Selamat Datang GoJek, Good Bye Ojek

Tentunya pembaca semua sudah tidak asing lagi dengan kata-kata ojek, ya.. sebuah layanan jasa antar penumpang menggunakan sepeda motor. Biasanya para ojek sering mangkal di tepi jalan untuk menunggu penumpang yang memerlukan jasanya, banyak terdapat di daerah yang jarang di lewati angkutan umum atau jika di kota besar seperti Jakarta jasa tukang ojek sangat di perlukan untuk memangkas waktu yang dihabiskan karena padatnya lalu lintas disana.

Gebrakan terbaru diluncurkan pebisnis yang kreatif untuk mengatasi kepadatan lalu lintas sekaligus meremajakan layanan ojek konfensional menjadi lebih modern dan mudah di akses para konsumen yang membutuhkan. Yaitu layanan gojek, ini adalah sebuah ide bisnis yang brilian di kenalkan ke masyarakat kota Jakarta.

Langsung Direspon Positif Oleh Masyarakat

Dari awal peluncuran layanan gojek ini, masyarakat langsung merespon dengan sangat positif. Kondisi jalanan kota jakarta yang padat, hampir setiap ruas jalan di saat jam sibuk tidak ada yang luput dari kemacetan. Jika anda menggunakan mobil, siap-siap saja menyediakan waktu ekstra yang panjang untuk meladeni kemacetan ini. Lain halnya jika menggunakan motor, jalan-jalan sempit pun bisa di lewati sehingga waktu tidak terbuang percuma.

Mungkin itu salah satu faktor utama yang membuat masyarakat menyukai layanan gojek ini, sehingga bisnis ini pun bisa berkembang dengan pesat. Kabarnya layanan ini bisa meladeni orderan hingga lebih dari 150 kali per harinya, tentunya layanan ini masih terus bertambah hingga sekarang.

Gojek sendiri sekarang ini semakin mengembangkan layanannya dengan cara merekrut para pengojek konvensional juga siapapun yang mencari pekerjaan untuk ikut bergabung dalam bisnis ini. Mereka di fasilitasi berbagai kebutuhan pelayanan untuk konsumen, seperti helm, jaket, hingga smartphone guna menerima bookingan dari calon penumpang.

Sistim bagi hasil yang terapkan perusahaan dengan para driverpun di nilai sama-sama menguntungkan, dari tarif ongkos yang didapatkan 80% nya adalah milik dari para driver yang mengantar, sedangkan 20% nya untuk perusahaan.

Sehingga selain masyarakat yang membutuhkan layanan ini yang di untungkan, para driver gojek pun tidak kalah mendapatkan keuntungan dan kemudahan. Mereka tidak lagi harus menunggu atau istilahnya ngetem untuk mencari konsumen, cukup menunggu bookingan melalui smartphone yang bisa mereka di lakukan sambil mengerjakan berbagai kegiatan lainnya.

Layanan Modern Go-jek Indonesia

gojek

Advertisement

Go-Jek Indonesia, itu lah nama perusahaan yang menyediakan layanan ini sejak tahun 2011 yang lalu. Hingga kini perusahaan ini sudah memiliki 1000 armada roda dua untuk melayani konsumennya. Tidak hanya menerima pengantaran penumpang saja, bisnis ini pun berkembang menjadi kurir dalam kota, yang melayanai antar jemput barang,pesanan makanan,tiket, layanan kirim belanjaan dan lain-lain.

Dukungan peralatan modern juga di terapkan oleh perusahaan ini, tentunya demi terciptanya layanan yang cepat dan juga aman. Seperti misalnya saja tertanamnya perangkat GPS di setiap armada, agar mudah terdeteksi setiap saat lokasi setiap armada yang melayani pesanan. Lalu setiap driver gojek juga telah melalui sistim sleksi yang ketat dan wajib memiliki surat izin berkendara, Selain itu konsumen juga di infokan mengenai identitas driver yang akan melayaninya, ini semua di lakukan demi terciptanya keamanan untuk setiap konsumen yang menggunakan jasa gojek.

Tidak sampai di situ, agar semakin memudahkan konsumen dan memberikan pelayanan terbaik, untuk memesan layanan gojek selain dengan cara menghubungi langsung hotline resminya, Go-jek Indonesia juga resmi meluncurkan layanan pesanan melalui aplikasi dari gadget berbasis android, aplikasinya bisa di unduh langsung di Play Store.

Dengan adanya fasilitas aplikasi ini, layanan gojek pun tidak ayal menjadi semakin banyak peminatnya, mengingat pengguna gagdet sekarang ini yang semakin besar. Konsumen sekarang tidak lagi di repotkan untuk mencari layanan transportasi, cukup membuka aplikasi gojek ini dan isikan tempat penjemputan dan juga tujuan, maka akan di informasikan berapa tarif yang harus di bayarkan, serta info lengkap data diri driver yang akan melakukan penjemputan, maka beberapa menit berselang armada gojek pun akan tiba di tempat.

Masalah tarif yang seringkali dalam layanan ojek konvensional terkadang menjadi perdebatan karena tidak adanya tarif pasti hanya mengandalkan negosiasi antara konsumen dan tukang ojek, kini ada solusinya, Gojek mengenakan tarif flat dalam kota sebesar 15 ribu, untuk setiap kali pengantaran.

Pelajaran Yang Bisa Di Petik Dari Bisnis Ini

Sebuah ide bisnis bisa dari mana saja datangnya, bisnis yang sudah lama ada pun jika di kemas lebih modern dan di tambahkan berbagai modifikasi agar lebih menarik, akan mendapatkan perhatian dari masyarakat, Ide ini didapat jika kita bisa terus berinovasi dalam berbisnis.

Dengan memperbaharui sebuah bisnis yang sudah ada, maka kita tidak perlu melakukan riset target konsumen lagi, sebabnya bisnis tersebut telah berjalan dan ada konsumennya. Seperti layanan ojek ini, bertahun-tahun jasanya sudah dikenal di masyarakat Indonesia.

Baca juga artikel menjalankan peluang usaha jasa kurir dalam kota