Strategi Bisnis Menghadapi Kondisi Ekonomi Global

Sistem ekonomi baru (ekonomi global) telah lama kita dengar kabarnya, yang mana dengan datangnya masa ekonomi global tersebut maka sistem ekonomi akan banyak berubah. Perubahan tersebut akan mempengaruhi sistem ekonomi yang telah berjalan sebelumnya. Dengan memahami paradigma ekonomi baru dan berbagai kemungkinan yang akan berlangsung, maka sebaiknya para pelaku bisnis menyikapinya dengan arif dan mempersiapkan strategi bisnis untuk menghadapi perubahan tersebut, dan ketika perubahan benar-benar terjadi para pelaku bisnis telah siap dan sanggup menyesuaikan diri.

Ekonomi global sebagian besar menggunakan sistem digital, dan dunia digital dibangun dengan sistem serba komputer yang terhubung dengan berbagai jaringan di seluruh dunia melalui internet. Saat ini sistem ekonomi digital telah dimulai, ditandai dengan bertumbuhnya pemakai internet di seluruh dunia.

ekonomi global

Pemakaian internet yang semakin berkembang di seluruh dunia kini telah mulai merubah sistem ekonomi yang sudah biasa berjalan (sistem tradisional) ke arah sistem ekonomi dengan menggunakan komunikasi digital yang bersifat virtual. Kini sistem-sistem bisnis seperti pemasaran, penjualan, sistem transaksi dan lainnya telah menggunakan media internet online. Seperti yang telah didengungkan oleh para pelaku ekonomi internasional bahwa penggunaan system online akan semakin intensif dilakukan pada urusan-urusan bisnis dan ekonomi lainnya. Pemasaran dan transaksi secara online seakan sudah menjadi hal yang biasa dan menjadi kebutuhan dalam bisnis.

Para pelaku bisnis yang mengabaikan perubahan ini lambat laun akan ditinggalkan oleh konsumen, sebab konsumen yang telah terbiasa menggunakan system online akan mencari barang yang mereka butuhkan dengan melalui toko online, atau website yang menjual produk secara online, tentunya pembayarannya pun dilakukan secara online. Hal ini sangat disukai oleh konsumen karena mereka dapat bebas membeli kebutuhan mereka dan bertransaksi dimana saja mereka berada, tidak harus mendatangi toko atau tempat produk yang mereka butuhkan.

Pembayaran dengan sistem online menyebabkan pelaku bisnis harus merubah dan mempersiapkan kelengkapan untuk dapat bertransaksi secara online. Pelaku bisnis harus berhubungan dengan perbankan dengan internet banking serta pengurusan transaksi yang menggunakan kartu kredit misalnya.

Salah satu paradigma ekonomi yang akan berubah dengam dicanangkannya sistem ekonomi global adalah perubahan infrastuktur bisnis harus berbasis komputer dan terhubung dengan jaringan internet. Selanjutnya dengan adanya sistem ekonomi global akan meminimalkan jarak antara konsumen dan produsen, sehingga konsumen bisa langsung membeli kepada produsen, pabrikan, dan lainnya.

Disinilah harus ditanamkan strategi bisnis yang baik untuk menyikapi hal ini, dimana para pebisnis dituntut untuk menciptakan produk yang unik dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi konsumen, sehingga pelaku bisnis dapat menjadi produsen dalam arti tidak tergantung kepada produsen atau pabrikan.

Ketika pelaku bisnis menjadi produsen walaupun skala kecil, maka tidak akan takut dengan adanya persaingan yang dilakukan oleh perusahaan besar atau pabrikan dengan sistem monopolinya, pelaku bisnis akan tetap bisa menjalankan usahanya karena produknya unik, lalu mereka dapat terus mengembangkannya sehingga diharapkan menjadi pengusaha berskala besar yang tentunya makin dilengkapi dengan berbagai fasilitas kemudahan bertransaksi bagi konsumennya.

Baca juga 6 sifat penting yang harus dimiliki pebisnis