Solusi Merintis Usaha ternak kenari

Untuk anda yang hobi memelihara binatang, dalam artikel kali ini akan kami bahas mengenai usaha ternak kenari. Burung kenari memang sedang menjadi incaran sekarang ini, banyak para penghobi burung berkicau memburu burung kenari untuk berbagai kebutuhan. Yang memang murni hobi memelihara burung berkicau di rumah, kebanyakan terpesona dengan keindahan warna serta kicauan burung kenari ini.

Selain itu, ada juga penghobi yang memelihara burung ini untuk keperluan kontes burung kenari, jika burungnya mendapat posisi yang baik di kejuaraan kontes, maka selain akan menaikan harga jual burung tersebut juga akan menjadi kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Ada lagi yang memelihara kenari untuk keperluan diternakan atau di budidayakan, nah biasanya penghobi burung yang berternak ini selain hobi mengurus burung mereka juga menjadikan berternak menjadi peluang usaha, karena jenis usaha yang di jalankan berdasarkan hobi cenderung lebih cepat berkembang dikarenakan si pelaku usaha lebih serius menjalankannya.

usaha ternak kenari

Keuntungan Besar Menanti Usaha Ternak Kenari

Usaha ternak kenari semakin banyak peminatnya dikarenakan semakin banyak pula permintaan sekarang ini, dan usaha ini bukan hanya sedang menjadi tren atau musiman, akan tetapi sudah populer semenjak dahulu, dan semakin banyak terlahir peternak-peternak handal yang berhasil sukses menjalankan usaha ini. Bukan main-main kesuksesan peternak kenari tidak bisa di pandang sebelah mata, mereka yang sukses bisa menggantungkan hidup nya dengan usaha ini, bahkan menjadikan mereka berada di kalangan atas, yang biasa bolak-balik berlibur keluar negri dan bergonta-ganti mobil mewah keluaran terbaru. Tapi tentunnya berkat perjuangan dalam jangka waktu yang lama juga mereka bisa sukses. Untuk itu anda yang mempunyai rencana untuk terjun ke dalam usaha ternak kenari ini jangan ragu-ragu, yakinlah segala sesuatu yang di jalankan dengan serius secara konsisten maka akan membuahkan kesuksesan.

Sebetulnya tidak sulit untuk menjalankan usaha ternak kenari ini, karena anda yang melirik bisnis ini tentunya memang hobi memelihara burung, sehingga pada dasarnya keterampilan pengurusan burung agar selalu sehat tentu sudah anda miliki, anda tinggal mencari info lebih lanjut dalam cara berternak. Kuncinya dalam berternak kenari adalah kesabaran, anda di tuntut sabar dalam mengasilkan keturunan burung yang berkualitas. jika betina kenari anda sudah berhasil bertelur hingga menetas dan hidup sempurna maka selanjutnya mudah saja, betina tersebut tanpa memerlukan perlakuan khusus akan terus bertelur secara continue, membuat pundi-pundi rupiah anda akan semakin membengkak. Itulah buah dari kesabaran peternak yang tetap setia mengurus burung-burung kenarinya.

Advertisement

Kesabaran Kunci Utama Menuju Sukses

Mengapa dalam berternak kenari kuncinya adalah kesabaran ? pada saat dimanakah kita harus bersabar ? Jawabannya adalah pada saat betina kenari anda tidak kunjung bertelur, padahal menurut penjual kenari tersebut, kenari betina nya telah siap di buahi, akan tetapi setelah di urus tidak kunjung bertelur. Jangankan bertelur, di satukan dengan jantan yang sudah siap kawin aja malah bertengkar saling cakar, padahal sebelumnya sudah meniup-niup bagian perut betina kenari yang menurut info adalah, jika sudah rontok di bagian perutnya maka sudah siap kawin, itu juga sudah dilakukan berkali-kali. akan tetapi mengapa kenari betina dan jantan nya tidak kunjung rukun saat di satu kandangkan… ehh taunya setelah beberapa hari si kenari betina yang menurut penjualnya betina siap produksi itu malah bisa berkicau, yang berarti itu bukan kenari betina…itu jantan.., makannya berantem terus saat di satukan dengan jantan yang lain. wong kenarinya normal tidak penyuka sesama jenis…hee.

Hal-hal seperti itulah yang memerlukan kesabaran dan pengalaman jam terbang si peternak. Itu di sebabkan Karena di usaha ternak kenari ini kita mengurus mahluk hidup bukannya barang atau benda mati, maka jika menyakut mahluk hidup harus ada perlakuan khusus menanganinya, dari mulai mengetahui jenis kelamin burung dan kesiapan betina kenari untuk berproduksi, kita harus melibatkan perasaan yang peka, itu didapat dari penglaman kita bergaul dengan burung tersebut. Tidak bisa kita berpatokan dari perkataan penjual burung, yang katanya burungnya siap di ternakan seperti pada contoh kasus di atas. Banyak faktor yang mempengaruhinya karena sekali lagi, ini mahluk hidup bukan benda mati. Bisa saja betul, di tangan penjual burung itu memang umur sudah memadai untuk di ternakan, akan tetapi, mungkin saja burung nya stress akibat berganti lingkungan, atau stres akibat beda cara pemeliharaan, maka burung nya tidak mau kawin. Atau pada saat di penjual, burung nya tidak pernah berkicau karena belum dewasa, sehingga penjual tersebut berasumsi burung nya betina yang aslinya adalah jantan. banyak sekali penyebab lainnya yang jalan keluarnya hanya bisa kita ketahui dengan cara mempelajari secara konsisten kebiasan burung-burung tersebut, yang tentunya membutuhkan kesabaran ekstra.

Pada saat-saat itulah kita membutuhkan kesabaran dalam berternak, yang mana banyak sekali para peternak yang tadinya semangat dan akan serius menjalani usaha ini, tetapi kendor di tengah jalan, karena salah satunya tidak sabar menghadapi kondisi seperti yang di bahas tadi. maka ahirnya mereka menjual semua burung-burung nya dan juga peralatan berternak nya yang sudah di persiapkan, karena putus asa. Padahal siapa tau itu adalah ujian dari yang maha kuasa ? jika kita bisa tetap bertahan dan terus mempelajari kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan dan memperbaikinya dengan sabar, maka akan datang keseksesan yang dinantikan… Karena pada dasarnya semua jenis usaha itu memerlukan perjuangan, dan itu tidak mudah.

Baca juga artikel Kenali Penyebab Kegagalan Bisnis Anda