Sukses Mempertahankan Bisnis Keluarga, Berikut Ini Tipsnya

Banyak yang mengatakan, mempertahankan suatu bisnis yang sudah berdiri sama sulitnya dengan saat membangun bisnis itu sendiri, bahkan ada yang mengatakan juga mempertahankan lebih sulit dari pada meraihnya. Anggapan tersebut tentu benar adanya, seperti ada pribahasa yang mengatakan semakin tinggi pohon maka semakin kencang angin akan menerpa. Dalam dunia bisnis pun demikian, sebagai bukti tidak sedikit sebuah bisnis yang telah sulit di rintis namun berujung kepada kegagalan setelah bertahun-tahun berjalan.

Tentunya siapapun tidak ingin mengalami hal yang demikian, apalagi dalam sebuah bisnis keluarga yang di bangun secara bersama-sama, pastinya hasil perjuangan saudara terdahulu akan menjadi sia-sia jika pada ahirnya bisnis tersebut tidak berhasil bertahan.

Bisnis keluarga berarti akan terdiri dari beberapa orang yang berjuang menjalankan, serta keuntungan yang di dapat pun akan menjadi milik bersama. Dengan demikian tanggung jawab untuk mempertahankannya pun menjadi kewajiban bersama.

Dibalik kelebihan menjalankan usaha bersama keluarga yang cukup menguntungkan seperti adanya dukungan dari beberapa orang saat mengatasi permasalahan, terdapat pula kendala yang sering kali menjadi pemicu keretakan antar anggota yang pada ahirnya tentu mempengaruhi bisnis yang sedang di jalankan. Hal seperti ini salah satunya yang harus dihindari agar bisnis keluarga bisa terus bertahan.

Dan berikut inilah adalah beberapa tips yang mungkin bisa membantu mempertahankan keutuhan bisnis keluarga agar bisa bertahan sepanjang masa.

Sukses Mempertahankan Bisnis Keluarga

Jalin Komunikasi Antar Anggota Keluarga

Salah satu yang membedakan saat kita bekerja bersama keluarga, dan dengan orang lain, adalah keleluasan saat berkomunikasi. Seringkali jika dengan keluarga kita merasa sungkan saat ingin mengutarakan suatu pendapat ataupun solusi, umumnya karena saling menjaga perasaan hingga khawatir akan menyinggung perasaan anggota keluarga yang lain.

Advertisement

Maka dari itu sangat penting untuk selalu menjalin komunikasi antar anggota dalam sebuah bisnis keluarga. Dan ada baiknya untuk selalu utarakan pendapat atau apapun dengan jelas seperti berhadapan dengan orang lain, namun tentunya harus diupayakan agar tercipta kesepakatan yang sama-sama menguntungkan antar berbagai pihak.

Pilih Sosok Pemimpin Yang Dipercaya

Meski seluruh anggota yang menjalankan bisnis terdiri dari keluarga, namun tetap memerlukan adanya sosok pemimpin yang dipercaya untuk dapat menentukan keputusan. Mau tidak mau adanya pemimpin ini harus hadir agar dapat mengarahkan anggotanya yang lain, sehingga setiap tindakan dapat diambil untuk mencapai tujuan dalam mempertahankan bisnis.

Susun Peraturan Dan Taati Bersama

Bukan berarti karena menjalankan bisnis bersama keluarga, maka anggotanya bebas melakukan apa saja yang di kehendaki. Jika hal ini terjadi maka akan sulit untuk dapat mempertahankan sebuah bisnis keluarga yang sedang di jalani. Peraturan tentu sangat penting untuk di buat dan di taati bersama dengan sepenuh hati.

Didalamnya mencakup berbagai tugas dari setiap masing-masing anggota, visi misi, hingga termasuk juga pembagian hasil keuntungan yang telah di raih. Adanya peraturan yang di bentuk juga hendaknya seluruh anggota memahami dan memilki tanggung jawab untuk mentaati, karena untuk kebaikan dan keberlangsungan perusahaan itu sendiri.

Membedakan Kepentingan Pribadi Dengan Bisnis

Sudah lumrah terjadi di keluarga manapun akan ada berbagai konflik yang mungkin saja harus di hadapi. Namun dari berbagai permasalahan tersebut tentu tidak selalu berhubungan dengan bisnis keluarga yang sedang sama-sama di jalankan. Maka dari itu lah, perlu adanya kesadaran dari setiap anggota untuk membedakan mana masalah pribadi dan mana kepentingan bisnis, jika di campur adukan tentu bisnis yang akan menjadi korban dan dalam jangka waktu beberapa saat saja pastinya tidak akan dapat bertahan.

Sediakan Waktu Untuk Bersantai

Berbagai ketegangan yang terjadi di saat sama-sama berjuang mempertahankan sebuah bisnis, perlu adanya suasana yang bisa mencairkan dan merefresh kembali hubungan antar anggotanya. Maka bagaimanapun padatnya aktifitas dan tugas menjalankan bisnis, ada baiknya sediakan beberapa waktu untuk dapat bersantai dan bersenang-senang bersama. Situasi seperti ini bisa merekatkan kembali tali persaudaraan yang pada ujungnya dapat mengoptimalkan kembali kinerja dari masing-masing.

Baca juga artikel menimbang untung rugi berbisnis bersama keluarga