Sudahkah Kamu Memiliki 7 Faktor Ini Untuk Jadi Pengusaha Muda?

Banyak anak muda yang mempunyai pikiran, bahwa mempunyai usaha sendiri mempunyai kesempatan lebih baik dari pada harus memulai karir dari awal. Mereka berpikiran menjadi pengusaha maka tak perlu mengandalkan penghasilan dari atasan. Selain itu, juga dapat mengelola penghasilannya sendiri.

Namun, semua orang tahu bahwa menjadi pengusaha tidaklah mudah. Apalagi jika memang dimulai dari nol. Mental yang kuat menjadi nasihat umum bagi mereka yang ingin menjadi pengusaha muda. Pendidikan formal saja tidak cukup untuk membentuk mental menjadi pengusaha muda.

Mark Zuckerberg (Facebook) dan Larry Page (Google) adalah salah satu contoh dari segelintir pengusaha yang sukses di usia muda bernilai jutaan dollar Amerika. Merry Riana merupakan salah generasi muda Indonesia yang juga berhasil sukses di usianya. Lantas, apa saja faktor yang dapat membuat mereka sukses di usia yang masih muda ?

1. Pengusaha Muda Harus Memiliki Semangat yang Membara

Semangat merupakan modal paling utama untuk memulai sebuah bisnis. Tanpa adanya semangat, tak ada pergerakan untuk memulai hal yang baru. Kamu akan tetap berjalan di tempat dan melihat dunia mengalir apa adanya. Kalau begitu, pengusaha sukses muda hanya akan menjadi impianmu.

Untuk menjadi young entrepreneur, cobalah mengumpulkan rasa semangatmu. Buat dirimu bergerak dan berpikir aktif. Jika kamu selalu berpikir untuk menemukan usaha yang cocok dengan kemampuanmu, maka jalan pikiranmu akan selalu lancar. Asalkan jangan hanya berpikir saja. Think and action, adalah kunci untuk langkah pertama. Jangan lupa bangun semangatmu, oke ?

2. Mudah Menyerah? Kubur Impianmu Menjadi Pengusaha Muda

Dalam menjalankan bisnis, kamu pasti akan menemui hambatan dan masalah. Rintangan akan menjadi ujianmu untuk membentuk pribadi pengusaha yang kuat. Kalau kamu mudah menyerah, jangan pernah berharap untuk sukses menjadi pengusaha muda.

Kamu perlu tekad yang kuat agar tidak mudah menyerah. Jadikan rintangan sebagai batu loncatan bahwa kamu akan sukses di masa yang akan datang. Dengan begini, kamu akan menjadi seseorang yang teguh dan yakin bahwa usahamu akan membuahkan hasil. Terus maju dan pantang menyerah !

3. Lihatlah Sekitarmu, Ubah Apapun Untuk Dijadikan Bisnis

Di dunia ini kamu nggak hidup sendirian. Ada banyak orang di sekitarmu, begitu juga kesempatan-kesempatan yang memungkinkan untuk dijadikan bisnis. Matamu harus jeli melihat serta memilah, bisnis apa yang akan membuatmu sukses di masa depan. Nggak sedikit yang sukses dimulai dari usaha kecil.

Justru dari usaha-usaha yang kecil, kamu akan menjadikan bisnis itu dicari oleh banyak orang. Semakin banyak yang membutuhkan, maka produksimu akan semakin bertambah. Lambat laun bisnismu akan berkembang. Kemampuan melihat hal yang jeli dan membuat solusi permasalahannya merupakan salah satu kunci sukses menjadi pengusaha muda.

4. Berani Mengambil Resiko, Bertanggung Jawab dan Belajarlah Dari Kegagalan

Pengusaha muda terkadang tidak terlalu banyak menganalisis untuk mengambil keputusan. Kebanyakan dari mereka memilih untuk bertindak dan memikirkan resiko sebagai bagian yang harus dihadapi. Contohnya ketika Mark Zuckerberg memutuskan untuk berhenti dari kuliahnya di Harvard.

