Sukses Usaha Berjualan Di Pasar Tradisional

Lokasi usaha untuk berjualan menjadi salah satu yang menentukan sukses tidaknya kedepan, produk sebagus apapun jika kita salah dalam memilih tempat berjualan pastinya akan sulit untuk mendapatkan pelanggan. Tempat yang ramai banyak masyarakat yang lalu lalang bisa jadi belum tentu akan bisa menjamin lakunya barang terjual, masih banyak diantaranya yang bisa mempengaruhi diantaranya kesesuaian lokasi berjualan.

Membicarakan lokasi usaha, salah satu tempat yang potensial untuk di pilih adalah pasar. Pasar ini menjadi pusat perhatian dari konsumen saat mencari produk yang di perlukannya. Pasar juga menjadi tempat favorit untuk membeli barang dengan harga yang murah, sebabnya dalam tempat tersebut tidak hanya terdapat satu dua pedagang, namun banyak jumlahnya, dengan begitu secara otomatis harga produk akan lebih murah karena pedagang akan saling bersaing dengan menawarkan harga yang paling bisa menarik pelanggan.

sukses usaha di pasar tradisional

Pengertian Pasar Tradisional

Jika kita perhatikan pasar secara umum terdapat dua jenis yang berbeda, ada pasar tradisional dan pasar modern. Keduanya dapat dengan mudah kita bedakan dari tampilan pasar secara keseluruhan. Misalnya pada pasar tradisional, biasanya digelar di tempat alakadarnya tanpa ada bangunan permanen, para pedagang yang menjalankan bisnis berjualan disana hanya di atur oleh menejemen secara sederhana, lapak-lapak tiap pedagang pun tidak seragam bentuknya dari mulai yang hanya berjualan dengan beralaskan terpal, tenda-tenda sederhana dan lain sebagainya.

Berbeda dengan pasar modern yang umumnya didirikan secara permanen di suatu wilayah berupa gedung atau bangunan luas lainnya. Menejemen pasar pun sudah ada yang mengatur secara profesional ditandai dengan terdapatnya kantor pemasaran yang menyertainya. Dan disini pastinya setiap lapak sudah di persiapkan dengan tertata rapih dengan bentuk yang seragam.

Dengan begitu bisa di katakan pengertian pasar tradisional adalah tempat berkumpulnya pedagang untuk menjalankan usaha berjualan di satu lokasi yang sederhana. Secara umum sistim berjualan di pasar-pasar tersebut hampir serupa, seperti terjadi transaksi langsung antara penjual dan pembeli dan adanya sistim tawar menawar.

Produk yang biasanya di tawarkan di kedua jenis pasar ini pun tidak ada perbedaan, paling banyak adalah produk kebutuhan sehari-hari dari mulai bahan makanan seperti sayur mayur, daging, ikan, buah-buahan, sembako. Juga ada alat rumah tangga semacam perobotan plastik dan barang pecah belah, dan tidak jarang juga terdapat produk fashion murah semisal pakaian, sepatu, tas, dan banyak lagi yang lainnya.

Baca juga analisa peluang usaha jualan perabotan rumah tangga

Keuntungan Berjualan Di Pasar Tradisional

Selain yang tadi sekilas di bicarakan di awal tulisan, masih ada keuntungan lain dari memilih tempat usaha berjualan di pasar tradisional ini. Diantaranya, penjual diuntungkan dengan ringannya biaya sewa lapak di pasar tradisional, bahkan untuk masalah ini biasanya para pedagang bisa bernegosiasi ke pihak pengelola jikalau sedang mengalami penurunan omset jualannya.

Pasar tradisional juga hingga jaman yang serba modern seperti sekarang ini, masih di nilai oleh sebagaian masyarakat kita lebih menyenangkan untuk di datangi, karena faktor kebiasaan dalam rutinitas sehari-hari di waktu yang lama, bahkan tidak sedikit masyarakat yang sudah menjalani berbelanja ke pasar tradisional ini secara turun temurun dari beberapa generasi sebelumnya. Sehingga kebiasaan tersebut sudah sulit di rubah meski tersedia pasar modern yang menawarkan fasilitas lebih baik.

Tips Sukses Berjualan Di Pasar Tradisional

Seperti menjalankan bisnis di tempat lain, untuk sukses usaha berjualan di pasar tradisional pun kurang lebih strategi yang harus di lakukan adalah sama. Seperti memaksimalkan pelayanan terhadap konsumen agar mereka puas sehingga menjadi pelanggan tetap yang rutin berbelanja ke tempat kita.

Selain itu karena di pasar tradisional ini akan terjadi persaingan yang cukup ketat dengan pedagang lain yang berjualan produk serupa, maka perlu adanya strategi khusus agar persaingan terjadi dengan sehat. Memenangkan persaingan bukan hanya dengan cara beradu harga jual hingga semurah-murahnya, hal ini justru akan berahir merugikan jika terus terjadi dalam waktu yang lama, karena mau tidak mau jika harga jual terlampau murah yang terjadi ahirnya semakin menipisnya keuntungan yang bisa didapat.

Bersainglah dengan cara yang lebih sehat dan tidak merugikan, seperti dengan cara menaikan kualitas produk sehingga meski harga jual lebih tinggi namun pembeli tidak merasa kecewa karena produk yang di belinya memiliki nilai lebih.

Baca juga jenis usaha dagang dengan modal kecil