Sukses Usaha Berjualan Kuliner Di FoodCourt Atau Pujasera

FoodCourt atau dalam bahasa Indonesianya adalah Pujasera, adalah sebuah tempat yang berisikan banyak gerai yang menawarkan aneka ragam kuliner, baik itu makanan ataupun minuman. Sekarang ini cukup banyak tempat semacam ini didirikan di berbagai lokasi, seperti misalnya di dalam mall, di tempat rekreasi, di kawasan perkuliahan, perkantoran dan juga tempat-tempat lainnya.

Pujasera menjadi disukai sebabnya kuliner yang tersedia lebih lengkap dari tempat makan lain karena biasanya di huni oleh banyak penjual. Disini konsumen bebas memilih sesuai dengan slera yang di inginkannya sehingga lebih menyenangkan.

Hingga umumnya Foodcourt semacam ini tidak pernah sepi dari pembeli, setiap waktu ada saja pembeli yang datang, terlebih yang berlokasi di area rekreasi semacam mall atau lainnya, saat hari libur tiba akan berbondong-bondong pengunjung yang mendatanginya.

usaha di Foodcourt atau pujasera

Tips Berjualan Di Foodcourt Atau Pujasera

Dengan cukup banyaknya konsumen yang mengunjungi tempat ini, menjadikannya sangat potensial untuk kita pilih sebagai lokasi menjalankan bisnis kuliner. Namun tentu saja dengan banyaknya gerai yang berjualan, akan terjadi persaingan yang cukup ketat antar pelaku usaha.

Maka sebaiknya sebelum kita benar-benar memulai usaha di tempat ini, ada baiknya kita persiapkan berbagai strategi untuk mengatasi persaingan tersebut. Harapannya tentu saja agar usaha kuliner yang di jalankan bisa menguntungkan.

Berikut ini ada beberapa tipsnya yang bisa kita lakukan :

Pahami Lokasi Foodcourt

Paling awal kita harus pastikan lokasi foodcourt didirikan harus di wilayah yang strategis. Seperti misalnya berada di keramaian, tersedia tempat makan yang luas, tersedia akses parkir kendaraan yang cukup dan lain sebagainya.

Advertisement

Perlu juga kita ketahui beberapa kelebihan dan kekurangan yang berkaitan dengan lokasi Foodcourt. Misalnya, Foodcourt yang berlokasi di tempat areal tempat rekreasi atau tempat hiburan termasuk mall, kelebihannya akan sangat ramai di kunjungi di hari libur, namun kekurangannya pengunjung akan menurun drastis di saat hari kerja.

Sedangkan lokasi pujasera yang didirikan di wilayah lain seperti di area perkuliahan dan perkantoran, di hari kerja tentu akan banyak pengunjungnnya sebaliknya di hari libur akan berkurang.

Baca juga tips cara memulai usaha kuliner untuk pemula

Pilih Menu Kuliner Yang Berbeda

Agar persaingan dengan pelaku usaha lain tidak terlampau ketat terjadi, sebaiknya kita atur agar menu kuliner yang kita jual berbeda dan memiliki keunikan tersendiri di bandingkan gerai lain. Meski sama-sama berupa makanan atau minuman, namun slera pengunjung yang datang tentu akan berbeda-beda.

Pemilihan menu yang kita jajakan juga perlu memiliki nilai keunikan sehingga bisa lebih menarik konsumen, kita bisa amati trend kuliner yang sedang populer saat ini agar mudah mendapatkan pelanggan.

Tampikan Gerai Dengan Menarik

Pengunjung yang datang tentu akan memberikan penilaian lebih jika kita bisa menyajikan tampilan gerai berjualan dengan lebih menarik dan juga bersih. Maka sebelum mulai terjuan berjualan di foodcourt ini, persiapkan konsep tampilan yang akan kita kenakan pada gerai berjualan dengan maksimal.

Berpromosi

Promosi yang bisa di lakukan untuk usaha berjualan makanan atau minuman di Foodcourt seperti ini adalah salah satunya dengan membagi-bagikan brosur baik kepada pengunjung yang sedang memilih makanan ataupun juga kepada orang yang berlalu-lalang di sekitar luar foodcourt.

Cara lainnya bisa dengan menawarkan menu paket makanan dan minuman lengkap dengan harga yang murah guna menarik perhatian calon pelanggan.

Baca juga makanan tradisional terkenal inspirasi berbisnis kuliner