Strategi Promosi Cara Memasarkan Produk Dan Jasa Yang Baru

Dalam memasarkan produk atau jasa yang baru di kenal, untuk tahap-tahap awal memang sedikit menyulitkan dan memerlukan modal yang cukup besar, akan tetapi jika masyarakat luas sudah mengenal, itu akan menjadi keuntungan besar yang bisa anda dapatkan. Untuk itu menjadi kewajiban untuk semua jenis usaha agar mempromosikan produk atau jasa terbarunya, agar usahanya bisa berjalan dan menghasilkan keuntungan. Seringkali pelaku usaha yang baru merintis merasa kebingungan pada tahap ini, atau setidaknya memerlukan informasi tambahan agar produk atau jasanya cepat dikenal, maka kami disini akan memberikan sedikit dari yang kami ketahui, dalam menjalankan strategi promosi, baik itu suatu produk ataupun jasa yang akan di pasarkan.

promosi produk dan jasa

Riset Pasar Yang Ditargetkan

Sangat penting untuk mengetahui target pasar produk atau jasa yang akan kita bidik, dengan mengetahuinya kita bisa menyesuaikan produk atau jasa yang akan kita tawarkan agar sesuai dengan kebutuhan konsumen, sehingga saat memasarkan akan terasa lebih mudah dan mendapatkan hasil seperti yang di inginkan. Sebaliknya jika tidak mengetahui target pasar konsumen kita, maka dalam memasarkan produk akan sulit dan memakan waktu yang lama, tentu ini akan merugikan. Riset pasar bisa di lakukan dengan beberapa cara :

  • Perhatikan kompetitor

Jika bidang usaha anda sudah banyak terdapat kompetior yang sejenis, anda bisa mengevaluasi cara kerja mereka, cari tahu layanan atau kelebihan suatu produk atau jasa yang tidak mereka miliki, itu bisa menjadikan produk atau jasa anda memiliki nilai lebih di mata komsumen.

  • Perhatikan kebutuhan konsumen

Setelah anda mengetahui kekurangan yang ada di kompetitor kita, kita bisa melengkapinya dengan memerhatikan apa yang di butuhkan konsumen.

Advertisement

Contoh 1 : Jika kompetitor kita tidak memiliki layanan delivery untuk mengirimkan produknya langsung ke rumah konsumen, maka anda bisa menambahkannya pada bidang usaha anda, namun sebelumnya harus di riset juga, apakah jika layanan tersebut di terapkan, akan lebih memudahkan konsumen.

Contoh 2 : Misalkan dalam menawaran jasanya kompetitor kita tidak memberikan keringanan tempo pembayaran, anda bisa menawarkan jasa anda kepada konsumen dengan sistim pembayaran yang ringan, misalkan bisa dicicil sesuai dengan kemampuan konsumen.

Dengan begitu produk atau jasa anda dapat bersaing di pasaran karena anda memiliki nilai lebih yang tidak dimiliki oleh kompetitor anda, sehingga usaha anda bisa lebih dipilih konsumen. Dengan manjalankan strategi memperhatikan kompetitor ini, anda juga akan menghemat waktu dan modal untuk meriset pasar dari awal, karena sudah dilakukan oleh kompetitor kita.

Promosikan Usaha anda Dan raih pelanggan

Setelah kita meriset pasar dan sudah di terapkan kepada produk atau jasa anda, selanjutnya anda bisa mempromosikannya. Tawarkan kepada konsumen kalau produk atau jasa anda ini mempunyai nilai lebih, agar konsumen mempunya alasan untuk menggunakan produk atau jasa yang anda tawarkan. Terapkan sistim promosi yang terlihat unik di mata konsumen, anda bisa baca di artikel Menarik Konsumen Konsumen Dengan Pemasaran Yang Unik.

Dalam mempromosikan produk atau jasa yang baru tentu akan memerlukan modal yang perlu anda persiapkan sebelum memulai usaha, karena sebagus apapun usaha anda tidak akan berjalan tanpa adanya promosi yang anda lakukan, sehingga hendaknya biaya promosi ini di masukkan kedalam kalkulasi saat akan memulai usaha, agar pada waktunya anda bisa menjalankan dengan maksimal.

Dan selanjutnya jaring sebanyak-banyaknya pelanggan yang bisa menggunakan produk atau jasa anda secara continue, agar usaha anda dapat bertahan dalam jangka panjang. Usahakan agar konsumen tidak menggunakan produk atau jasa anda hanya satu kali saja, berikan alasan kepada meraka agar usaha anda yang selalu menjadi pilihan. Untuk meraih pelanggan anda bisa baca artikel Cara Mendapatkan Pelanggan Dan Mempertahankannya