Susah Kaya Meski Sudah Lama Berbisnis ? Mungkin Ini Penyebabnya

Rata-rata orang menafsirkan kekayaan adalah memiliki uang yang melimpah, memiliki kehidupan yang mewah, punya mobil banyak, rumah mewah dan lain sebagainya.

Padahal kaya bukan berarti memiliki harta yang banyak saja, pada dasarnya ada beberapa jenis orang yang berstatus kaya.

Ada orang yang kaya akan harta, yaitu seperti yang dicontohkan diatas. Lalu ada pula orang dengan kekayaan hatinya, yaitu orang yang meski memiliki harta pas-pasan namun tetap mampu bersyukur dengan yang dimilikinya. Dan ada pula kaya akan ilmu, yaitu orang yang berilmu dan gemar membagikannya kepada orang lain.

Jadi sebetulnya kaya tidaknya seseorang tidak bisa di ukur hanya dengan harta, masih banyak parameter lain yang bisa mengukurnya. Karena bisa jadi orang yang memilki harta melimpah pun kebahagian dalam hidupnya sulit dirasakan.

Meski begitu bagi seorang pebisnis tentu saja memiliki kehidupan yang mapan dan kekayaan yang melimpah menjadi suatu harapan yang paling di idam-idamkan.

Hanya saja untuk mencapainya akan memerlukan upaya yang tak mudah, bahkan tidak sedikit mereka yang telah bekeja keras hingga menahun namun masih sulit memiliki harta yang melimpah.

Penyebab susah kaya bisa beragam, beberapa diantaranya mungkin saja ada pada beberapa poin berikut ini.

Susah Kaya

Penghasilan Terlalu Kecil

Kebutuhan setiap orang pastinya memiliki kapasitas yang berbeda-beda, penghasilan yang didapat dari bisnis yang dijalankan bisa jadi bagi orang lain nilainya besar, namun belum tentu untuk dirinya sendiri.

Jika penghasilan yang kita dapatkan nilainya kecil atau pas-pasan hanya untuk mencukupi kebutuhan setiap bulannya maka akan sulit untuk mencapai tahap memiliki harta yang melimpah.

Lebih Besar Pengeluaran Dibanding Pendapatan

Memiliki penghasilan keuntungan dari bisnis cukup besar namun tetap tidak kunjung kaya. Bisa jadi pengeluaran yang kita gunakan nilainya terlalu besar dan tidak sebanding dengan pendapatan.

Umumnya orang yang merasa penghasilan bisnisnya cukup besar sering kali di barengi dengan meningkatnya gaya hidup dalam kesehariannya. Jika hal ini yang terjadi bisa cukup membahayakan kondisi keuangan kedepannya, karena bisa jadi pengeluaran semakin besar dan tidak terkontrol.


Tidak Dibarengi Dengan Berinvestasi

Banyak yang belum mengetahui, menjadi kaya bukan hanya bisa didapat dari penghasilan yang besar saja. Namun kekayaan bisa juga di raih dengan cara berinvestasi. Bahkan orang-orang yang memiliki gelar “terkaya” ternyata mereka rata-rata adalah orang yang tidak melewatkan investasi.

Contoh investasi yang menguntungkan bisa bermacam-macam bentuknya, bisa berupa properti, membeli saham, reksadana dan lain sebagainya.

Namun perlu diketahui juga investasi pun memiliki resiko kerugian yang mungkin bisa dialami. Sehingga sebelumnya kita harus mempelajari bidang investasi yang akan dipilih agar terhindar dari kerugian.

Baca Juga Memilih Jenis Investasi Yang Menguntungkan

Tidak Berusaha Mengembangkan Bisnis

Tidak ada bisnis yang instan dan bisa menghasilkan keuntungan yang besar, melainkan bisnis berkembang dari mulai kecil hingga ahirnya menjadi bisnis yang besar.

Mengembangkan bisnis tentunya butuh perjuangan, kreatifitas, inovasi dan berbagai ide kreatif. Jika kita enggan melakukannya maka bisnis akan tetap jalan ditempat alias tidak berkembang. Pendapatan yang dihasilkan akan tetap tidak bertambah, atau bukan tidak mungkin bisa menurun karena tergerus persaingan.

Melewatkan Peluang Emas

Ada ungkapan mengatakan “Peluang tidak datang dua kali” . Bagi pebisnis berbagai peluang yang ada tidak boleh di sia-siakan karena bisa jadi peluang tersebut dapat membawa bisnisnya menjadi jauh lebih baik.

Seringkali kita ragu untuk mengambil sebuah peluang, bisa karena tidak berani mengambil resiko, kekurangan modal atau karena hal lainnya. Seorang pebisnis handal tentunya tidak boleh demikian.

Namun begitu bukan berarti harus terlalu berani mengambil langkah untuk memanfaatkan peluang tanpa ada perhitungan yang benar-benar matang.

Baca Juga Ulasan Bisnis Orang Terkaya Di Indonesia

Demikian beberapa penyebab kemungkinan kita susah menjadi kaya meski sudah menjalankan bisnis dengan waktu yang lama serta kerja keras, semoga bermanfaat…