Strategi Promosi Menggunakan Hadiah Merchandise

Pernahkah anda membeli sebuah produk lalu di hadiahi sebuah merchandise atau souvenir dari sebuah toko ? tentu saja banyak dari kita yang pernah mengalaminya. Itu adalah salah satu cara pelaku usaha untuk mempromosikan produk yang di miliknya. Lalu seberapa efektifnya strategi promosi yang dilakukan dengan cara seperti ini, mari kita bahas bersama-sama.

Ternyata survey membuktikan, konsumen sangat tertarik kepada hadiah yang di berikan tersebut, sehingga banyak di manfaatkan oleh para pebisnis untuk mengambil hati agar bisa terjadi penjualan. Bisa kita perhatikan kebanyakan para ibu rumah tangga yang sering berbelanja ke minimarket, akan rajin mengumpulkan semacam kupon yang didapatkan dari nilai belanjaan saat mencapai jumlah yang ditetapkan, jika kupon telah mencapai jumlah tertentu maka dapat di tukarkan dengan beragam merchandise menarik.

Selain itu menerapkan cara ini juga dapat mengenalkan sebuah brand atau merk kepada masyarakat luas, banyak diantaranya perusahaan yang sengaja menampilkan logo,merk,nama perusahaan hingga visi misinya pada produk merchandise atau souvenir yang dibagikan. Tujuannya jelas agar produk atau jasa mereka semakin di kenal, terlebih disaat ini terjadi persaingan usaha yang kian sengit.

Jika anda akan menerapkan sistim promosi seperti ini, berikut ini beberapa tipsnya agar target pemasaran anda bisa tercapai :

  • Sesuaikan Produk Dengan Pasar

Sebaiknya lakukan survey terlebih dahulu pada minat dan kebutuhan yang paling penting bagi target pasar yang anda bidik, sehingga merchandise yang anda berikan bisa bermanfaat bagi konsumen. Misalnya memberikan produk piring, gelas atau mangkuk jika target pasar produk anda adalah kebanyakan dari kalangan ibu rumah tangga, atau jika target pasar adalah anak-anak maka produk yang tepat adalah mainan yang kebanyakan di sukai mereka.

  • Bermanfaat Dalam Jangka Panjang

Strategi Promosi Menggunakan Merchandise

Selain itu perlu di pertimbangkan juga pemberian hadiah merchandise yang memiliki manfaat hingga jangka panjang, agar konsumen pun senantiasa mengingat produk kita dalam waktu yang lama. Misalnya saja dengan memberikan kalender berbranding merk anda , maka bisnis anda akan selalu di perhatikan konsumen hingga setahun lamanya. Atau pemberian berupa berupa jam dinding yang akan sering di lihat dan awet fungsinya.

  • Sesuaikan Dengan Event Tertentu

Jika sedang terjadi peningkatan trend atau even tertentu, misalnya saja saat piala dunia, anda bisa manfaatkan moment ini sebagai ajang berpromosi dengan memberikan merchandise atau souvenir yang sesuai dengan event tersebut. Dengan adanya event itu, maka masyarakat akan banyak yang meperbincangkannya, sehingga mendorong untuk membeli produk yang anda tawarkan karena ingin mandapatkan hadiahnya.

  • Berikan Merchandise Berkualitas

Meski barang yang ada berikan adalah gratis sifatnya, akan tetapi sebaiknya jangan remehkan hal ini, karena souvenir yang anda berikan mewakili nama perusahaan. Maka jangan pernah berikan hadiah dengan barang yang memiliki kualitas sangat rendah, lebih baik hitung ulang kembali budget biaya promosi anda, jika hadiah yang akan anda berikan terlampau berharga tinggi, sebaiknya pilih jenis merchandise lainnya.

Baca juga artikel Strategi Promosi Cara Memasarkan Produk Dan Jasa Yang Baru