Strategi Pengiriman Barang Bagi Anda Penjual di Marketplace Etsy

Sudah ada konsumen yang membeli produk buatan anda di Etsy ? Selamat jika anda sudah mendapatkan pembeli pertama! Namun jangan bersenang-senang terlebih dahulu, anda masih memiliki satu tugas penting setelah ada yang membeli produk anda di Etsy.

Ya, tugas paling penting yang wajib diperhatikan oleh seorang penjual di Etsy adalah mengirimkan produk yang dijual dengan aman sampai ke tangan konsumen.

Pengiriman barang ke luar negeri ini masih menjadi salah satu kendala bagi penjual di Marketplace Etsy, terutama yang masih tergolong pemula. Pasalnya, proses pengiriman ini tidak semudah proses kirim barang antar kota atau antar pulau di Indonesia.

Bahkan proses pengiriman luar negeri ini juga sangat mempengaruhi harga jual produk anda di Etsy. Bagi anda yang masih belum paham mengenai apa hubungan harga jual produk dengan biaya kirim di Etsy, anda bisa membacanya lebih lanjut di artikel berjudul Tips Menentukan Harga Jual Produk di Etsy.

Bagi anda yang baru mendapatkan konsumen pertama ataupun yang baru selesai membaca artikel berjudul Cara Berjualan Online di Etsy dari Persiapan Sampai Siap Jualan, ada baiknya anda juga mempelajari bagaimana proses cara pengirimannya, selengkapnya simak saja di artikel ini.

Strategi Pengiriman Barang Bagi Anda Penjual di Marketplace Etsy

3 Jasa Ekspedisi yang Biasa Digunakan Untuk Pengiriman Barang ke Luar Negeri Oleh Penjual Etsy

Berbicara mengenai pengiriman barang ke luar negeri bagi anda yang menjual produk di marketplace luar negeri seperti Etsy, anda bisa memilih salah satu dari 3 jasa ekspedisi berikut ini:

1. DHL

DHL adalah jasa pengiriman yang paling sering digunakan oleh penjual di Etsy. Hal ini dikarenakan kebanyakan konsumen sendiri yang meminta penjual untuk mengirimkan barang menggunakan jasa ekspedisi tersebut.

Secara garis besar, DHL memiliki beberapa macam kelebihan seperti:

  • Proses pengirimannya sangat cepat.
  • Barang yang anda kirimkan benar-benar terjamin keamanannya sampai ke tangan konsumen.
  • Memiliki sistem tracking real time yang sudah sangat baik.

Sayangnya, sebagai penyedia jasa pengiriman, DHL juga masih memiliki beberapa kelemahan seperti:

  • Biaya kirim yang sangat mahal.
  • Tidak memiliki banyak agen.

DHL memang mematok tarif yang cukup mahal untuk mengirimkan produk sampai ke tangan konsumen anda. Oleh sebab itu, DHL ini paling cocok digunakan untuk mengirimkan produk yang dijual dengan kisaran harga diatas $200.

2. FEDEX

Selain DHL, jasa pengiriman barang ke luar negeri yang juga biasa digunakan oleh penjual Etsy adalah FEDEX. FEDEX bisa dikatakan memiliki kelebihan dan kekurangan yang sama seperti DHL. Karena proses pengiriman menggunakan FEDEX ini cukup cepat dan juga dijamin keamanannya, jelas anda harus membayar tarif yang lebih mahal. Jasa pengiriman ini juga paling cocok digunakan untuk mengirimkan produk yang memiliki harga jual lebih dari $200.

3. POS

Jika berbicara masalah pengiriman barang dengan para penjual Etsy di Indonesia, mayoritas pasti menyarankan anda untuk mengirimkan barang menggunakan jasa POS.


POS memang menjadi primadona untuk urusan pengiriman barang antar negara. Kenapa? Karena tarif pengiriman barang menggunakan POS itu jauh lebih murah dibandingkan jasa pengiriman lainnya.

