Strategi Bisnis Menjual Produk Berharga Mahal

Produk yang bernilai harga jual yang cukup tinggi atau mahal akan memiliki segmen pasar tersendiri, biasanya konsumennya terbatas hanya kepada kalangan menengah hingga atas. Untuk bisa menjaring kalangan ini akan membutuhkan strategi bisnis tersendiri, tidak bisa di samakan seperti menjual produk dengan harga yang biasa saja.

Tingkat kesulitan untuk bisa sukses menjual produk mahal memang terhitung tidak mudah, konsumen di segmen ini memiliki pertimbangan berbeda di bandingkan dengan konsumen pada umumnya. Mereka tidak lagi mempertimbangkan soal harga, namun lebih ke kualitas serta “gengsi” dari produk yang akan di belinya.

Yang menyebabkan memasarkan produk berharga tinggi ini tidak mudah adalah salah satunya karena jumlah konsumennya yang sedikit, tidak seperti kalangan menengah kebawah yang keberadaanya mudah di cari.

Untuk itu pada artikel kali ini kami mencoba memberikan sedikit tips untuk anda yang kebetulan berbisnis produk-produk berharga tinggi yang konsumennya cukup sulit di temukan ini.

Pastikan Produk Memiliki Kriteria Yang Tepat

menjual barang mahal

Paling awal yang harus kita lakukan adalah memastikan bahwa produk memanglah pantas untuk di bandrol dengan harga yang tinggi. Ambil contoh pada sebuah produk mobil mewah, Mengapa ada konsumen yang rela mengeluarkan uangnya hingga milyaran untuk membeli sebuah mobil mewah, padahal di pasaran banyak pilihan yang bisa didapatkan hanya dengan ratusan juta saja ? Jawabannya kerena mobil yang berharga milyaran tersebut tidak banyak orang yang pakai sehingga gengsinya tinggi, memiliki performa yang tinggi, kualitas interior berkelas, atau juga karena limited edition ( di jual terbatas ), dan lain sebagainya.

Artinya, kalangan atas lebih mementingkan kualitas dan nilai prestige dari sebuah produk yang akan di belinya. Untuk itu pastikan produk mahal yang akan kita pasarkan, memiliki kriteria seperti diatas.

Temukan Konsumen Yang Tepat

Produk sudah sesuai kriteria, selanjutnya kita harus pasarkan kepada konsumen yang tepat. Yang terjadi akan percuma saja jika tawarkan barang yang mahal ini kepada kalangan menengah kebawah, akan sulit untuk bisa terjadi transaksi. Maka pastikan produk yang tepat di tawarkan pula kepada konsumen yang tepat.

Untuk bisa menemukan konsumen yang tepat tersebut, maka kita harus upayakan agar penawaran dilakukan dengan salah satunya menyediakan sarana yang mendukung, misalnya menyediakan tempat berjualan yang memadai, seperti toko yang lebih eksklusif, pelayanan lebih private, dan berbagai kelebihan lainnya. Dengan begitu secara otomatis konsumen pun akan sadar dengan sendirinya, toko mana yang memang pantas mereka datangi.

Teknik Penawaran Yang Tepat

Selanjutnya konsumen yang tepat telah kita dapatkan perhatiannya, maka langkah terahir yang harus kita lakukan adalah memberikan penawaran yang tepat agar mereka bertransaksi membeli produk mahal yang kita tawarkan. Teknik yang dilakukan sama sekali berbeda dengan menawarkan barang dengan kategori biasa saja yang cenderung dilakukan langsung agar cepat terjadi transaksi, untuk menawarkan barang yang berharga agak mahal sebaiknya hal tersebut jangan di lakukan.

Sebaiknya cari tahu secara mendetail terlebih dahulu apa minat calon konsumen, pancing agar konsumen mau percaya dan mengutarakan apa yang menjadi kebutuhannya. Bahkan dalam beberapa bisnis yang produknya benar-benar eksklusif, komunikasi seperti ini dilakukan secara khusus di tempat yang eksklusif pula.

Menjual produk yang mahal memang sedikit membutuhkan cara yang spesial, sesuai dengan profit yang bisa di dapatkan yang pastinya memiliki nilai fantastis untuk setiap kali transaksi penjualan.