sedikit informasi mengenai syarat pendirian PT beserta prosedur pembuatannya, semoga bermanfaat…