Strategi Terbaru Jualan Pakaian di Facebook

Sempat terfikir untuk mulai jualan pakaian di Facebook? Ya, Facebook memang tempat yang sangat cocok untuk jualan barang apa saja yang penting anda sudah menguasai ilmunya.

Pada artikel sebelumnya kami sudah mempublikasikan tentang cara jualan makanan terbaru via Facebook. Nah, sekarang giliran pakaian termasuk baju, hijab, celana, dan lain sebagainya.

Sebenarnya ada banyak kendala ketika kita ingin menjual pakaian secara online, salah satunya adalah memikirkan cara agar pembeli bisa mendapatkan gambaran yang akurat terkait produk yang kita jual.

Sementara itu mustahil bagi pembeli untuk menyentuh secara fisik pakaian yang kita jual secara online. Nah, kendala tersebut ternyata mampu diatasi jika anda buka lapak di Facebook.

Berikut ini adalah strategi terbaru jualan pakaian di Facebook, agar konsumen benar-benar yakin terhadap kualitas pakaian yang anda jual.

Jualan Pakaian di Facebook

Pahami Kualitas Pakaian Secara Detail

Pertama kita harus benar-benar paham bahwa kualitas = harga. Apapun kualitas pakaian yang anda tawarkan pada prinsipnya memiliki potensi sale (penjualan) yang sama.

Kuncinya terdapat pada harga, karena konsumen tidak akan mempermasalahkan harga jika itu memang sesuai dengan kualitas. Dengan demikian, anda harus punya optimisme terhadap produk yang anda jual, sehingga anda bisa membuka celah untuk produk tersebut sesuai dengan segmentasi pasar.

Sebagai contoh anda ingin menjual produk pakaian berupa kaos. Sebelum launching toko anda wajib memahami fitur fundamental dari kaos tersebut diantaranya adalah jenis kain (seperti katun / katun combet / katun kardet, dsb), jenis sablon dan kualitasnya, dan kualitas jahitan.

Setelah anda memahami berbagai macam kualitas pakaian, selanjutnya anda bisa memainkan harga agar bisa bersaing dengan kompetitor. Dan jika sudah yakin untuk bersaing, maka anda bisa melakukan promosi dengan cara ekstrim seperti yang dijelaskan pada poin di bawah ini.


Baca Juga Berjualan Baju di Rumah ? Ini Caranya Agar Laku Keras

Buat Jadwal Untuk Siaran Langsung

Fitur live streaming alias siaran langsung merupakan fitur andalan yang sulit anda temukan ditempat lain. Di Facebook anda bisa menggunakannya secara gratis (hanya modal kuota internet saja).

Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dari fitur ini untuk menjual pakaian di Facebook, diantaranya adalah:

  • Menunjukkan bahan pakaian secara langsung kepada konsumen
  • Demonstrasi ukuran pakaian yang tersedia. Ini sangat penting, mengingat ukuran pakaian terkadang tidak sama. Ukuran XL di toko A belum tentu sama dengan yang ada di toko B.
  • Demonstrasi fitur pakaian secara lebih mendetail seperti jenis sablon, warna, kualitas resleting, jahitan dan lain sebagainya
  • Menunjukkan varian sebuah produk apabila ada
  • Menunjukkan stok agar pembeli lebih yakin, bahwa produk memang ada di tempat anda
  • Demonstrasi tentang cara memakai sebuah produk baru. Tutorial seperti ini mungkin sangat diperlukan untuk produk hijab dan yang berhubungan

Nah, ternyata fitur siaran langsung tersebut cukup bermanfaat dan anda harus mencobanya. Namun demikian, anda tidak lantas langsung mengadakan siaran langsung tanpa konsep yang jelas. Tentukan dulu hal-hal berikut ini sebelum live:

  • Petakan target audience yang akan nonton siaran langsung yang anda lakukan. Di awal promosi, ini terkesan sulit dan memang butuh waktu. Tapi anda harus ingat bahwa Facebook adalah sosial media, jadi kalau promosi anda benar-benar menarik, tak menutup kemungkinan anda bisa mendapat ribuan permintaan pertemanan dalam waktu singkat
  • Atur setting video yang jelas dan menarik
  • Lakukan percobaan dulu sebelum live
  • Persiapkan produk andalan, karena setiap toko memiliki produk unggulannya

Baca Juga Jualan di Facebook, Apakah Masih Berpotensi di Jaman Sekarang?

Diantara banyaknya penjual pakaian di Facebook, mungkin hanya segelintir saja yang mau dan tidak malas untuk menggunakan fitur siaran langsung. Fitur ini memang terkesan agak ribet digunakan karena butuh banyak persiapan, tapi sangat ampuh untuk memanjakan konsumen.