Namun karena murah, jelas POS tidak bisa memberikan kelebihan yang dimiliki oleh jasa yang lebih mahal. Salah satunya proses pengiriman barang melalui POS ini membutuhkan waktu yang sangat lama dan bahkan bisa sampai 1 bulan. Namun demikian, ada juga pilihan untuk mengirimkan produk keluar negeri dengan waktu yang lebih cepat.

Bagi anda yang ingin mengirimkan produk pesanan konsumen di Etsy menggunakan POS, sebaiknya datang langsung ke kantor POS pusat di kota anda untuk mendapatkan informasi mengenai proses pengiriman barang. Karena setiap kantor POS terkadang memiliki kebijakan dan tarif yang berbeda.

Trik Mengatasi Biaya Pengiriman Barang ke Luar Negeri yang Lebih Mahal dari Harga Barang

Salah satu penyebab utama kenapa produk yang anda listing di Etsy tidak laku biasanya karena harga barang justru lebih murah dibandingkan biaya kirimnya.

Masalah ini paling sering dialami oleh penjual Etsy di Indonesia. Pasalnya memang tarif pengiriman barang ke luar Indonesia masih cukup mahal. Namun tingginya tarif pengiriman tersebut sebenarnya tidak bisa menjadi alasan anda untuk tidak mencoba menjual kerajinan tangan di Etsy.

Berikut ini adalah cara mengatasi masalah biaya pengiriman yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga produk yang dijual di Etsy tersebut:

  • Cek biaya pengiriman

Sebelum listing produk di Etsy, sebaiknya anda cek terlebih dahulu berapa biaya pengiriman yang harus anda bayar untuk produk yang anda jual. Catat biaya pengiriman barang dari Indonesia ke beberapa negara seperti Australia, Amerika, Inggris, dan negara di benua Eropa. Pastikan juga semua biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya packing dan asuransi.

  • Memperkecil biaya kirim dengan menaikkan harga jual produk

Jika ternyata memang biaya pengiriman jauh lebih mahal dari harga jual produk anda, kemungkinan besar produk anda tidak akan laku ketika dipromosikan di Etsy. Untuk mengatasinya, anda bisa memperkecil biaya kirim dengan cara menaikkan harga jual produk anda.

Misalkan harga jual produk anda adalah $9 dan biaya kirimnya adalah $15. Dengan melihat harga tersebut saja, anda tentu sudah bisa memprediksi bukan bahwa tidak banyak orang yang rela membayar biaya kirim yang lebih mahal dibandingkan dengan harga produknya.

Namun bagaimana jika harga jual produk anda $20 dan biaya kirimnya hanya $4 ? Kemungkinan besar lebih banyak konsumen yang tertarik untuk membeli produk anda bukan?

Apakah cara memperkecil biaya pengiriman tersebut selalu berhasil?

Semua itu tergantung dari kualitas dari produk yang anda jual di Etsy. Jika produk anda memang memiliki kualitas yang bagus (terutama proses pembuatannya sangat rumit), kemungkinan tetap ada banyak konsumen yang mau membeli produk anda meskipun harganya jauh lebih mahal dari hitungan harga jual pokok.

Lalu bagaimana jika ternyata tarif pengiriman jauh lebih murah dari harga produk anda? Apakah anda tetap harus menaikkan harga jual produk anda untuk menutup biaya kirim?

Bagi anda yang menjual produk secara online di marketplace luar negeri seperti Etsy, anda tetap disarankan untuk menaikkan harga jual produk sebanyak beberapa Dolar. Kenapa? Karena hal tersebut digunakan untuk menutup kenaikan nilai tukar Dolar terhadap Rupiah.

Jika nilai tukar Dolar dari Rupiah meningkat, maka mau tidak mau tarif pengiriman juga akan meningkat. Jika anda tidak menaikkan harga jual produk, kemungkinan besar anda justru akan mengalami kerugian karena biaya kirim yang tiba-tiba naik.

Menjual barang hasil buatan anda sendiri di marketplace seperti Etsy memang cukup rumit, terutama dalam hal pengiriman barang ke luar negeri. Namun demikian, anda juga bisa mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar dengan menjual produk karya anda sendiri di Etsy.