Strategi Melipatgandakan Keuntungan UKM Dengan Go Online

Pengembangan UKM ( Usaha Kecil Menengah ) dapat di lakukan dengan berbagai cara, langkah paling strategis untuk sekarang ini salah satunya adalah dengan mulai membawa usaha tersebut ke dunia online. Alasan utamanya karena potensi berkembangnya pengguna internet di Indonesia yang cukup besar, sehingga sangat di sayangkan jika kita melewatkan potensi pasar ini.

Terbukti dengan semakin banyak dan gencarnya perusahaan-perusahaan baik itu lokal ataupun mancanegara yang memanfaatkan dunia online sebagai salah satu cara untuk mendapatkan pelanggan, tidak sedikit juga diantaranya yang berani mempromosikannya secara besar-besaran di berbagai media.

Maka mulailah dari sekarang, raih keuntungan berlipat untuk UKM anda dengan langkah go online. Bagaimana straterginya, berikut ini ulasannya.

ukm go online

Bangun Image Profesional

Image perusahaan dalam dunia online sangatlah penting untuk bisa kita tampilkan dengan profesional kepada pengguna, hal ini cukup besar pengaruhnya dalam mensukseskan usaha kita menjaring pelanggan dari internet. Salah satu yang harus di perhatikan adalah penggunaan nama atau brand dari usaha yang kita miliki, dan dalam dunia internet hal tersebut terwakili dalam sebuah nama domain yang di gunakan.

Perlu di ketahui juga, untuk dapat berjalan sebuah website memerlukan hosting yang merupakan sebuah ruang penyimpanan untuk memuat segala meteri yang akan kita sertakan di web, seperti gambar, teks, email dan lain sebagainya, hosting tersebut akan terkait dengan nama domain yang kita miliki sehingga menjadi satu kesatuan.

Selanjutnya untuk membangun image profesional juga hendaknya tidak asal-asalan dalam membuat website yang akan di gunakan sebagai sarana mempromosikan layanan usaha. Dalam hal ini akan di perlukan kreatifitas kita dalam meracik tampilan website agar terlihat meyakinkan, namun anda tidak perlu khawatir mengalami kesulitan karena sekarang ini telah banyak aplikasi yang cukup mudah untuk di gunakan dalam membangun website.

Advertisement

Paling populer banyak di gunakan adalah web yang di buat dengan berbasis wordpress, selain cukup bisa diandalkan untuk membangun tampilan website menjadi terlihat profesional, menggunakannya juga bisa dengan mudah di lakukan bahkan untuk pemula.

Strategi Promosi Website

Tahapan selanjutnya untuk mensukseskan langkah go online pada UKM yang kita jalankan adalah mempromosikan website yang sudah kita bangun. Langkah sebelumnya yaitu membangun image profesional pada website akan percuma jika tidak di ikuti dengan mempromosikannya kepada pengguna internet secara luas. Dalam berpromosi ini di perlukan sebuah strategi online marketing yang efektif agar dapat meraih pelanggan sesuai dengan target usaha yang kita jalankan, langkah ini juga perlu dilakukan secara konsisten agar sukses melipatgandakan keuntungan dari dunia internet ini.

Caranya bisa dengan memanfaatkan media sosial, cara ini termasuk paling mudah dan juga tidak membutuhkan biaya promosi yang besar. Saat ini terdapat beberapa pilihan media sosial yang populer banyak penggemarnya, seperti facebook, twitter atau instagram. Dengan aktif di dalamnya, cukup bisa signifikan menarik pengguna internet untuk mengunjugi website kita.

Baca juga artikel 3 peluang bisnis di aplikasi instagram

Cara lain adalah dengan aktif di berbagai forum-forum internet terkemuka, tentunya kita bisa pilih forum yang paling relevan dengan bidang usaha yang di jalankan. Atau juga bisa dengan memasang iklan secara langsung di situs-situs terkenal, namun cara ini pastinya akan membutuhkan sejumlah biaya untuk menjalankannya.

Yang di kenal paling signifikan dalam mempromosikan website saat ini adalah dengan memanfaatkan mesin pencari atau search engine untuk bisa menampilkan website UKM kita di posisi halaman depan, istilahnya SEO ( Search Engine Optimization ). Pasalnya kebanyakan pengguna internet dalam mencari aneka informasi di internet adalah dengan menggunakan mesin pencari seperti yang paling populer saat ini yaitu google. Dengan posisi website kita yang berada di halaman depan, maka bisa sangat banyak pengunjung yang datang melalui strategi promosi ini.

Baca juga artikel syarat sukses menjalankan bisnis online