Namun, jangan lantas lari dari resiko yang didapat. Buktikan pada orang lain, bahwa dengan mengambil resiko tersebut maka kamu akan menjadi orang sukses di kemudian hari. Kebanyakan orang akan menyayangkan keputusanmu sehingga mereka akan mengatakanmu sangat gegabah. Patahkan bukti tersebut ! Katakan bahwa kamu bertanggung jawab atas apa yang kamu lakukan

Begitu pula selama menjalankan bisnis, jalanmu tak akan selalu mulus. Bisa jadi usaha pertamamu gagal, sehingga membuatmu terpaksa berhenti sesaat. Belajarlah dari kegagalan tersebut. Faktor apa saja yang membuatmu gagal. Ingat, Thomas Alfa Edison membutuhkan lebih dari 9000 kali percobaan untuk menemukan lampu pijar.

Baca juga jadi pengusaha wajib miliki mental berikut ini

5. Ayo Berinovasi! Temukan Hal-Hal Baru yang Unik !

Jika usaha pertamamu gagal dan membuat pergerakanmu berhenti sesaat, jangan patah semangat. Gunakan ketiga cara sebelumnya untuk menemukan hal-hal yang baru. Kamu nggak perlu mengubah total apa yang sudah dikerjakan. Bisa jadi, kamu menemukan inovasi baru sehingga membuat usahamu hidup kembali.

Kemampuan untuk jeli melihat kesempatan di sekitar akan menolongmu untuk menciptakan hal-hal baru yang belum pernah ada. Buatlah hal yang unik, sehingga membuat orang lain penasaran dengan karyamu. Dengan begini, kamu akan dituntut untuk selalu berpikir kreatif.

Baca juga kreatif jam tangan bisa di buat dari kayu

6. Tingkatkan Kemampuan Networking, Jangan Malu Meminta Bantuan

Networking adalah salah satu kunci sukses untuk membangun bisnis. Jangan sampai kamu malu untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar maupun dengan karyawan yang kamu pimpin. Perbaiki cara komunikasi agar tidak mudah terjadi salah paham. Beranikan dirimu untuk terjun di lingkungan yang baru. Perkenalkan diri dan bentuk bisnismu. Hal ini juga dapat memperluas jaringan usaha yang kamu miliki.

Jika nanti ada saat kamu mengalami kesulitan, jangan ragu untuk meminta bantuan di sekitarmu. Networking yang sudah kamu bangun dengan baik akan memudahkanmu untuk keluar dari jerat masalah. Mereka tak akan segan membantumu, kalau kamu sudah membangun komunikasi yang bagus.

7. Fokus Pada Usahamu, Bersabar Pada Proses, dan Yakinlah Terhadap Diri Sendiri

Tidak ada hasil yang didapat secara instan. Bisnis yang kamu jalankan bukan merupakan sulap anak-anak yang dapat berhasil dalam sekejap. Semuanya melalui proses. Melihat kesempatan yang ada, berani mengambil resiko, belajar dari kegagalan dan terus berinovasi merupakan proses dalam mewujudkan bisnis yang kamu jalankan. Fokuslah terhadap dirimu yang menginginkan menjadi pengusaha muda nan sukses.

Proses yang kamu dapatkan nanti akan membuat bisnismu akan semakin berkembang. Asalkan, jangan mudah menyerah pada keadaan. Terkadang, proses tersebut membutuhkan waktu yang sangat panjang. Semuanya tergantung pada dirimu, apakah akan berhenti di tengah jalan atau tetap teguh melanjutkan cita-cita.

7 faktor di atas akan sia-sia kalau kamu tidak yakin pada dirimu sendiri. Yakinlah pada usaha dan perjuanganmu, bahwa suatu saat nanti kamu akan memetik hasilnya. Memang dalam jangka waktu dekat, hasilnya belum terlalu nyata. Itu semua merupakan proses yang harus dilalui. Semakin matang prosesnya, maka hasil yang kamu petik akan semakin baik. Ingat, bisnis itu bukan makanan cepat saji.

Untuk menjadi pengusaha sukses tentu saja tidak hanya membutuhkan faktor-faktor di atas. Selama prosesnya, kamu akan menemukan sendiri faktor yang lain. Siapa tahu kamu menemukan faktor lain yang lebih mumpuni untuk menjadi seorang pengusaha muda yang sukses. Asalkan kamu mempunyai tekad yang tidak tergoyahkan, maka bisa jadi perjalananmu akan dilancarkan. Selamat berjuang menjadi young enterpreneur!

Baca juga artikel ragam jenis usaha sukses yang dijalankan anak muda