Strategi Riset Pasar Yang Tertarget

Menjalankan riset terhadap pasar sebaiknya dilakukan sebelum kita menentukan produk apa yang akan di jual. Sehingga nantinya kita akan menjual produk yang memang benar-benar di perlukan dan tertarget. Bukan sebaliknya, setelah produk akan di pasarkan baru kita meriset pangsa pasarnya, jika begitu nantinya kita akan memaksakan produk agar laku di pasaran.

Hasil riset inilah yang nantinya kita jadikan patokan untuk mencari atau membuat produk yang paling sesuai, lalu di susul dengan mempersiapkan langkah untuk pemasaran. Jadi riset pasar ini lah yang menentukan bisnis yang akan kita jalankan, dan juga menentukan langkah strategis selanjutnya.

Lalu, bagaimanakan strategi riset pasar yang paling baik untuk di jalankan, agar nantinya produk kita dapat tertarget dan diterima dengan mudah oleh konsumennya. Berikut ini cara yang bisa di lakukan :

1. Amati Dan Lakukan Survey

Kita bisa perhatikan trend yang sedang di gemari di masyarakat dan juga perkembangannya, apa sajakah kebutuhan yang saat ini sedang di cari kebanyakan masyarat, dan amati juga produk-produk lain yang sudah beredar di pasaran.

Hasil pertimbangan ini selanjutnya kita lebih pastikan dengan menempuh langkah survey secara langsung, misalnya dengan berbincang kepada masyarakat yang akan menjadi target calon konsumen kita, atau bisa juga dengan meminta informasi kepada pelaku usaha yang telah menjalankan bisnis yang sejenis dengan kita.

Dengan begitu kita bisa mengetahui minat secara pasti apa yang menjadi kebutuhan konsumen.

2. Perhatikan Persaingan

strategi riset pasar

Advertisement

Dalam melakukan riset terhadap pasar, kita juga harus pertimbangkan secara matang mengenai kemungkinan terjadinya persaingan antara usaha lainnya, ini sangat penting untuk di lakukan untuk mengukur sampai sejauh mana kita dapat mengatasinya, jika kita melihat persaingan yang terlampau sulit untuk di jalani, maka dapat kita cari solusinya sebelum kita benar-benar terjun ke bisnis tersebut.

Dalam mengatasi persaingan kita harus berupaya mencari celah mana yang dapat kita masuki untuk dapat lebih memberikan produk yang berkualitas kepada konsumen. Lalu tawarkan inovasi baru untuk bersaing di pasar yang telah di penuhi para pesaing tersebut.

Baca juga artikel Menjalankan Usaha Dengan Persaingan Yang Sehat

3. Lakukan Uji Coba

Sebaiknya sebelum benar-benar terjun secara penuh, kita lakukan uji coba terlebih dahulu untuk mengetahui tanggapan pasar. Bisa kita lakukan misalnya dengan cara menitipkan produk kepada peluku usaha sekitar, atau membagikan kepada rekan-rekan agar mengetahui pendapat mereka. Setelahnya kita bisa respon masukan dari mereka, mengenai hal yang dapat menyempurnakan produk sebelum di tawarkan kepada pasar yang lebih luas.

Mengingat langkah ini sangat penting untuk di lakukan sebelum akan memulai berbisnis, maka jalankan dengan serius dan amati baik-baik reaksi dari masyarakat yang akan menjadi target pasar kita. Agar nantinya bisnis yang kita jalankan lebih tepat sasaran dan dapat memberikan hasil yang memuaskan. Selamat Mencoba..

Baca juga artikel Jenis Usaha Yang Paling Laku Di Pasaran Saat Ini